Ada apa dengan Elon Musk, Twitter, dan Dogecoin ?

Minggu ini, warga Twitter digegerkan dengan berita Elon Musk yang ingin mengakuisisi Twitter dengan penawaran senilai USD43 miliar (Rp616 triliun). Siapakah sebenarnya Elon Musk?

Elon Musk adalah salah satu pengusaha terkaya di dunia. Majalah Forbes mengemukakan bahwa Musk ada di peringkat ke-25 dalam daftar Orang Paling Berkuasa di Dunia. Kekayaan Musk mencapai 184,7 juta dollar AS per Agustus 2021. Dia merupakan CEO dari SpaceX, Tesla, The Boring Company, & Neuralink. 

Dinobatkan sebagai orang yang paling berkuasa versi majalah Forbes, Musk memiliki pengaruh yang luar biasa di media sosial. Media sosial yang paling dipengaruhi Musk salah satunya di Twitter. Thestreet.com, Selasa (14/12/21), koin Doge meroket setelah cuitan dari Elon Musk yang berbunyi “Tesla akan membuat beberapa [produk] dapat dibeli dengan Doge & lihat bagaimana kelanjutannya,”. 20 Desember 2020, Musk pernah membuat cuitan yang akhirnya sama persis dengan cuitannya di tanggal 5 Februari 2021 yaitu “Doge”.

Cuitan tersebut memicu kenaikan harga koin Doge hingga 20% untuk tanggal 20/12/2020, & 50% untuk tanggal 5/2/2021. Musk kembali membuat Doge coin meroket pada perayaan pembukaan Gigafactory Tesla terbaru di Texas, awal april ini.

Pertunjukan yang ditawarkan Musk kepada 15.000 orang tamunya adalah pertunjukan drone yang memperlihatkan simbol Doge tersebut. Pertunjukan ini diberi nama “Cyber Rodeo” dengan maskot Shiba Inu didalamnya sebagai ciri khas koin Doge. Video pertunjukan “Cyber Rodeo” inipun tersebar di twitter, hasilnya nilai mata uang kripto kembali melonjak hingga 5%. Kini sudah kembali normal ya Trivers walaupun tetap menjadi Most Popular Coin pada 20/4/2022 di Aplikasi Triv.

Hasil cuitan dari 2021 yaitu sebesar 850.000 topik diskusi & keyword search bitcoin secara global memberikan dampak pergerakan harga. Dampak tersebut adalah pergerakkan harga signifikan menurun tetapi mencerminkan pertumbuhan pengguna atau orang yang membeli koin/token user.

Drama Akuisisi

Akuisisi merupakan strategi perusahaan untuk membeli saham perusahaan orang lain sehingga kepemilikan perusahaan lain tersebut bisa beralih tangan. Manfaat dari akuisisi sendiri ini sebenarnya sangat banyak. Dapat memperluas pasar perusahaan, mengurangi pesaing dengan memperbesar skala perusahaan. Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dari bidang manajemen & sumber daya, serta memperbanyak kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Alasan Musk ingin memiliki Twitter bukan hanya untuk kepentingan bisnis atau finansial. Musk ingin menjadikan Twitter sebagai platform yang demokratis. Twitter adalah sarana media sosial yang memberikan pengaruh besar dalam kemajuan blockchain & pergerakan harga di market crypto. Faktanya, banyak pembesar yang pro-kontra dengan hal ini.

Salah satu pembesar yang kontra adalah pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Buterin, dalam tweetnya mengatakan bahwa tidak akan menentang Elon Musk, yang menjalankan Twitter. Dia tidak setuju ketika orang atau organisasi kaya mengambil alih perusahaan media sosial sebagai bagian dari tawaran yang tidak bersahabat. Buterin menjelaskan kembali bagaimana Musk mencoba mengakuisisi Twitter & bagaimana dewan perusahaan berusaha mencegah pengambilalihan yang  tidak bersahabat ini. 

Menjadi bagian dari Twitter Musk adalah keinginan CEO FTX Sam Bankman-Fried (SBF). Diketahui CEO FTX Sam Bankman-Fried adalah salah satu pembesar pro Elon. CEO FTX Sam Bankman-Fried terkenal sebagai pendatang baru yang sukses menduduki posisi ke-2 dalam orang terkaya dalam industri bitcoin.

Tawaran akuisisi Twitter Elon Musk diajukan ke SEC pada 1 April dengan membeli lebih dari 70.000.000 saham Twitter. Hal itu mengarah ke penunjukannya Elon sebagai dewan direksi, sampai dengan saat ini belum dikonfirmasi. US SEC atau United State Securities and Exchange Commission adalah komisi atau badan independen milik pemerintahan Amerika. US SEC memiliki tanggung jawab utama untuk mengawasi peraturan sekaligus pelaksanaan dibidang perdagangan efek & mengatur pasar perdagangan.

Koin Doge

Elon Musk yang saat ini pemilik dari Tesla, mengumumkan pada Minggu, 20/2/2022 bahwa ia adalah penggemar berat Doge Coin. Sejak pengumuman tersebut, koin Doge & Tesla saling menarik ulur. Doge coin memiliki komunitas yang dikenal penuh dedikasi. Komunitas ini sering membagikan sejumlah insentif berupa koin Doge dalam bulan bulan tertentu. Doge coin diriliskan pada tanggal 6 Desember 2013 dengan slogan “Mata uang internet yang ramah & menyenangkan”.

Berawal dari koin kripto meme yang dibuat oleh Billy Markus & Jason Palmer. Kekacauan kala itu membuat meme koin yang identik dengan simbol Shiba Inu itupun semakin melesat. Dogecoin menjelma sebagai koin favorit orang terkaya di dunia. 

Menariknya logo anjing Shiba Inu tidak hanya dimiliki koin Doge saja. Ada satu koin lagi yang menggunakan anjing Shiba Inu sebagai logonya, koin itu adalah Shiba Inu coin. Berdasarkan nilai pasar kripto, Shiba Inu dan Dogecoin saat ini ada diposisi 10 teratas. Dua komunitas pecinta kripto & koin ini terus bersaing dipasar lantaran memiliki logo yang sama.

Koin Doge hadir di tahun 2013, dengan semboyan yang merakyat disaingkan dengan koin Shiba Inu. Koin Shiba Inu hadir di tahun 2020 dengan gagahnya mengolok olok koin Doge & merebut satu posisi diatasnya kala itu. Seiring berjalannya waktu Doge coin & Shiba Inu memiliki turunan yakni ShibaDoge yang lahir diawal tahun 2022 ini.

Koin ShibaDoge

ShibaDoge dipercaya memiliki banyak paus yang mendukungnya dari belakang. Hal ini diperkuat oleh situs resmi ShibaDoge yakni ShibaDoge adalah token berbasis komunitas pertama yang dibuat oleh para paus dunia. Dipercaya dapat membawa kebaikan dunia lantaran misi dari komunitas ini dianggap cukup baik bagi beberapa kelompok. Misi tersebut yakni agar dapat menggabungkan komunitas dibalik Shiba Inu & Dogecoin.


Koin Doge tentunya memiliki daya pikat tersendiri didalam dunia Blockchain ini. Doge coin awalnya merupakan token meme yang dibuat untuk kepentingan lelucon. Dibuat oleh seorang insinyur perangkat lunak IBM bernama Billy Markus. Terbukti dengan meningkatnya popularitas Dogecoin di tahun 2021, Dogecoin mampu melampaui kepopuleran Bitcoin di wilayah Amerika Serikat.

Dogecoin adalah koin yang paling banyak dicari di 23 negara wilayah Amerika Serikat itu. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan penasihat keuangan The Advisor Coach. Analisis data dari Google Trends kala itu memperkuat statement tersebut. Dogecoin memiliki popularitas tertinggi di 23 negara bagian termasuk Illinois, Florida, Hawaii & New Jersey.

Baru baru ini, AMC Theaters mengumumkan bahwa mereka akan kembali membuka layanan pembayaran menggunakan koin kripto. Koin tersebut adalah Dogecoin & Shiba Inu serta beberapa koin lainnya di seluruh wilayah Amerika Serikat. Hal itu disampaikan oleh CEO AMC Theaters, Adam Aron, pada 6 Januari 2022 melalui twitter. AMC Theaters akan menambahkan koin Doge & Shiba Inu, meski nantinya akan sedikit terlambat. Pembayaran AMC Theaters akan tersedia serta terintegrasi dengan BitPay, layanan penyedia pembayaran bitcoin.

Setelah drama akuisisi Twitter oleh Elon Musk, kira kira bagaimana prediksi Dogecoin kedepannya? Yuk kita bahas Trivers.

Prediksi Dogecoin

[ TRIV RESEARCH ]

By Randy

Data market berdasarkan grafik & analisa teknikal menunjukan respon dari pembelian saham Elon di Twitter menyebabkan kenaikan harga Dogecoin. Kenaikan harga tersebut pada tanggal 05/04/2022 & penurunan kembali ke harga awal pembukaannya.

Trend masih bergerak dengan kecenderungan turun selama beberapa pekan sebelumnya. Menunggu momentum & trend yang selaras dengan news sebagai data fundamental Dogecoin.

Bollinger Band berhasil mengawal pergerakan trend Doge hingga puncaknya break di tanggal 05/04/2022 & break downtrend di tanggal 24/04/2022.

Indikator momentum yang digunakan untuk membaca analisa kali ini adalah Stochastic dimana pada market Dogecoin sudah mencapai titik jenuh penjualan. Saatnya melalui garis level 20( yakni titik balik pembelian dapat dilakukan setelah ke-2 garis stochastic(biru & merah) bergerak ke atas. Apabila melihat kebelakang di 05/04/2022, garis Stochastic telah mencapai level 97 & berhasil membentuk candle dengan harga di IDR 2555.

DYOR( DO YOUR OWN Research)

Disclaimer warning 

DOGE/IDR

Indikator :Stochastic(momentum Indicator)

Bollinger Band ( trend Indicator)

Parabolic SAR ( signal indicator)

Running price : IDR 2146 ( 21/04/2022)

Buy limit : IDR 1980 Buy Stop1 : Break & open candle di atas IDR 2180 Buy Stop 2 : Break & open candle di atas IDR 2387

Target Price R1 : IDR 2345

Target Price R2 : IDR 2559 ( berita tanggal 5 april 2022)

Shorting : IDR 2146

Target Shorting : IDR 1980

Trend :Bearish

Timeframe :Daily

Analisa dapat kalian lakukan di link berikut:

 Triv – Jual Beli eMoney dan Aset Digital Terbesar di Indonesia

Lakukan analisa dari tampilan [new] triv market via website untuk memaksimalkan riset & melakukan pemesanan harga pada digital crypto asset yang kalian inginkan.

Itulah sekilas informasi terkait Elon Musk, Twitter, & Dogecoin serta prediksi seputar Dogecoin kedepannya. Kesimpulan pembahasan kali ini adalah baik Elon Musk, Twitter, & Dogecoin saling berkaitan & saling bergantung. Informasi atau keadaan yang satu dapat mempengaruhi keadaan yang lain. Semoga informasi & prediksi kali ini dapat bermanfaat ya.

[monica-triv]

Comments are closed for this post.