Parlemen Uni Eropa Setujui Proposal Task Force Digital Currency

Parlemen Eropa, kantor cabang legislatif dari Uni Eropa, telah menyetujui proposal untuk Task Force yang ditujukan untuk mata uang digital dan teknologi blockchain.

Sebuah laporan yang disusun oleh anggota Parlemen Eropa (MEP) Jakob von Weizsäcker yang pertama mulai beredar pada akhir Februari kemarin.

Baca juga: Virtual Reality Porn Telah Tiba! Awas Ketagihan…

Hal ini disebut-sebut untuk melakukan eksplorasi yang diukur dari sebuah teknologi oleh Komisi Perlemen Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, tapi laporan tersebut hanya berhenti sampai ke sebuah rekomendasi dalam bentuk pemantauan yang lebih dekat. Laporan itu juga mendesak agar para pemimpin Uni Eropa untuk segera mengatasi risiko yang terkait dengan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Dalam beberapa bulan setelah pengajuan laporan tersebut, Parlemen Uni Eropa telah mengadakan sejumlah acara yang difokuskan pada bitcoin dan blockchain. Laporan tersebut bergerak melalui badan legislatif pada bulan April, settingan panggung di buat untuk pemungutan suara pada hari ini.

Parlemen Uni Eropa memvoting 542-51 proposal yang lulus, dengan 11 anggota parlemen abstain.

Setelah pemungutan suara, von Weizsäcker mengatakan bahwa fungsi utama dari satgas/task force tersebut hanya untuk “memantau” perkembangan teknologi menjelang penetapan proposal peraturan dasar.

Dikutip dari Coindesk, Von Weizsäcker mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Untuk menghindari kelumpuhan inovasi, kami mendukung pemantauan dalam pencegahan daripada regulasi pre-emptive. Tapi inovasi TI dapat menyebar dengan sangat cepat dan menjadi sistemik. Itu sebabnya kami memanggil Komisi untuk membentuk gugus tugas atau task force untuk secara aktif memantau bagaimana teknologi tersebut berkembang dan membuat proposal dengan tepat waktu untuk menetapkan regulasi tertentu jika, dan ketika, diperlukan.”

Dari sini, laporan tersebut akan dikirim ke Komisi untuk dipertimbangkan, dan mungkin pembentukan gugus tugas akan ditindak lanjuti di bulan depan. Selain tugas penelitian, gugus tugas kemungkinan akan mengusulkan legislatif untuk memantau dan membuat peraturan terkait mata uang digital dan teknologi blockchain.

Mengingat indikasi terbaru bahwa Komisi Eropa ingin memperluas pengawasannya pada bursa Bitcoin di Uni Eropa, proposal satgas itu mungkin bisa mencerminkan arah dari kebijakan ini.

Parlemen Uni Eropa Setujui Proposal Task Force Digital Currency

Be the first to write a comment.

Your feedback