Kota Swiss Membuat Uji Coba Layanan Publik Yang Menggunakan Pembayaran Bitcoin

Menurut laporan Layanan Internasional dari Swiss Broadcasting Corporation Swissinfo, kota Swiss Zug di Swiss akan mulai menerima pembayaran Bitcoin di setiap layanan pemerintah yang masih dalam taraf uji coba.

Warga Zug dapat melakukan pembayaran hingga 200 franc Swiss ($ 205) menggunakan Bitcoin.

Dikutip dari sebuah laporan BBC News, walikota Dolfi Mueller mengatakan bahwa Dewan Kota Zug ingin menunjukkan “akan keterbukaan teknologi baru” dan memperbaiki sistem perusahaan teknologi keuangan di daerahnya. Daerah Zug dikenal sebagai “crypto-valley” karena banyaknya layanan yang berdiri serta mengkhususkan diri dalam kegiatan yang terkait dengan Bitcoin.

Baca juga: Para Pengusaha Indonesia Berusaha Mencari Solusi Legalisasi Bitcoin

Proyek percobaan, resmi disetujui pada 3 Mei, yang akan dimulai pada 1 Juli mendatang dan berlanjut sampai akhir 2016. Setelah analisis hasil, kota tersebut akan memutuskan apakah ingin terus menerima pembayaran Bitcoin di masa depan atau tidak.

“Ini adalah pertama kalinya di seluruh dunia, Bitcoin telah diterima sebagai mata uang pada tingkatan negara,” kata Niklas Nikolajsen, co-founder dan CEO dari Bitcoin Suisse, bursa pertukaran Bitcoin yang berbasis di Baar, tidak jauh dari Zug.

Proyek ini adalah testbed yang ideal. Zug memiliki pendekatan laissez-faire pada masalah ekonomi. Dan merupakan pusat keuangan yang penting – 3 persen dari perdagangan minyak dunia melalui daerah tersebut – dengan sektor fintech yang inovatif.

Inisiatif Zug dapat dimotivasi oleh biaya transaksi rendah yang ditawarkan oleh Bitcoin. Bahkan, kota ini mencari cara untuk memotong biaya untuk mengkompensasi kurangnya pendapatan dari sebuah pajak yang sangat rendah.

Dalam beberapa tahun terakhir pengusaha dan programer telah membuat Zug kripto-valley ini memimpin dunia fintech dan mata uang digital, menurut situs Besar di daerah Zurich. Pasar perdagangan yang baru, teknologi enkripsi yang baru atau mata uang digital yang baru sedang dikembangkan, dengan ruang spektrum yang luas, termasuk Bitcoin.

“Ketika jasa keuangan digital pertama muncul, kita harus membangun pusat global di mana Anda bisa menemukan lingkungan yang aman dan mendukung teknologi tersebut,” kata CEO Monetas Johann Gevers, yang mengacu pada visi dalam membangun kripto-valley di Zug.

Inisiatif dari kota Zug sangat menarik karena hal ini merupakan proyek resmi dari kota tersebut, meskipun kecil, keberhasilan menjadi pusat keuangan terpenting di jantung Eropa dapat ditiru oleh kota-kota lain – dan bahkan negara lain – di Eropa dan di seluruh dunia.

Referensi: SWI

Kota Swiss Membuat Uji Coba Layanan Publik Yang Menggunakan Pembayaran Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback