Pengertian Gampang Dan Ringkas Tentang Bitcoin (Penjelasan Bitcoin Untuk Anak Umur 5 Tahun)

Jika Anda masih tidak tahu apa sih sebenarnya bitcoin itu, penjelasan dibawah ini sangat sederhana untuk membantu Anda dalam memahami apa itu Bitcoin…

Pada suatu hari kita duduk di bangku taman. Disini saya punya satu apel dan apel itu saya pegang, kemudian saya memberikan apel itu kepada Anda.
Anda sekarang memiliki satu apel dan saya tidak memiliki apel (nol). Seperti itu mudah, kan?

Mari kita perhatikan secara dekat apa yang terjadi:

Apel yang saya punya secara fisik dipegang oleh tangan Anda. Anda tahu itu terjadi karena apel tersebut sudah saya berikan kepada Anda.

Kita tidak memerlukan orang ketiga di sana untuk membantu kami dalam melakukan transfer apel tersebut. Kita juga tidak memerlukan seorang hakim diantara kami di bangku taman tersebut untuk mengkonfirmasi transaksi apel yang saya dan Anda lakukan.
Apel tersebut sudah menjadi milik Anda sekarang! Saya tidak bisa memberikan apel yang lain karena saya tidak memiliki satupun apel. Saya tidak bisa mengendalikannya lagi. Anda memiliki kontrol secara penuh sekarang pada apel tersebut. Anda dapat memberikannya kepada teman Anda jika Anda menginginkannya, dan kemudian teman Anda juga dapat memberikan Apel tersebut kepada temannya lagi, dan seterusnya.

Jadi seperti itulah yang namanya pertukaran yang tampak seperti pertukaran pada umumnya.

Sekarang mari kita masuk kebagian yang lebih menarik… katakanlah saya mempunyai satu apel digital. Di sini, saya akan memberikan apel digital saya.

Bagaimana Anda dapat mengetahui bahwa apel digital yang digunakan bisa menjadi milik Anda, sekarang dan hanya milik Anda? Bayangkan dan pikirkan hal ini sesaat. Hal ini akan sedikit lebih rumit bukan? Bagaimana Anda mengetahui bahwa saya tidak mengirimkan apel kepada orang lain dalam lampiran email? Atau teman Anda? atau teman saya juga?
Mungkin saya membuat beberapa salinan dari apel digital di komputer saya. Mungkin juga saya memasangnya di internet dan satu juta orang dapat mendownloadnya.

Seperti yang Anda ketahui, melakukan pertukaran/pengiriman digital ini mempunyai sedikit masalah. Mengirimkan apel digital tidak terlihat seperti mengirimkan apel secara fisik.

Tapi mari kita coba untuk memikirkan solusinya untuk kita sendiri.

Ledgers (Buku Kas Induk)

synereo-cmcap

Apel digital ini perlu dilacak dalam Ledger. Ledger pada dasarnya adalah sebuah buku dimana Anda dapat melacak semua transaksi yang ada – katakanlah buku akuntansi.

Buku tersebut karena digital, memerlukan kebutuhan hidup di dunianya sendiri dan memiliki seseorang yang bertanggung jawab atas semua kejadian atau transaksi di dalamnya.

Sama seperti World of Warcraft, katakan. Blizzard, orang-orang yang menciptakan game online, mereka memiliki “digital ledger” dari semua pedang api langka yang ada di sistem mereka. Jadi, orang seperti mereka bisa melacak apel digital kita. Hebat – kita pecahkan hal itu!

Permasalahan

Ada sedikit masalah yang timbul:

1) Bagaimana jika beberapa orang di Blizzard membuat lebih? Dia hanya bisa menambahkan beberapa apel digital untuk keseimbangan kapan saja dia mau!

2) Ini tidak terlihat seperti ketika kita yang berada di bangku taman itu. Hanya Anda dan saya. Jika kita melakukan transaksi melalui Blizzard sama saja kita juga mengundang seorang saksi (pihak ketiga) Untuk mengawasi semua transaksi di bangku taman. Bagaimana saya bisa menyerahkan apple digital saya kepada Anda dengan cara yang biasa?

Apakah ada cara yang lain untuk menirukan transaksi bangku taman kita secara digital? Tampaknya agak sulit …

Solusi

Bagaimana jika kita memberikan ledger ini untuk semua orang? Sebagai ganti ledger pada komputer Blizzard, Ledger itu akan berada di komputer Anda. Semua transaksi yang pernah terjadi dari semua waktu, dalam bentuk apel digital, akan disimpan di dalamnya.

Anda tidak bisa melakuan tindakan penipuan. Saya tidak bisa mengirimkan apel digital saya karena saya tidak memilikinya, karena tindakan itu kemudian tidak akan sinkron dengan semua orang di dalam sistem tersebut.

Dan juga, ledger tersebut tidak dapat dikendalikan oleh satu orang, jadi saya tahu tidak hanya satu orang yang dapat memutuskan untuk memberikan dirinya sebuah apel digital secara lebih. Aturan sistem sudah ditetapkan dari awal.

Serta kode dan aturan yang open source – agak mirip seperti perangkat lunak yang digunakan dalam ponsel Android. Atau mirip seperti Wikipedia.

Anda bisa berpartisipasi dalam jaringan ini juga – memperbarui ledger dan memastikan semuanya telah beres. Untuk masalah ini, Anda bisa mendapatkan 25 apel digital sebagai hadiah. Faktanya, cara seperti itulah untuk mendapatkan apel digital yang lebih banyak di dalam sebuah sistem.

Hal tersebut disebut protokol Bitcoin. Dan apel digital adalah Bitcoin dalam sebuah sistem. Oke… apakah Anda mulai memahami apa yang saya jelaskan?

Apakah ledger tersebut aktif?

1) Ingat, hal ini bersangkutan dengan open source! Jumlah apel didefinisikan dalam ledger pada awalnya. Saya mengetahui jumlah yang tepat dan yang ada. Dalam sistem tersebut, saya mengetahui bahwa apel digital sangatlah terbatas (langka).

2) Ketika saya melakukan pertukaran sekarang saya tahu bahwa apel digital secara nyata telah berpindah tangan dan sekarang benar-benar menjadi milik Anda.

3) Karena itu adalah ledger (Buku kas Induk), saya tidak memerlukan pihak ketiga untuk memastikan saya tidak melakukan penipuan atau membuat salinan tambahan untuk diri saya sendiri, atau mengirim apel sebanyak dua kali, atau tiga kali …

Dalam sistem tersebut, pertukaran apel digital sekarang menjadi seperti sebuah pertukaran fisik. Lebih tepatnya melihat apel secara fisik meninggalkan tangan saya dan berpindah ke tangan Anda. Sama seperti di bangku taman, pertukaran tersebut melibatkan dua orang saja. Anda dan saya, kita tidak perlu pihak ketiga untuk membuatnya berlaku sebagai pertukaran yang sah.

Dengan kata lain, hal itu berperilaku seperti pertukaran benda fisik pada umumnya.

Ini masih menyangkut digital.

Kita sekarang dapat melakukan transaksi 1.000 apel, atau 1 juta apel, atau bahkan 0,0000001 apel. Saya dapat mengirim dengan hanya mengklik tombol, dan saya masih bisa menyerahkan apel tersebut ke saku digital Anda walaupun saya berada di Indonesia dan Anda berada di New York.

Jadi ini adalah hal yang menajubkan bukan! Bagaimana kita harus memperlakukan “apel digital” ini? Apel Digital ini memang memiliki banyak manfaat bukan?

Nah, banyak orang yang mulai berdebat sekarang. Ada perdebatan di beberapa sekolah ekonomi, antara politisi, antara programmer. Jangan hiraukan semua itu. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa sistem tersebut memiliki nilai yang besar. Beberapa orang juga benar-benar memberikan nilai hampir $ 1.300 per apel digital. Beberapa orang juga mengatakan itu adalah emas digital, beberapa orang mengatakan itu mata uang digital. Sebagian lain mengatakan apel digital tersebut hanya akan seperti tulip yang akan booming dalam beberapa saat saja kemudian menghilang. Beberapa orang mengatakan hal itu akan mengubah dunia dan beberapa orang juga mengatakan itu hanya perbuatan iseng-isengan semata.

Hei nak, apakah Anda sudah mengetahui lebih banyak tentang Bitcoin sekarang.

Artikel ini di posting oleh coindesk.com dan di edit oleh penulis sebelum dipublikasikan.

Pengertian Gampang Dan Ringkas Tentang Bitcoin (Penjelasan Bitcoin Untuk Anak Umur 5 Tahun)

Be the first to write a comment.

Your feedback