Debat Mengenai Skalabilitas Bitcoin Masih Terus Berlanjut

Apa sih masa depan dari Bitcoin? Itulah pertanyaan yang ada di pikiran para anggota komunitas Bitcoin, terutama masalah yang bersinggungan dengan seluruh diskusi skalabilitas yang masih berlangsung sampai saat ini. Salah satu solusi skalabilitas yang disajikan oleh Bitcoin Core yaitu SegWit. Segregated Witness merupakan sebuah soft fork yang diharapkan akan memunculkan Lightning Network/Jaringan Lightning, yang sedang dikerjakan oleh beberapa kelompok pengembang.

Baca juga: Obligasi Cina Meluap, Yuan Melemah, Bitcoin Akan Mengalami Kenaikan

Ada sebagian kelompok yang percaya bahwa SegWit dan Jaringan Lightning akan memastikan kelangsungan hidup dari jaringan Bitcoin, ada juga sebuah kelompok orang yang tidak setuju dengan solusi itu. Akhir-akhir ini telah muncul sebuah solusi baru dari Roger Ver, yang dikenal sebagai “Yesus dari Bitcoin”. Perang salib Roger Ver dalam mempromosikan Bitcoin Unlimited merupakan sebuah fakta publik.

Dalam ruang debat terakhir, Roger Ver menyinggung sebuah perbedaan pendapat yang ada di kalangan masyarakat Bitcoin. Dia mencontohkan dari subreddit dan moderasi kebijakan Bitcoin yang telah menciptakan permusuhan di antara anggota masyarakat. Dia juga menyebutkan bahwa sulit untuk mendukung SegWit pada saat ini karena kurangnya komunikasi dan konsensus diantara tim pengembangan Bitcoin Core dan pembisnis Bitcoin.

Ia percaya bahwa tanpa adanya sebuah sinkronisasi diantara semua pemangku kepentingan dari masyarakat Bitcoin, tidak akan mungkin ada sebuah perkembangan apapun yang berarti pada jaringan Bitcoin. Menjadi sebuah platform yang terdesentralisasi, merupakan hal yang penting untuk merangkul dan menyaring suara-suara dari semua orang yang terlibat di dalamnya. Namun, dalam kasus ini, tim pengembangan Bitcoin Core diduga telah mengabaikan kebutuhan bisnis seperti Coinbase dan Blockchain.

Debat Whalepool mengenai skalabilitas Bitcoin belum menunjukan kemajuan sampai saat ini. masyarakat masih ragu-ragu untuk memilih jalan untuk masa depan nanti. Tanpa roadmap yang jelas, berbagai solusi skalabilitas dalam bentuk Proposal Perbaikan Bitcoin sudah tak ada artinya lagi.

Bitcoin mempool sudah sering tersendat beberapa kali pada tahun ini, karena transaksi yang terus meningkat. Jika pengembang masih tetap egois dan belum menemukan titik terang dari masalah ini secara bersama, maka masyarakat Bitcoin mungkin akan mulai mencari alternatif baru dari Bitcoin.

Gambar: Crossroads12

Sumber: Whalepool on YouTube

Debat Mengenai Skalabilitas Bitcoin Masih Terus Berlanjut

Be the first to write a comment.

Your feedback