China Mengharapkan Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Di Tahun 2017 Ini

Berita keuangan yang keluar dari China memang selalu membuat sedikit kekhawatiran. Pejabat pemerintah China memprediksi pertumbuhan ekonomi hanya akan mencapai 6,5% di tahun 2017 ini, yang ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun yang lalu.

Baca juga: Anda Penggunaan Layanan Bitcoin? Anda Perlu Untuk Mengubah Password Anda (Sekarang)

Kita harus selalu waspada terhadap pertumbuhan angka yang diproyeksikan oleh pemerintah China. Pada tahun lalu saja, para pejabat China mengakui bahwa angka tersebut telah ditingkatkan untuk membuat situasi terlihat lebih baik. China akan melalui banyak perjuangan, namun pertumbuhan ekonomi mereka terus mengejutkan semua orang. Kemudian lagi, banyak para ahli keuangan telah mewaspadai pertumbuhan angka-angka ini.

Fast forward ke minggu ini, pemerintah China mengharapkan pertumbuhan ekonomi sebanyak 6,5%. Mengingat negara ini masih berkaitan dengan arus modal yang keluar, pertumbuhan sebanyak 6,5% rasanya masih terlihat mustahil. Kemudian lagi, angka ini adalah laju yang paling lambat dalam 25 tahun terakhir.

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi ini, China akan memangkas beban utang perusahaan. Kedengarannya mudah, namun untuk mencapai tujuan ini akan dibutuhkan sebuah kerja keras. Beberapa ekonom sudah mempertanyakan target pertumbuhan dan relevansinya. Statistik resmi tidak lagi menjadi ukuran yang dapat diandalkan untuk menganalisa kinerja ekonomi China, menurut Capital Economics.

Melihat kembali pada tahun 2016, pemerintah China melaporkan tiga bulan berturut-turut mengenai pertumbuhan ekonomi yang identik. Pada saat itu, menjadi jelas angka-angka ini tidak bisa benar dengan cara apapun. Pada saat itu, gubernur di salah satu provinsi utama Cina mengakui bahwa angka tersebut suda dimanipulasi. Dan masi belum jelas berapa lama malpraktek ini telah berlangsung.

Dan yang terakhir, pemerintah China berencana untuk memecat ratusan ribu pekerjaan. Dari industri baja dan batubara, kita akan melihat kasus PHK yang cukup signifikan nantinya. Kelebihan kapasitas dalam industri yang tidak efisien ini akan dipotong oleh margin yang cukup. Pada saat yang sama, 11 juta pekerjaan baru juga harus diciptakan pada tahun 2017. Dan lagi lagi tujuan ini masih terlihat tidak realistis, dan apakah China bisa mencapai tujuan ini?

China Mengharapkan Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Di Tahun 2017 Ini

Be the first to write a comment.

Your feedback