Kebiasaan Unik Dalam Merayakan Tahun Baru di 6 Negara

Tahun baru merupakan moment yang dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat dunia. Saat tahun baru tiba banyak dari masyarakat yang akan mengadakan acara dan pesta sesuai dengan tradisi yang ada di masing-masing tempat. Setiap negara pun punya kebiasaan atau tradisi penyambutan tahun baru yang berbeda-beda. Nah berikut ini ada beberapa tradisi yang sangat unik nih dalam merayakan penyambutan tahun baru di berbagai negara, mau tahu apa saja tradisi dan seperti apa kemeriahan yang ada dalam setiap Tradisi Unik tersebut? Kebiasaan Unik Dalam Merayakan Tahun Baru di 6 Negara:

Baca juga: Teechan Bisa Menjadi Solusi Yang Potensial Bagi Skalabilitas Bitcoin

  1. Chile (Merayakan Pergantian Tahun di Pemakaman)

talca-chile-visiting-the-cemetery

Gambar: Talca, Chile

Ini merupakan salah satu perayaan yang saya kira horror ya… Di Talca, Chile ada sebuah tradisi unik dalam merayakan pergantian tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Setelah pukul 23.00 setempat, Walikota disana membuka pintu gerbang utama pemakaman di Talca, para penduduk yang sudah menunggu momen tersebut masuk dengan iring-iringan musik klasik. Penduduk setempat percaya bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu kedatangan keluarganya untuk memulai tahun baru bersama mereka.

  1. Ekuador (Membakar orang-orangan sawah)

talca-chile-visiting-the-cemetery

Gambar: maxresdefault

Nah yang satu ini sedikit horror juga sih… Ekuador, disana  ada perayaan unik dalam menyambut datangnya tahun baru. Mereka merayakan tahun baru dengan api, mereka menggunakan api untuk membakar orang-orangan sawah atau Scarecrows yang biasanya terbuat dari kertas koran dan kayu.

Ritual tersebut di lakukan pada jam 00.00 tepat, dan di setiap rumah disana akan melakukan kegiatan tersebut. Kenapa sih mereka sampai merayakan pergantian tahun baru dengan membakar orang-orangan sawah? Mereka percaya, dengan membakar orang-orangan sawah, maka terbakarlah sudah hal-hal buruk atau dosa selama setahun lalu. Orang-orangan sawah yang dibakar tersebut dipercaya membuat takut nasib sial, sehingga di tahun yang baru nanti keluarga mereka akan diberi keberuntungan dan kebahagiaan.

  1. Scotlandia (Bola Api Viking)

talca-chile-visiting-the-cemetery

Gambar: New years

Masih dengan api, di Scotlandia ada sebuah festival tahunan yang bernama “Festival of Hogmanay”. Banyak para peserta pria yang ikut merayakan festival tersebut, dan mereka berjalan dengan membawa suluh. Pemandangan bola-bola api yang memenuhi jalan Scotlandia akan Anda saksikan pada festival pergantian tahun baru disana.

Festival tersebut ternyata sudah menjadi tradisi turun temurun sejak jaman bangsa Viking yang menguasai Skandinavia.

Mereka mempercayai bahwa bola-bola api tersebut sebagai lambang pengsucian dan harapan pada kembalinya matahari yang menggantikan musim dingin agar cepat berlalu.

  1. Bolivia, Brazil, Meksiko, dan Filipina (Underwear Warna-Warni)

D1NDED LA PAZ, BOLIVIA, 31st December 2012. People shop in a street market for red and yellow underwear, traditionally bought for New Year's Day for good luck in Bolivia. Yellow underwear is said to bring money and success, red is for love, finding a partner, a happy relationship.

Gambar: New Years Traditions

Mari beralih ke underwear, jangan yang serem-serem hehehe… Nah di ke 4 negara ini, Bolivia, Brazil, Meksiko dan Filipina mereka mempunyai tradisi perayaan tahun baru yang hampir sama dan unik lho. Masyarakat disana akan menggunakan pakaian dalam warna warni saat pergantian tahun baru.

Di Bolivia sendiri, menggunakan celana dalam berwarna kuning saat perayaan tahun baru dipercaya akan membawa keberuntungan. Sedangkan di Brazil dan Meksiko, pakaian dalam yang biasanya dipakai adalah warna merah dan kuning, warna merah melambangkan kehidupan yang penuh cinta sedangkan yang kuning melambangkan kemakmuran. Dan yang terakhir, warga Filipina akan menggunakan pakaian dalam dengan corak lingkaran pada saat perayaan tahun baru sebagai simbol pengharapan rezeki.

  1. Irlandia (Daun Lancar Jodoh)

talca-chile-visiting-the-cemetery

Gambar: Sleeping girl

Ini yang paling menggiurkan buat para jomblo ni… Di Irlandia, daun mistletoe yang merupakan daun hiasan dalam perayaan natal kerap digunakan oleh para wanita disana yang ingin cepat-cepat mendapatkan jodoh. Biasanya sih saat malam pergantian tahun disana, gadis-gadis lajang tersebut menaruh beberapa helai daun tersebut dibawah bantal tidur mereka dan berharap “pangeran pujaan hati” datang dan melamar mereka.

Mereka juga percaya, kebiasaan tersebut dapat menjauhkan mereka dari nasib sial di tahun yang baru nanti.

  1. Denmark (Memecahkan Piring di Depan Rumah Tetangga)

talca-chile-visiting-the-cemetery

Gambar: Breaking plates

Menurut saya ini kegiatan yang sangat toleransi, dimana di depan pintu rumah Anda akan dilempar piring atau barang pecah belah tapi Anda tidak marah, Unik kan?.. Warga Denmark memiliki tradisi unik dalam perayaan menyambut tahun baru, yaitu dengan memecahkan piring di depan rumah tetangga mereka.

Tradisi ini sudah mengakar sehingga tidak ada satu orang pun yang marah pada sang pelaku. Mereka malah percaya hal tersebut berguna untuk mendapat keberuntungan selama setahun nanti. Mereka percaya bahwa bagi keluarga yang paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah di depan pintu tetangga, maka merekalah yang akan mendapat keberuntungan yang paling banyak.

Nah Agan-agan sekalian itulah beberapa tradisi unik perayaan tahun baru yang ada di berbagai negara di Dunia. Kalo ane sih, mending ke Irlandia dah, cari jodoh disana, kalo nggak di poin no 4.. cari underwear hahaha… kali aja ada diskon.

Kebiasaan Unik Dalam Merayakan Tahun Baru di 6 Negara

Be the first to write a comment.

Your feedback