Harga Bitcoin Naik: Bank Italia Mengirim Sinyal Alarm ke Eropa

Setelah Yunani dan Siprus, semenanjung Italia mengirimkan sinyal yang mengkhawatirkan. Peraturan perbankan Eropa yang baru cenderung membatasi tindakan negara.

Pada tanggal 25 Juni, pemerintah Italia meresmikan penyelamatan dua bank reksa dana menengah – Banco Popolare di Vicenza dan Veneto Banca – yang kini berada di ambang kebangkrutan.

Baca juga: Banyak Pengguna Yang Tidak Dapat Menarik Dananya Di Poloniex

Situasi seperti ini menyebabkan investor di seluruh Eropa mempertanyakan keamanan sistem perbankan.

Hal seperti itu menyebabkan lonjakan besar pada harga bitcoin di tahun 2013 lalu, karena para investor mencari safe haven dan akses terhadap likuiditas mereka. Sampai saat ini kita belum melihat bagaimana dana talangan bank masa depan akan berdampak pada sistem keuangan alternatif yang diajukan oleh kripto.

Strategi Penyelamatan Bank

Negara bagian Italia akan menempatkan dana sebesar € 4.785 miliar sehingga Intesa Sanpaolo, bank ritel pertama di negara itu, dapat mengambil alih kedua bank tersebut. Pier Carlo Padoan, Menteri Ekonomi, mengatakan bahwa total biaya jaminan publik dalam transaksi ini bisa mencapai € 17 miliar, untuk menutupi memburuknya kredit kedua bank tersebut.

Penyelamatan kedua bank tersebut dilakukan oleh pemerintah, dengan dana publik Italia, dan bukan oleh mekanisme Eropa. Penyelamatan ini dapat memungkinkan Italia untuk menyelesaikan krisis ini sendiri.

Yang harus diperhatikan dari penyelamatan ini adalah tidak mungkin melikuidasi kedua bank ini tanpa meminta uang pembayar pajak. Kasus Italia ini juga menunjukkan bahwa batas-batas dari BRRD (Petunjuk Pemulihan dan Resolusi Bank Dunia), yang didasarkan pada prinsip bahwa tidak ada lagi uang sepeser pun yang harus dikeluarkan untuk menyelamatkan bank yang dikelola dengan buruk.

Santander kini telah membeli Banco Popular Espanol SA setelah ambruknya symbolic euro. Kelompok ini menjamin kelangsungan bisnis Banco Popular tanpa terpengaruh deposan. Hal ini merupakan sebuah tes kebangkrutan pertama yang sukses untuk European Banking Union.

Pengumuman tersebut mengakhiri minggu ketegangan ini, di mana manajemen bank bermasalah tersebut mencari solusi untuk menyelesaikan masalah likuiditasnya. Situasinya menjadi tidak berkelanjutan, sementara Banco Popular tertangkap dalam spiral pasar saham yang melihat kapitalisasi di bursa saham Madrid yang anjlok dari € 2,7 miliar menjadi 1,4 miliar euro dalam satu minggu.

Popular menjadi bank pertama yang bisa diselamatkan oleh mekanisme baru Eropa yang bertujuan mencegah penularan krisis bank di Amerika. Sementara operasi tersebut membebani kerugian besar pada pemegang saham, sementara itu, akan menjamin keamanan simpanan dan kelangsungan kegiatan komersial. “Kami menyambut pelanggan Banco Popular,” kata Ana Botin, President of Santander Group, di media sosial. “Kami akan bekerja untuk memberi mereka layanan terbaik selama masa transisi ini dan di masa depan.”

Di sisi pemerintahan yang telah bekerja keras dalam beberapa hari terakhir mengenai stabilitas sektor keuangan Spanyol, Menteri Ekonomi Luis de Guindos menekankan bahwa operasi tersebut tidak ada hubungannya dengan penyelamatan Bank. Pada tahun 2012, de Guindos melibatkan mobilisasi dana publik sebesar € 22,4 miliar, yang menyebabkan keraguan pasar tentang solvabilitas negara tersebut.

Kali ini, menteri tersebut menekankan, “operasi tersebut berlangsung tanpa dana publik dan tanpa adanya penularan antara risiko sovereign dan perbankan. Situasi saat ini sangat berbeda dengan tahun 2012, karena kesehatan dari keseluruhan sektor keuangan dan ekonomi Spanyol pada umumnya.”

Meskipun semua uang dikeluarkan untuk memperbaiki situasi bank-bank bermasalah di masa lalu, negara-negara seperti Portugal dan Italia ini masih menghadapi ketidakstabilan keuangan, dan berimbas pada perekonomian lokal yang terus berjuang dan melakukan wajib pajak.

Bailout publik lainnya sedang disiapkan di Italia, yaitu Monte Paschi, bank Italia keempat. Bailout ini berencana untuk menyuntikkan dana sebesar € 6,6 miliar sebagai bantuan negara, yang akan diumumkan secara resmi oleh Komisi Eropa dalam waktu dekat ini.

Harga Bitcoin Naik: Bank Italia Mengirim Sinyal Alarm ke Eropa

Be the first to write a comment.

Your feedback