Bitcoin Bukan Sekadar Aman Dan Nyaman, Namun Juga Sebagai Mata Uang Yang Sehat

Keuntungan yang ditawarkan oleh Bitcoin jika dibandingkan dengan mata uang kertas konvensional itu sangat banyak. Sifat desentralisasi, aman dan peer-to-peer dari Bitcoin ini memungkinkan orang untuk memiliki kontrol penuh atas uang mereka.

Mata uang fisik dan koin itu kotor. Bayangkan saja, uang tersebut beredar dari tangan ke tangan ribuan orang di berbagai wilayah, contohnya telapak tangan yang berkeringat dari seorang pekerja dermaga, tangan yang penuh darah dari para tukang daging, berminyak dari para montir dan masih banyak lagi. Mata uang yang disimpan dalam mesin kasir, kantong belakang seseorang dan dompet. Semua ini mengubahnya menjadi surga bagi para mikroba.

Baca juga: Ransomware Bitcoin Menargetkan Instalasi MongoDB

Sebuah artikel baru pada salah satu publikasi ilmiah terkemuka yang mengungkapkan sebuah penelitiannya, mengambil contoh dari mata uang dolar AS. Uang kertas dollar memiliki umur yang diperkirakan antara 4 sampai 15 tahun dan uang koin lebih dari 25 tahun. Dan sekali selama periode ini uang-uang tersebut akan didesinfeksi atau dibersihkan. Mengapa demikian, karena beberapa dari uang kertas ini memiliki potensi untuk membawa beberapa patogen yang mematikan yang mampu menyebabkan infeksi dan mengancam hidup.

Artikel ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Australia yang menemukan setidaknya 10 mikroba per sentimeter persegi dalam uang dolar AS – yang tertinggi di antara semua mata uang yang mereka uji. Dan juga, peneliti dari Angkatan Udara AS telah menemukan lebih dari 94 persen dari semua mata uang yang ada dapat menyimpan bakteri yang mampu menyebabkan pneumonia dan infeksi serius lainnya.

Terlepas dari ancaman yang ditimbulkan oleh patogen, hal ini tidak sepadan dengan penjagaan likuiditas yang cukup dalam perekonomian. Dalam situasi tertentu, bank mungkin terpaksa untuk memasukkan uang yang lama untuk kembali ke dalam sirkulasi perputaran untuk mengatasi kekurangan uang tersebut. Uang-uang yang disimpan dalam jangka waktu yang lama dalam brankas akan memberikan lingkungan yang ideal bagi mikroba untuk berkembang sebelum digunakan kembali oleh penggunanya.

Apakah ada cara untuk meminimalkan risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh mata uang ini? Ya, ada beberapa cara kok, termasuk sterilisasi secara berkala dari bank (tapi tidak mungkin sih ini bakal terjadi) atau dengan meningkatkan penggunaan pilihan pembayaran cashless. Atau pilihan lain, untuk mulai menggunakan Bitcoin sebagai mata uang. Semua yang diperlukan untuk media transaksi Bitcoin adalah ponsel Anda sendiri. Saya juga setuju bahwa ponsel juga dapat membawa mikroba, tapi setidaknya dalam kasus ini, lingkungannya sangat terbatas hanya pada lingkungan tertentu. Bitcoin juga memberikan kenyamanan pada sistem pembayaran cashless yang dapat menawarkan keuntungan tambahan.

“Kata iklan sih, orang pintar pake Bitcoin”

Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Siapa tahu, hal ini bisa berubah menjadi hal yang lebih sehat bagi kehidupan Anda dan keluarga Anda.

Gambar: Dirty money

Sumber: Scientific American dan Hindustan Times

Bitcoin Bukan Sekadar Aman Dan Nyaman, Namun Juga Sebagai Mata Uang Yang Sehat

Be the first to write a comment.

Your feedback