Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Anda yang mengikuti mengenai perkembangan dunia transaksi online dan juga berbagai macam jenis investasi terbaru pastinya sudah tidak asing dengan nama bitcoin atau mengenai crypto currency secara umum. Crypto currency adalah teknologi uang digital yang diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Bitcoin adalah salah satu bentuk dari mata uang crypto ini yang cara mendapatkannya bisa dengan “menambang” atau dengan melakukan jual beli di pasar bitcoin seperti jual beli mata uang asing. Bitcoin juga  bisa dibeli dengan menggunakan Rupiah karena sekarang banyak penjual bitcoin Indonesia yang memudahkan Anda untuk memiliki bitcoin yang bisa digunakan sebagai saldo awal melakukan trading bitcoin.

Mengapa makin banyak orang menggunakan bitcoin?

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Beberapa tahun belakangan nilai bitcoin jika dibandingkan dengan mata uang resmi memiliki harga yang cukup tinggi bahkan setara dengan harga emas yang didukung dengan makin banyaknya orang yang tertarik untuk melakukan jual beli dengan menggunakan bitcoin. Apa yang membuat banyak orang makin menggunakan bitcoin untuk melakukan transaksi? Yang pertama adalah bitcoin merupakan mata uang digital yang berlaku secara global. Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, kini makin mudah transaksi menggunakan bitcoin Indonesia.

Alasan yang kedua adalah karena makin banyak merchant  yang menerima pembayaran dengan menggunakan bitcoin. Merchant-merchant yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran umumnya adalah merchant online atau e-commerce sehingga Anda bisa beli barang dan belanja online dengan menggunakan uang bitcoin yang Anda miliki. Hal ini tentu bisa jadi menguntungkan karena nilai bitcoin yang memiliki fluktuasi sehingga bisa jadi Anda beli barang dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Cara mendapatkan bitcoin

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan bitcoin. Cara tersebut adalah dengan membeli di platform jual beli bitcoin yang kini  sudah banyak platformnya termasuk di Indonesia, jadi Anda bisa beli bitcoin dengan menggunakan mata uang nasional kita. Yang kedua adalah dengan menerima pembayaran dengan menggunakan bitcoin untuk setiap produk yang Anda jual. Bagi Anda yang punya bisnis jual beli terutama untuk pasar online, pembayaran dengan menggunakan bitcoin bisa ditambahkan  untuk produk yang Anda jual sehingga Anda bisa mengumpulkannya untuk digunakan sendiri atau dijual ketika harganya tinggi. Cara yang ketiga adalah dengan melakukan penambangan dengan menggunakan komputer.

Lalu apa yang disebut dengan menambang bitcoin? Mendapatkan bitcoin dengan cara menambang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja karena prosesnya cukup sulit dan membutuhkan komputer dengan hardware khusus yang bisa cocok dengan spesifikasi yang dibutuhkan pertambangan bitcoin. Menambang bitcoin juga tidak selalu membuahkan hasil dan besar resikonya karena Anda akan berkompetisi dengan banyak penambang lainnya yang bisa saja punya pengalaman lebih banyak dan juga tools yang lebih canggih.

Waspada menggunakan bitcoin

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Bitcoin Sebagai Alat Transaksi Jual Beli

Meski banyak merchant dan juga negara yang mengakui bitcoin sebagai mata uang digital, namun masih banyak pula yang melarang transaksi dengan menggunakan bitcoin karena keamanannya yang belum dijamin sepenuhnya dan pengaruhnya terhadap nilai mata uang negara-negara yang saat ini berlaku sebagai mata uang resmi. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli bitcoin Indonesia, antara lain:

  1. Selain bitcoin, terdapat berbagai macam jenis mata uang crypto lainnya yang diperjualbelikan seperti ripple, litecoin, nubits, paycoin, dogecon, dashcoin, dan mata uang digital lainnya. Namun saat ini yang diterima sebagai alat pembayaran di merchant-merchant tertentu baru bitcoin jadi jangan sampai tertipu dengan penjual crypto currency lainnya yang mengatakan hal sebaliknya.
  2. Resikonya sangat besar kalau Anda menggunakan bitcoin sebagai alat investasi yang utama. Karena belum ada sistem yang bisa mengendalikan fluktuasinya dengan aman seperti yang terjadi pada trading forex, sehingga apabila saat ini nilai bitcoin tinggi tidak ada yang bisa menjamin atau memprediksi berapa nilainya di tahun-tahun mendatang.

Yang tidak kalah pentingnya adalah hati-hati dengan tawaran bitcoin atau jual beli bitcoin apalagi yang memberikan iming-iming mudahnya berinvestasi di bitcoin maupun crypto currency lainnya dan bisa cepat dapat untung yang baik. Pahami mengenai sistem mata uang digital, apa saja resikonya, dan yang jelas faktor apa saja yang bisa jadi pengaman bertransaksi dengan menggunakan bitcoin karena saat ini belum ada regulasi yang berlaku secara global yang mengatur mengenai keberadaan bitcoin.

Be the first to write a comment.

Your feedback