Barcelona FC Membuat Token Kripto? Kombinasi Blockchain dan Sport

Token Kropto Barcelona hadir di Triv
Token Kripto Barcelona Hadir di Triv

Perkembangan finance 2.0 hingga saat ini semakin berkembang. Barcelona membuat koin kripto? Hampir segala bidang industri selalu ada kaitannya dengan faktor finansial. Dalam dunia Olahraga pun tidak terlepas dari kaitan aktivitas finansial dalam proses bisnisnya. Dengan kemajuan teknologi, kombinasi blockchain dan sport dapat disatukan seperti yang dilakukan oleh klub sepak bola Barcelona ini.

Barcelona FC Membuat Token Kripto Untuk Apa?

Football Club Barcelona (FC Barcelona) adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berada di kota Barcelona, catalunya, spanyol. Klub ini juga sering dikenal sebagai Barca atau Barcelona. Barcelona FC ini turut bergabung dalam liga sepakbola tertinggi di Spanyol atau yang sering dikenal La Liga. Barcelona adalah salah satu tim yang paling didukung di dunia, dan memiliki social media terbesar di antara tim olahraga lainnya.Pemain Barca telah memenangkan catatan jumlah penghargaan Ballon d’Or sebanyak 12 kali, serta catatan jumlah penghargaan FIFA World Player of the Year sebanyak 7 kali. Pada tahun 2010, klub membuat sejarah ketika tiga pemain yang datang melalui akademinya (Messi, Iniesta & Xavi) terpilih sebagai tiga pemain terbaik di dunia, setelah mengantongi tempat teratas di FIFA Ballon d’Or, prestasi belum pernah terjadi sebelumnya untuk pemain dari sekolah sepak bola yang sama.

Presiden Barca, Joan Laporta menyatakan bahwa Barca ingin membuat aset kripto. Pembuatan aset kripto ini dilakukan untuk membantu perekonomian klub. Sebenarnya Barcelona mendapat tawaran kerjasama dengan beberapa perusahaan kripto. Namun, klub yng dijuluki Azulgrana ini tidak menerima tawaran tersebut karena Barca ingin mengembangkan aset kripto mereka sendiri tanpa ada campur tangan pihak yang lainnya. Laporta menegaskan bahwa tujuannya membuat aset kripto untuk membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi Barcelona. Laporta juga menegaskan bahwa tujuannya untuk membuat aset kripto Barcelona adalah untuk mendapatkan gelar dan membuat penggemarnya senang. Oleh karena itu, Barcelona perlu mendapat keuntungan dari banyak sisi di Industri olahraga, karena itu adalah tentang kelangsungan Barcelona itu sendiri. Barcelona harus melakukan hal tersebut karena di era saat ini sangat perlu adanya imajinasi dalam imrovisasi dalam era yang serba digital.

Barcelona Membuat Token Kripto? Potensi Blockchain dan Kripto di Industri Olahraga

Dengan berkembangnya teknologi blockchain dan cryptocurrency, industri olahraga juga menyadari potensi memanfaatkan teknologi ini untuk memaksimalkan perkembangan finansial. Terutama dalam mengatasi tantangan melibatkan penggemar tetap terlibat dalam industri olahraga ini selama pandemi. Peran teknologi blockchain menjadi alat yang ampuh untuk mempertahankan dan meningkatkan antusiasme penggemar.

Mengapa Blockchain dan Kripto dapat Menggemparkan Industri Olahraga?

  • Pertama, teknologi yang berbasis blockchain dan kripto memungkinkan meningkatkan keuntungan secara finansial untuk atlet, klub, penyelenggara olahraga atau tim olahraga.
  • Kedua, ini meningkatkan transparansi. Karena klub dan tim juga dapat menggunakan model ini untuk membayar gaji pemain atau biaya transfer. Selain itu, ini memungkinkan penggemar olahraga untuk mencapai hubungan yang lebih dekat dengan tim, pemain, atau klub, sambil juga mendapatkan keuntungan finansial lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Blockchain dan Kripto di Industri Olahraga?

Peran teknologi blockchain dan kripto di Industri olahraga untuk tim, klub, atau pemain, berfungsi sebagai sistem digital yang memungkinkan kesepakatan dan transaksi baru diselesaikan dengan harga lebih rendah, lebih cepat dan dengan keamanan yang lebih besar.

Semuanya pada saat yang sama Menghilangkan kebutuhan akan pihak ketiga. Dengan cara ini, seorang atlet atau klub dapat merilis koleksi digital dalam jumlah terbatas (seperti jersey yang ditandatangani). Atau menjadikan penggemar sebagai pemangku kepentingan utama, sementara secara otomatis menuai keuntungan finansial yang substansial.

Semakin banyak bintang dan tim olahraga mulai menerima gaji, biaya transfer dan bahkan bonus dalam token berbasis blockchain. Baru-baru ini, dua pemain karismatik di NBA Golden State Warriors yang berbasis di San Francisco, Klay Thompson dan Andre Iguodala, memutuskan untuk menerima bagian berikutnya dari gaji mereka dalam bentuk token kripto.

Sementara itu, peran teknologi token berbasis blockchain di industri olahraga telah menyaring penggemar olahraga yang setia dari keramaian di media sosial. Hal ini memungkinkan penggemar investasi untuk mempengaruhi hak suara dalam urusan klub, desain baju, modul pelatihan dan banyak lagi.

Singkatnya, ini adalah media di mana penggemar dapat membuat pemain atau tim favorit mereka menyadari pendapat dan persepsi mereka.

Barcelona Membuat Token Kripto? 3 Poin Penting Teknologi Blockchain dan Kripto di Industri Olahraga

1. Token Kripto Penggemar (fan tokens)

Saat ini sudah ada beberapa pihak yang telah memanfaatkan teknologi Kripto ini. Salah satu yang telah menggunakannya adalah FC Barcelona sebagai fans token yang bisa anda beli dan miliki di Triv.

Menurut media Perancis L’Equipe, kedatangan pemain baru ke klub tersebut dikabarkan meningkatkan harga jual token penggemar tersebut. Alhasil, hal itu membuat klub yang bersangkutan meraup untung yang cukup besar dari penjualan token itu.

Tidak hanya Barca, sudah banyak klub-klub lain yang membuat token penggemar, seperti PSG, Juventus, Arsenal, Atlético de Madrid, AS Roma dan Istanbul Başakşehir.

Dengan menjual token penggemar, klub olahraga bisa menambah saluran pendapatan untuk perkembangan klubnya.

2. Aset Digital Penggemar untuk Koleksi

Penggunaan teknologi blockchain membuat penggemar atau fans suatu klub dapat memiliki koleksi digital dari atlet favorit mereka. Guna menjamin koleksi digital ini orisinal dan tidak dapat diduplikasi, klub pemain menggunakan NFT (Non Fungible Token), data yang disimpan dalam file yang digunakan mentransfer informasi di jaringan blockchain. Konsep NFT sama seperti sertifikasi kepemilikan digital.

Dengan teknologi bloackchain pada NFT, penggemar mendapat jaminan koleksi digital yang ia miliki adalah asli yang dikeluarkan klub favorit mereka. Sebagai contoh platform NBA Top Shot mengeluarkan koleksi digital NFT dalam bentuk file-file klip video para pemain yang sedang melakukan aksi seperti shoot, steal, atau blok. Begitupun juga dengan FC Barcelona ini memiliki NFT yang bisa diliki oleh penggemarnya.

3. Smart Contracts

Secara sederhana smart contract adalah kumpulan kode yang disimpan di blockchain dan secara otomatis dijalankan ketika kondisi yang telah ditentukan terpenuhi. Smart contract dapat diterapkan dalam investasi langsung pada atlet, klub, dan praktik manajemen olahraga.

Ilustrasi praktis dari keterangan di atas bisa dibaca di bawah ini :

Frenkie De Jong adalah pemain sepak bola dari Barcelona FC, dalam smart contract Frenkie akan mendapat bonus jika berhasil mencetak gol ke-3. Jika Frenkie De Jong melakukan gol ke-3 musim ini, klub akan diminta untuk membayar Frenkie bonus sebesar Rp300.000.000.

Ketika Frenkie De Jong berhasil mencatat gol ke-3 itu, liputan berita olahraga akan menyiarkannya di TV, streaming online, dan website-website. Tim Frenkie De Jong mencatat data statistik ke dalam database mereka, kemudian ribuan penggemar juga membagikan cuplikan gol tersebut di media sosial.

Smart contract Frenkie De Jong akan bekerja keras menjelajahi internet untuk melihat catatan-catatan ini. Kemudian ia akan memverifikasi bahwa goal ke-3 pemain Frenkie De Jong benar-benar terjadi. Setelah smart contract memverifikasi tujuannya, smart contract akan mengirimkan uang dari klub kepada Frenkie De Jong secara instan. Nah, begitu penjelasan praktis terkait model smart contract.

Bagaimana Potensi Token Kripto Barcelona? Berikut Analisanya

Analisa dari Randy Randy,S.iP.,MBA menggunakan Triv Market untuk token Barcelona yang memiliki kode BAR sebagai berikut:

[ TRIV RESEARCH ] BAR/USDT By Randy

DYOR( DO YOUR OWN Research) Disclaimer warning 

Candle type : Candles

Indikator : Bollinger Band & StochasticRSI

Running price :$ 5.89 ( 12/08/2022 10:40)

Buy limit  area 1 :$ 4 – $ 6

Support 1 :$ 2- $ 5

R1 Area :$ 13- $ 15

Resistance 2 :$ 23

Buy Stop1 :  Breakout bullish area $ 8, diatas upper band dan middle band

Target Shorting :  $ 10

Trend : Bearish mengikuti sentimen global

Timeframe analysis : Weekly

Dari analisa diatas trend menunjukan pergerakan bearish. Anda dapat melakukan jual-beli token Barcelona dari analisa tersebut. Jika anda masih baru dan ingin memulai investasi Kripto bisa mulai di sini ya Trivers.

Kesimpulan

Teknologi blockchain menawarkan berbagai solusi yang baik untuk perkembangan industri olahraga. Hal itu bisa berkorelasi dari sisi meningkatkan engagement dengan penggemar, menciptakan manajemen reputasi yang transparan, ataupun mendapatkan pendapatan tambahan. Pada masa yang akan datang, kita dapat melihat lebih banyak solusi-solusi yang ditawarkan untuk industri olahraga.

Mari mulai mencoba mempelajari teknologi blockchain dan cryptocurrency bersama Triv, platform jual beli dan staking aset kripto di Indonesia seperti ETH, DOGE, BTC, USDT yang mudah dan aman.

[Alfan-Triv]

Comments are closed for this post.