4 Langkah Pertahanan Terhadap Serangan 51%

Komunitas bitcoin kini mulai kritis dalam menanggapi peningkatan hashrate pada pool pertambangan bitcoin yang dapat menyebabkan estimasi dominasi 42% – 47% dari total jaringan hashrate.

Kekhawatiran ini muncul karena mungkin suatu saat nanti jika adanya paksaan atau penyuapan oleh badan pemerintah atau suatu badan yang melihat Bitcoin sebagai pesaing, hal itu dapat mengganggu Bitcoin dan jaringannya.

Baca juga: Monero Kian Meningkat; ZCash Jatuh 54%

Apa Masalah Besar Jika 51% Dapat Mengendalikan Hashrate?

Jika suatu entitas mengendalikan 51% hashrate dan memiliki niat jahat, mereka mampu untuk melakukan tindakan berbahaya. Mereka dapat melipatgandakan jumlah Bitcoin serta berbelanja ganda.

Salah satu cara serangan pembelanjaan ganda bisa dilakukan, seperti yang ditunjukkan oleh serangan lainnya pada altcoin 51%, adalah dengan penyerang menciptakan blockchain pribadi dari blocknumber N yang tidak disiarkan ke jaringan yang lebih luas. Penyerang kemudian akan menghabiskan Bitcoin dengan membeli, menjual atau menyimpan dalam bursa pertukaran dan menunggu jumlah yang diperlukan untuk konfirmasi. Akhirnya, penyerang akan menerbitkan blockchain privat, sehingga secara efektif akan melakukan forking.

Penyerang 51% secara lanjut dapat mencegah beberapa atau semua transaksi untuk mendapatkan konfirmasi dan mereka dapat mencegah beberapa atau semua penambang lainnya untuk menambang koin di setiap blok yang valid. Dalam beberapa kasus, seperti kasus yang baru pada litecoin dengan pengendalian pool yang lebih dari 51% hashrate jaringan, menimbulkan masalah manifestasi kekuasaan pertambangan yang sentralisasi.

Bertahan Dari Serangan 51%

Setidaknya ada empat baris pertahanan untuk menghindari serangan 51%. Jumlah persyaratan konfirmasi dapat ditingkatkan, entitas penyerang dapat diboikot atau entitas penyerang secara teoritis dapat diserang melalui Distributed Denial untuk service attack atau merubah coding pada level protokol.

Dari sudut pandang penyerang, mereka harus menunggu transaksi yang akan dikonfirmasi sebelum mereka memulai aksi penyerangan pembelanjaan ganda nya, solusi mudah untuk masalah pengeluaran ganda yaitu harus meningkatkan jumlah konfirmasi. BTC-e menanggapi serangan 51% pada Feathercoin oleh peningkatan kebutuhan konfirmasi mereka untuk 100 blok dari konfirmasi biasanya yang sekitar enam kali konfirmasi. Pedagang Reddcoin juga telah meningkatkan jumlah konfirmasi mereka 6-60 ketika Reddcoin mengalami serangan 51% pembelanjaan ganda.

Alasan untuk pertahanan baris pertama ini adalah karena meskipun serangan ganda pembelanjaan 51% akan berhasil 100%, waktu tunggu yang diperlukan dan biaya konfirmasi juga akan meningkat di setiap transaksi yang akan dikonfirmasi. Jadi intinya mereka juga harus rela menunggu waktu yang semakin lama untuk konfirmasi serta mahalnya biaya untuk “mengejar” dan “menyalip” buku besar yang pada umumnya.

Namun efektivitas pertahanan lini pertama ini tergantung pada kerangka respon waktu yang lebih lama untuk penyerang yang secara teoritis dia bisa membalikkan transaksi bahkan bisa sangat lama jika dia selalu mempertahankan kontrol 51%, namun kemungkinan kontrol tersebut hanya akan bersifat sementara. Peningkatan jumlah konfirmasi akan menjadi respon tercepat dan termudah untuk menangkis serangan pembelanjaan ganda 51%.

Hal ini juga dapat diikuti dengan langkah pemboikotan secara penuh mengenai entitas penyerang yang mungkin dapat menurunkan kekuatan hashing di bawah 51%. Boikot ini mungkin menjadi permanen tanpa alasan. Tidak hanya sebagai garis pertahanan yang eksplisit dan menindaklanjuti selama serangan masih berlangsung, namun juga ancaman implisit pada setiap entitas laba yang berorientasi.

Jika tidak berhasil, kita dapat bergantung pada kerangka waktu serangan dan efektivitas reaksi tingkat protokol, beberapa telah menyarankan bahwa DDos mungkin terjadi pada tingkat teoritis dan secara efektif dapat menurunkan hashrate dari penyerang atau untuk memperlambat mereka. Telah diperkirakan bahwa ada 3.000 DDoses pada entitas bitcoin, termasuk banyaknya pool bitcoin seperti BTCguild dan Deepbit. Namun hal ini hanya akan menjadi pertahanan untuk sementara waktu.

Namun dari kekhawatiran yang telah muncul ini, tidak ada suatu entitas yang ingin memiliki lebih dari 50% dari total daya komputasi jaringan. Mereka hanya mendekati dominasi hashrate saja, namun mereka cenderung untuk mengambil tindakan cepat untuk menurunkan hashrate mereka sendiri seperti yang ditunjukkan oleh tindakan Ghash pada bulan Januari lalu. Entitas lain juga akan berkemungkinan sama untuk melindungi investasi mereka di perangkat keras serta mempertahankan margin keuntungan mereka.

4 Langkah Pertahanan Terhadap Serangan 51%

Be the first to write a comment.

Your feedback