Apakah Bitcoin Bisa Mengalahkan Kartu Pembayaran Elektronik Lainnya?

Volume pembayaran elektronik melampaui volume transaksi tunai pada tahun 2016, mengalahkan fiat untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia. Kalau hal ini masih berlanjut mungkin Bitcoin bisa menyalip pembayaran kartu kredit dan kartu debit dalam beberapa dekade berikutnya.

Euromonitor International (EI), penyedia intelijen pasar global, mengungkapkan bahwa pembayaran elektronik yang diselesaikan dengan kartu kredit dan debit hampir mencapai US $ 25 triliun pada 12 bulan terakhir.

Baca juga: OKCoin Mengakhiri Margin Trading Bitcoin

Bitcoin, Alipay, PayPal – Penentu Tren Pembayaran Elektronik

Bitcoin menetap pada 200.000 transaksi setiap harinya, menurut penyedia layanan dompet Bitcoin yang paling banyak digunakan di dunia.

Alipay, yang menguasai lebih dari 50 persen pasar pembayaran online dan lebih dari 78 persen dari pasar pembayaran mobile di Cina, menetap pada 80 juta transaksi setiap harinya. Jaringan keuangan Cina juga mendukung sebanyak 900 juta pengguna aktif yang menggunakan aplikasi ini untuk mengolah semua jenis transfer uang.

PayPal, jaringan keuangan terbesar di AS, menetap pada lebih dari $ 280 miliar di tahun 2015, menunjukkan kontrol dominan pada pasar pembayaran mobile di AS.

Studi EI pembayaran elektronik dan transaksi tunai telah mempertimbangkan Bitcoin, Alipay, PayPal dan platform keuangan populer lainnya, yang menunjukkan margin drastis antara volume total pembayaran tunai pada transfer elektronik.

Peran Bitcoin di era transfer elektronik sangat penting dalam arti bahwa hal itu masih tetap salah satunya metode transfer uang yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang dengan basis peer to peer pada ekosistem desentralisasi. Jaringan itu sendiri tidak rentan terhadap manipulasi serta badan pusat atau pemerintah yang tidak memiliki kewenangan atas penyelesaian transaksi.

Mirip dengan cara kartu kredit dan kartu debit mengalahkan pembayaran tunai untuk pertama kalinya dalam sejarah, Fintech atau transaksi non-bank bisa sangat mungkin menggantikan pembayaran kartu kredit dan kartu debit dalam dekade berikutnya. Jika demikian, Bitcoin akan berada di garis terdepan, menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk basis penggunaan global untuk menangani masalah keuangan dengan kebebasan finansial dan privasi.

Gambar: Payment Banks

Apakah Bitcoin Bisa Mengalahkan Kartu Pembayaran Elektronik Lainnya?

Be the first to write a comment.

Your feedback