ASN Boleh Investasi Crypto? Bagaimana Caranya?

ASN boleh investasi crypto?
ASN Boleh Investasi Crypto?

Investasi aset Crypto mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Lalu, apakah ASN boleh investasi Crypto? Peminat aset crypto terus mengalami peningkatan di Indonesia. Menurut data yang diperoleh BAPPEBTI, transaksi dari tiga bulan pertama (Januari—Maret) pada 2022 sebesar Rp 130,2 triliun. Rata-rata kenaikan pemilik aset kripto mengalami pertumbuhan sebesar 740.523 user setiap bulan. Hingga kuartal I pada tahun 2022 ini, aset crypto di Indonesia tercatat memiliki 12,8 juta investor.

Kita semua harus tahu bahwa populasi investor cryptocurrency di Indonesia hanya sekitar 2,7% dari total populasi yang memiliki jumlah 272 juta jiwa. Oleh karena itu, masih sangat besar potensi yang belum dimanfaatkan di Indonesia dalam hal adopsi dan pertumbuhan aset crypto.

Dikutip dari cnbcindonesia.com BKN menyebutkan bahwa jumlah ASN di Indonesia berjulah 3,9 orang di seluruh Indonesia. Banyak informasi yang simpang siur mengenai status ASN dengan investasi di aset crypto. Apakah ASN boleh untuk investasi crypto? Simak informasi berikut ini.

ASN Boleh Investasi Crypto? Lalu, Apa itu ASN?

Menurut Wikipedia, ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah istilah untuk profesi pegawai-pegawai yang bekerja pada instansi pemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah. ASN ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diberikan tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diberikan tugas negara lainnya dan diberi gaji berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan dalam perundang-undangan.

Perlu diperhatikan bahwa “ASN belum tentu PNS, sedangkan PNS sudah pasti berstatus ASN.” Lebih tepatnya, kedudukan ASN merupakan pejabat negara yang dilantik oleh Presiden, yang bisa dari Pegawai Negeri atau dibawah lingkup BKN atau lembaga legislatif, lembaga yudikatif, maupun TNI dan Polri yang berasal dari jabatan “Pegawai ASN” (setara eselon I dan II) yang terpilih untuk mendapat “jabatan negara” dan dipilih oleh Presiden/Wakil Presiden. Keseluruhan aturan tentang PNS, PPPK ataupun Pegawai Pemerintah hingga ASN diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Jika ASN Boleh Investasi Crypto? Perlukah ASN Investasi?

Profesi sebagai ASN atau Aparatur Sipil Negara banyak yang menganggap sebagai profesi yang tergolong aman dalam masalah finansial dibandingkan dengan profesi dari sektor swasta. Ya, dengan berbagai fasilitas dan jaminan dari pemerintah, profesi yang satu ini menarik minat banyak orang untuk berlomba-lomba mendapatkannya. Seiring berjalannya waktu, profesi ASN semakin cerah karena penghasilannya terbilang tinggi dan tetap.

Tapi sebenarnya hampir sama dengan orang-orang di profesi lainnya, seorang ASN dapat mengembangkan penghasilannya dengan melakukan investasi. Kita ketahui bahwa, investasi dengan segala kelebihannya dapat membawa seseorang menuju kebebasan finansial.

Sebelum melakukan investasi, ASN perlu menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga akan hal yang mendesan dan tidak diinginkan. Besaran dana darurat yang harus dipunyai baiknya adalah tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan. Namun, jika seluruh dana darurat belum terkumpul, jangan khawatir. Anda bsisa mengambil dana untuk berinvestasi dari pemasukan bulanan atau gaji, sedangkan untuk kebutuhan dana darurat dapat diambil dari gaji ketiga belas.

Cara ASN Melakukan Investasi

Jam kerja ASN yang panjang seringkali juga membuat waktu untuk mengurus banyak kegiatan menjadi sangat terbatas. Jadi, instrumen investasi pilihlah yang tidak membuat pusing dan tidak membutuhkan usaha yang terlalu besar dalam melakukannya. Pilih instrumen investasi yang sesuai dan paling mudah dilakukan oleh ASN. Risza Bambang, Chairman Oneshildt, Financial Planning, menyampaikan bahwa investasi di sektor riil kurang cocok untuk ASN karena rumit dan harus meluangkan waktu lebih banyak. Contohnya membuka warung yang membutuhkan banyak tenaga. Dia juga tak menyarankan ASN berbisnis properti karena sektor ini membutuhkan perhatian khusus. Misalnya dengan mengeluarkan modal membangun rumah lalu menjualnya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan berinvestasi dengan aset yang dapat dipantau dimanapun dan kapanpun tanpa perlu usaha yang terlalu besar seperti saham, reksadana, emas atau aset crypto.

ASN Investasi Crypto

Aset crypto adalah aset yang patut untuk diperhitungkan dalam berinvestasi di era sekarang ini. Aset Crypto memiliki return yang lebih tinggi dari beberapa aset investasi yang lain. ASN dapat berinvestasi aset crypto dengan strategi yang telah diperhitungkan. Memang crypto adalah aset yang high return, tapi juga high risk. Oleh karena itu sangat perlu bagi ASN yang ingin berinvestasi di aset crypto, tahu dan mengerti dasar dari crypto itu sendiri. Selain itu, ASN yang ingin berinvestasi di aset crypto sebisa mungkin memahami manajemen resiko. Lalu, bagaimana caranya untuk memulai berinvestasi crypto? Berikut adalah langkah-langkahnya

Pilih Broker yang Tepat

Sebelum berinvestasi pastikan anda menggunakan broker yang tepat. Ibarat menampunag air, broker berperan menjadi wadah. Wadah yang baik, akan menjadikan investasi anda menjadi semakin aman, mudah dan tepat. Salah satu broker yang bisa anda pilih dan gunakan untuk investasi crypto adalah Triv. Karena Triv adalah broker crypto dari Indonesia yang aman. Triv telah terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dan KOMINFO. Sejak 2015, Triv telah digunakan lebih dari dua juta orang untuk berinvestasi crypto. Ditambah lagi Triv telah tersertifikasi CISA dan ISO yang membuat Triv semakin aman. Anda bisa daftar Triv di sini.

Pilih Aset Crypto yang Potensial

Setelah anda memiliki broker crypto yang tepat, selanjutnya anda sudah bisa berinvestasi dan memilih aset crypto yang potensial. Pilih aset crypto yang stabil dan memiliki fundamental yang jelas. Seperticomtohnya adalah Bitcoin dan Ethereum. Di Triv anda bisa memilih berbagai macam aset crypto yang berjumlah lebih dari 200 koin. Terdiri dari dari berbagai jenis coin mulai dari stable koin hingga alternative koin ada di Triv.

Mengambil Strategi yang Tepat

Dalam melakukan investasi crypto, alangkah lebih baik jika anda mempunyai strategi investasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan anda. Anda juga harus mampu mengalokasikan budget dari pemasukan anda yang disisihkan untuk investasi. Anda perlu tahu, investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang yang anda inginkan. Karena market crypto ini sangat fluktuatif, tentu anda tidak menginginkan aset crypto yang anda beli akan mengalami kerugian bukan? Oleh karena itu anda perlu menentukan strategi yang tepat. Untuk jangka pendek anda bisa mempelajari stategi teknikal dan fundamental dari aset crypto yang diinvestasikan. Jika anda tidak ingin ribet dengan analisa yang terlalu rumit, anda bisa menerapkan strategi DCA atau Dollar Cost Averaging. Strategi ini adalah cara investasi untuk menginvestasikan budget yang tetap setiap bulannya tanpa perlu melihat kenaikan atau penurunan dari harga aset yang ingin diinvestasikan.

Strategi lain yang paling mudah adalah dengan melakukan Staking. Di Triv anda bisa melakukan staking dengan sangat mudah. Triv memiliki fitur Staking dengan pilihan koin lebih dari 22 koin staking. Dengan melakukan staking, anda tidak perlu ribet untuk memantau pergerakan harga setiap saat. Staking adalah proses memvalidasi transaksi ke jaringan blockchain dan sebagai gantinya anda akan mendapat reward berupa bunga dari hasil staking itu. Anda bisa memulai staking di sini.

Kesimpulan

Sebagai seorang ASN anda masih perlu melakukan investasi. Walaupun ASN memiliki dana pensiun dari pemerintah untuk menunjang masa tua. Dengan berinvestasi sejak dini, anda dapat menjadi bebas finansial di masa tua anda nanti. Dan itu bisa menjadi modal anda untuk menikmati hidup setelah anda tidak lagi bisa bekerja seperti ketika muda. Triv menyediakan berbagai fitur untuk menunjang plan investasi anda baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Triv sebagai #temaninvestasiyangaman ingin mengajak masyarakatindonesia bersama-sama memasuku era finance 2.0. Mulai langkah awal anda untuk investasi crypto dengan Triv di sini.

Comments are closed for this post.