Bagaimana ‘Brexit’ Bisa Berdampak Pada Blockchain Inggris

Kebijakan peraturan yang ramah serta cepat berubah di London menjadi modal utama bagi inovasi blockchain, sampai sebuah keputusan pada minggu lalu oleh Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa telah meninggalkan beberapa pertanyaan apakah posisi ini akan berdampak ke pasar.

Dari mendirikan kawasan aman bagi perusahaan blockchain agar dibebaskan dari pajak pertambahan nilai bitcoin, bangsa ini bisa dibilang membantu dalam membuka jalan bagi langkah-langkah saat ini yang sedang dipertimbangkan, sementara ini di Uni Eropa masih serius dalam menangani regulator kebijakan mereka pada inovasi FinTech.

Baca juga: Apakah Hacker Akan Menjadi Pengacara Di Masa Depan?

‘Brexit’, telah membawa udara ketidakpastian dalam lingkungan yang telah lama dipuji oleh para pendukung teknologi yang berpikiran maju dan permisif.

Sebelum referendum pada minggu lalu terjadi, banyak perusahaan Eropa yang telah bergabung di Inggris untuk “menghindari birokrasi di negara asal mereka”, menurut pengacara Wardynski & Partners dan spesialis mata uang digital Jacek Czarnecki. Tapi setelah keluarnya Inggris dari Uni Eropa, ia berpendapat bahwa daya tariknya bisa berkurang.

Czarnecki mengatakan:

“Setidaknya dalam jangka pendek ini London akan kehilangan kesempatan emas sebagai calon ibukota mata uang digital [Eropa]. Mereka masih memiliki banyak penawaran, tapi jauh lebih kecil dari sebelumnya dan apalagi dengan ketidakpastian yang besar di kedepannya nanti.”

Czarnecki berkata Luksemburg, Berlin dan Stockholm semuanya diposisikan untuk menjadi poin dari perdagangan mata uang digital di Eropa, sementara Rik Willard dari perusahaan konsultan blockchain agentik Group, menambahkan Zurich sebagai daftar kota-kota yang telah terbukti menarik bagi perusahaan industri baru.

Waktu Untuk Negosiasi

Untuk membantu meminimalkan keluarnya orang Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, setidaknya satu dari anggota komunitas blockchain daerah persemakmuran berkeyakinan harus terlibat dalam negosiasi yang ramah dengan tetangga-tetangganya di Eropa.

Adam Vaziri, anggota dewan pendidikan dan advokasi kelompok non-profit, UK Association Mata Uang Digital, mengatakan:

“Tergantung pada apa yang dirundingkan bahwa pragmatis pengaruh peraturan blockchain UK dapat dikurangi.”

Pada bulan Februari, FCA membentuk “ruang aman” untuk membiarkan perusahaan-perusahaan Inggris bereksperimen dengan teknologi keuangan, termasuk blockchain, tetapi kebijakan ini bisa saja terjungkal oleh suara.

Menurut Vaziri, perubahan ini bisa menjadi positif atau negatif. Saat ini, FCA hanya bisa membebaskan perusahaan Inggris dari aturannya sendiri, tapi mandat Uni Eropa masih berlaku.

Satu kemungkinan yang menarik di masa depan adalah bahwa Inggris bisa bergabung sebagai anggota independen dari Wilayah Ekonomi Eropa.

Di bawah keanggotaan tersebut, perusahaan Inggris akan tunduk pada peraturan keuangan Eropa yang tertentu dan keuntungan passporting, tapi itu tidak akan memiliki banyak pengaruh atas pembuatan kebijakan Uni Eropa.

Selain menjadi sarang untuk startups dari seluruh Eropa untuk bermitra dengan bank regional, Bank Sentral Inggris sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk mengeksplorasi potensi dari aplikasi teknologi blockchain.

Untuk saat ini, perjanjian mereka dan lain-lain yang dinegosiasikan antara perusahaan Inggris dan mereka di Uni Eropa akan dihormati, menurut pernyataan oleh Conduct Authority Keuangan (FCA), yang dirilis pada hari Jumat. Tapi itu juga bisa berubah.

Dari pernyataan FCA:

“Dampak jangka panjang dari keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa pada kerangka peraturan keseluruhan untuk Inggris akan tergantung pada hubungan Inggris dengan Uni Eropa di masa depan.”

Vaziri mengatakan bahwa untuk saat ini “tidak akan ada dampak pada setiap entitas passported yang ada” melakukan bisnis di Inggris dan berharap untuk mengambil keuntungan dari undang-undang yang mengharuskan negara anggota UE untuk menghormati beberapa undang-undang pada Negara masing-masing.

Salah satu perusahaan, Circle Internet Financial mendapatkan penghargaan lisensi e-money dari FCA yang membawa pengaruh lebih dari kebijakan peraturan saat ini yang sedang dibahas di Inggris dan di tempat lain di Eropa.

Circle dan FCA masih menolak komentar.

Reff: Coindesk

Gambar Brexit via Shutterstock

Bagaimana ‘Brexit’ Bisa Berdampak Pada Blockchain Inggris

Be the first to write a comment.

Your feedback