Harga Ethereum Sudah Mendekati $ 400, Apakah Ethereum Dapat Menggantikan Bitcoin Nantinya?

Seminggu yang lalu, pangsa pasar Ethereum mampu mencapai 50 persen pangsa pasar Bitcoin. Pada tanggal 12 Juni, harga Ethereum mencapai $ 396, dan bergerak mendekati pangsa pasar Bitcoin yang sebesar $ 46 miliar.

Baca juga: UAE Emirates Islamic Bank Luncurkan Sebuah Layanan Cek Yang Berbasis Blockchain

Industri kriptocurrency, pasar dan komunitas mengantisipasi “flipenning” atau kemungkinan Ethereum dalam melampaui pasar Bitcoin. Jarak pangsa pasar/cap market antara Ethereum dan Bitcoin hanya sekitar $ 10 Miliar.

Sebelum berspekulasi mengenai kemungkinan Ethereum untuk menjadi jaringan Blockchain yang paling dominan, penting untuk mempertimbangkan apakah reli harga baru-baru ini dapat dibenarkan. Apakah Ethereum menunjukkan kesuksesan secara komersial? Apakah pengguna sebenarnya memanfaatkan Ethereum untuk mengakses aplikasi terdesentralisasi? Atau apakah hanya sebagai media investasi yang benar-benar spekulatif dan uang yang tidak begitu cerdas mengalir ke dalam pasar tersebut?

Secara obyektif, reli harga Ethereum baru-baru ini sebagian besar bersifat spekulatif. Sebagian besar investor di Korea Selatan, bursa pasar pertukaran ethereum terbesar, tidak memiliki cukup pengetahuan tentang tujuan, struktur, seluk beluk teknis dan filosofi jaringan Ethereum. Sebagian besar investor sepertinya tidak bisa membedakan Etereum dari Bitcoin ketika kedua jaringan Blockchain secara fundamental saling menentang dalam banyak hal.

Charlie Shrem, COO dari Jaxx, menuliskan:

“ETH meningkat karena pengguna baru ingin “cepat kaya dalam sebuah ICO”. Mereka tidak peduli dengan harga ETH, dan mereka tidak memegangnya. Semua pasokan ini dikunci oleh ICO dalam kontrak. Mereka tidak akan menjual karena harganya naik. Permintaan yang terus tumbuh, dan pasokan mulai berkurang.”

Token asli Ethereum Eter dirancang untuk digunakan sebagai gas. Dia bukanlah kriptocurrency atau penyimpanan nilai, tidak seperti altcoin lainnya seperti Ethereum Classic yang memiliki persediaan tetap. Ethereum ini didasarkan pada persediaan inflasi untuk memastikan bahwa jaringan tersebut dipicu oleh Eter, yang juga disebut gas, dalam jaringannya.

Oleh karena itu, investor membeli Eter untuk memanfaatkannya sebagai mata uang karena transaksinya jauh lebih cepat daripada transaksi Bitcoin yang gagal memahami tujuan Eter. Sebagian besar investor telah membeli Eter karena antusiasme dan optimisme mereka terhadap jaringannya. Sangat sedikit investor yang membeli Eter untuk berpartisipasi dalam sebuah ICO, Eter digunakan sebagai mata uang atau sebagai gas untuk mendorong aplikasi desentralisasi.

Ada apa dengan Korea Selatan?

Sulit untuk membenarkan bahwa uang yang mengalir ke pasar Ethereum itu tidak spekulatif karena pasar utama dan besar seperti Korea Selatan. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Vitalik Buterin menekankan bahwa dia tidak tahu mengapa Korea Selatan merupakan bursa pasar pertukaran Ethereum terbesar. Dia mencatat bahwa dia hanya mengetahui komunitas pengembangan Ethereum yang aktif di China bukan di Korea yang dipimpin oleh berbagai konsorsium, institusi pendidikan dan konglomerat.

Korea Selatan, hanya terdapat sebuah bursa pasar pertukaran ethereum terbesar karena orang-orang disana melakukan sebuah spekulasi mengenai nilai Ethereum.

Tahun lalu, Ethereum telah memperkenalkan metode fenomenal untuk mengumpulkan dana investasi bagi para pemula dan perusahaan yang disebut dengan ICO. Dengan menawarkan token unik yang kompatibel pada jaringan Ethereum dan token Ethernya, perusahaan tersebut dapat meningkatkan modal tanpa harus melibatkan perantara dan mediator.

Namun, seperti yang diketahui oleh para trader Bitcoin dan analis kriptocurrency WhalePanda menuliskan dalam sebuah postingan blognya, faktor utama yang menyebabkan market-market ini melonjak adalah meningkatnya popularitas ICO.

Dia menulis:

“Saya mengakui bahwa saya tidak melihat gelembung Ethereum ini muncul, namun sekali lagi saya keliru menganggap bahwa tidak ada startup yang membutuhkan atau bahkan berani meminta dana sebesar $ 50 juta dan saya juga salah berasumsi bahwa orang akan menggunakan akal sehat dan bahwa pengembang terdepan akan Berbicara menentang praktik semacam ini. Justru sebaliknya. Kasus penggunaan satu-satunya Ethereum saat ini adalah pembuatan ICO dan token.”

Terbukti, ICO bukan satu-satunya kasus penggunaan Ethereum. Namun, lonjakan harga baru-baru ini semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan ICO dan peluncuran Aliansi Enterprise dari Ethereum.

Ethereum menawarkan infrastruktur dan tingkat fleksibilitas yang tidak dimiliki Bitcoin. Di sisi lain, Bitcoin menawarkan sejumlah nilai dan jaringan penyelesaian transaksi yang aman dan dirancang untuk beroperasi sebagai uang, sampai ke pasokan moneternya.

Bahkan jika pangsa pasar Ethereum menyamai bahkan melebihi pangsa pasar Bitcoin, investor seharusnya tidak menganggap Ethereum sebagai jaringan Blockchain superior atas Bitcoin. Dan sebaliknya, investor Bitcoin seharusnya tidak memberhentikan Ethereum karena pangsa pasar Bitcoin yang lebih kecil. Kedua jaringan Blockchain ini jelas menawarkan fitur dan infrastruktur yang unik dan dicari oleh pasar.

Harga Ethereum Sudah Mendekati $ 400, Apakah Ethereum Dapat Menggantikan Bitcoin Nantinya?

Be the first to write a comment.

Your feedback