Pegadaian Digital Semakin Diminati! Kamu Bisa Gadaikan Aset Digital di Triv

pegadaian digital semakin diminati

Pegadaian digital banyak dicari dan diminati sekarang ini. Kemajuan teknologi mentransformasi cara menggadaikan suatu aset atau barang. Pegadaian yang awalnya konvensional dengan sistem offline, mulai merambah ke dunia online. Pegadaian online cukup beraneka ragam jenisnya. Salah satu pegadaian yang memanfaatkan kemajuan teknologi adalah gadai crypto, dengan menggunakan teknologi blockchain. Sebelum membahas pegadaian digital lebih jauh. Alangkah lebih baik untuk mengetahui konsep dasar dan hal-hal yang berkaitan dengan pegadaian.

Apa Itu Pegadaian?

Pegadaian adalah suatu lembaga yang meminjamkan uang dengan menerima barang sebagai jaminan dari peminjamnya. Kebanyakan barang tersebut berupa perhiasan (emas) atau barang-barang rumah tangga (barang elektronik, sertifikat rumah, dan lainnya). 

Pegadaian juga didirikan agar ada pinjaman yang masih dapat dijangkau dengan mudah oleh segala lapisan masyarakat. Orang yang meminjam uang di pegadaian bisa disebut sebagai “pegadai”. Lalu, apakah barang yang digadaikan bisa diambil kembali? Tentu saja. 

Sampai jangka waktu yang sudah ditentukan, pegadai bisa menebus kembali barang yang dijadikan jaminan sesuai nilai pinjaman dan juga tambahan bunga untuk pihak pegadaian. Kalau tidak bisa mengembalikan pinjaman, jaminan akan dijual/dilelang oleh pihak pegadaian.

Baca juga: Apa Itu Dividen? Ini Perusahaan Dengan Dividen Paling Besar

Transformasi Pegadaian

Di era sekarang ini, digitalisasi mendisrupsi segalanya termasuk sistem gadai. Yang semula masih sangat konvensional, kini mulai merambah menggunakan sistem online. Sistem pegadaian online ini sangat praktis untuk digunakan. Kita dapat mengunakan platform digital untuk menggadaikan aset fisik atau barang ke pegadaian. Tidak perlu repot-repot antri ke pegadaian. Kamu hanya perlu untuk membuka platform pegadaian terkait dan melakukan pengajuan pinjaman secara online. 

Untuk menggadaikan aset fisik, kamu tetap harus datang ke kantor pegadaian terkait walaupun telah melakukan pengajuan gadai secara online. Pertanyaannya, adakah platform untuk melakukan gadai tanpa harus repot-repot datang ke tempat? Dan bisa dilakukan full secara online? Simak artikel berikut sampai selesai.

Gadai Aset Digital

Aset digital adalah aset seperti halnya aset fisik yang memiliki nilai. Seperti aset fisik pada umumnya, aset digital juga bisa mengalami kenaikan nilai dan harga seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berharganya aset tersebut. Jenis aset digital ini sangat beranekaragam. Mulai dari aset saham, crypto sampai dengan emas digital merupakan aset digital yang bisa kamu miliki dan investasikan. 

Aset crypto adalah aset yang dapat dipertimbangkan dalam berinvestasi. Dengan kemudahan dalam menggadaikan aset crypto. Kita harus tahu, bahwa tidak semua platform investasi crypto memiliki fitur gadai ini. Triv sebagai exchange crypto Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2015, menyadari akan pentingnya fitur gadai crypto ini untuk trader dan investor.

Cara Gadai Crypto di Triv

Fitur gadai crypto yang ada di Triv dapat digunakan melalui website dan aplikasi Triv. Kamu bisa menggadaikan aset crypto yang dimiliki minimal 1 juta rupiah. Tidak semua jenis aset crypto bisa digadaikan. Hanya Bitcoin, Ethereum dan USDT yang bisa kamu gadaikan di Triv. Waktu pembayarannya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Dengan begitu, kamu bisa lebih meringankan pembayaran setiap bulannya. Berikut step by step cara gadai crypto di Triv.

  1. Buka Triv melalu website atau bisa juga download aplikasi Triv di Play Store dan App Store.
  2. Lakukan registrasi dan melakukan KYC.
  3. Buka menu home atau halaman utama aplikasi atau website.
  1. Pilih menu gadai di sebelah kanan.
  2. Masukkan 4 digit pin untuk verifikasi akunmu.
  1. Klik buat pinjaman.
  1. Masukkan nominal pinjaman yang diinginkan, minimal 1 juta rupiah.
  1. Pilih aset yang akan digadaikan. Mulai dari Bitcoin, Ethereum dan USDT.
  1. Pilih jangka waktu pinjaman, kemudian klik continue.
  1. Pastikan detail pinjaman sesuai dengan yang kamu inginkan.
  1. Jika detail pinjaman sudah sesuai, selanjutnya klik submit. Selesai.
detail pinjaman

Keunggulan Gadai Crypto

Investor dan trader crypto tentu mencari momentum dalam mengambil keputusan buy (beli) ketika market mulai bullish atau naik. Fitur gadai crypto ini dapat menjadi fitur penting ketika mereka tidak ada dana untuk membeli di momentum yang pas. Investor dapat menggadaikan aset yang dimiliki, untuk mendapatkan dana yang akan digunakan menyerok (membeli) crypto di harga yang paling murah. 

Gadai berbeda dengan lending, dimana gadai lebih aman karena sifatnya 1 arah tanpa imbal hasil. Gadai adalah salah satu alternatif untuk mendapat dana cepat dengan menjadikan barang bergerak sebagai jaminan atas suatu pinjaman agar dapat dicairkan kepada perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan. Lending adalah suatu kegiatan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga keuangan kepada perseroan. Dana yang diberikan biasanya berasal dari masyarakat yang menyimpan uangnya di lembaga keuangan tersebut.

Ketika mulai memutuskan untuk berinvestasi, alangkah lebih baik memilih platform yang legal dan aman untuk meminimalisir resiko scam. Triv telah resti terdaftar dan diaawasi BAPPEBTI yang langsung dibawah naungan kementrian perdagangan. Dengan begitu, Triv telah memenuhi syarat sebagai platform yang bisa kamu gunakan untuk menggadaikan aset digital yang kamu miliki.

Keunggulan fitur gadai crypto ini antara lain:

  • Bunga hanya 9%, lebih rendah dibanding p2p lending dan pinjaman bank
  • Auto approve
  • Tidak perlu syarat dokumen apapun
  • Total pinjaman hingga 500jt
  • Pinjaman bebas dipergunakan untuk membeli barang kesukaan ataupun dipergunakan untuk memperkuat portfolio investasi.
Pegadaian digital. Daftar triv sekarang!

Comments are closed for this post.