Agensi Federal AS Mulai Mengadopsi Teknologi Blockchain

Perusahaan pengembangan teknologi dan penyedia infrastruktur Blockchain bersama dengan perusahaan pertambangan Bitcoin mulai didanai oleh badan-badan federal di AS seperti Department of Homeland Security (DHS).

Menurut sumber termasuk Nextgov, berbagai perusahaan Blockchain termasuk BlockCypher menerima Dana Riset Inovasi Usaha Kecil dari DHS untuk menunjukkan potensi Blockchain dalam hal record, perlindungan identitas dan pembuatan ledger untuk penyimpanan data.

Tidak hanya itu, General Services Administration (GSA) juga secara aktif menyelidiki potensi teknologi Blockchain dan smart contracts dalam mengotomatisasi proses dan operasi yang ada yang memerlukan sejumlah besar tenaga kerja dan persetujuan.

Secara khusus, banyak dari instansi pemerintah di seluruh dunia termasuk Amerika Selatan dan Asia menggunakan teknologi Blockchain untuk mengotomatisasi industri real estat, dengan membuat ledger yang tidak berubah berdasarkan Blockchain yang dapat digunakan oleh penjual, pialang dan pembeli secara transparan.

GSA menjadi seorang pemimpin prakarsa yang dapat menyebabkan peningkatan aktivitas pembangunan di dalam teknologi Blockchain dan industrinya.

Beberapa dari banyaknya aplikasi yang diciptakan GSA dan para perisetnya adalah kemampuan Blockchain untuk mengotomatisasi proses yang bergantung pada data seperti fasilitasi dana federal dan transaksi, serta penerbitan paspor dan verifikasi visa.

Namun, dengan pertimbangan pada fase awal mengenai teknologi Blockchain ini dalam tahap pengembangan dan kurangnya kesuksesan komersial, perwakilan dari GSA mengatakan kepada Nextgov, bahwa mereka belum siap untuk mendukung atau menganjurkan teknologi tersebut untuk diterapkan.

Namun, seperti yang dikatakan Coin Center’s Valkenburgh, sebagian besar perusahaan di dalam sektor Blockchain dan perusahaan multi-miliar dolar yang telah berinvestasi di penyedia layanan Blockchain dan konsorsium Blockchain, telah berjuang untuk memahami Blockchain sebagai teknologi dan kebutuhan inti tertentu. Infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyiapkan platform Blockchain secara efisien.

Badan-badan federal seperti GSA, DHS dan Departemen Pelayanan Kesehatan dan Manusia akan terus menyelidiki secara aktif akan potensi Blockchain dengan menyelenggarakan sebuah konferensi, hackathon dan memberikan dana hibah kepada para pemula yang inovatif dalam bidang ini.

Be the first to write a comment.

Your feedback