Bitcoin Melesat Selama Sepekan, Ada Apa?.

Kabar baiknya Bitcoin (BTC) melesat selama sepekan terakhir. Ada apa sebenarnya? Apakah didorong oleh perselisihan terbaru antara AS-Iran pasca pembunuhan Jenderal Soleimani di Irak?

Sebenarnya agak sulit memastikan adanya benang merah antara naiknya harga Bitcoin dengan peristiwa pembunuhan sang jenderal pada pekan lalu. Yang pasti di saat yang bersamaan, harga minyak, emas dan Bitcoin tiba-tiba melonjak.

Di luar Bitcoin, adalah lumrah bahwa emas dan minyak melonjak ketika adanya ketegangan yang berskala global. Ketegangan baru antara AS dan Iran itu dianggap berisiko menekan nilai dolar di tataran global, sehingga banyak orang membeli lebih banyak lagi minyak dan emas untuk melindungi nilai uangnya. Dan di saat yang sama Bitcoin juga ikut-ikutan naik.

Faktanya begini. Peristiwa pembunuhan itu terjadi pada Jumat, 3 Januari 2020 tengah malam waktu setempat di Irak. Pada keesokan harinya, harga emas dan minyak naik: minyak naik 3 persen, emas melonjak 2 persen. Sedangkan Bitcoin lebih tinggi, 5 persen.

Pada 3 Januari Bitcoin diperdagangan di kisaran Rp96,4 juta, lalu naik menjadi Rp104 juta dua hari kemudian. Hingga hari ini, sebelum tengah hari, dalam sepekan, Bitcoin naik hingga 8,9 persen. Jikalau mengacu pada harga 3 Januari, maka pertumbuhannya mencapai 13,5 persen!

Clem Chambers, mantan jurnalis dan sekarang adalah CEO ADVFN.com di Forbes mencatat, situasi AS-Iran itu sangat jelas, bahwa ketika muncul masalah di Timur Tengah bahkan Tiongkok sekalipun, maka Bitcoin menjadi pilihan aset utama.

“Bitcoin adalah tempat terbaik bagi terjadinya capital flight, arus cepat keluarnya modal dari satu negara ke negara lain sebagai dampak dari situasi ekonomi. Atau dalam hal ini Bitcoin masih sebagai safe haven untuk melindungi nilai uang mereka,” kata Chambers.

Sementara di Iran, Raja Aset Kripto itu dijual hingga Rp447 juta per BTC. Jauh melebihi harga rata-rata global.

Pengguna LocalBitcoins.com bernama “Rezamahdanian” misalnya menjual Bitcoin di harga 1.069.578.000 IRR. Dia membatasi nilai perdagangan maksimal 287.069.238 IRR dan minimal 31.000.000 IRR.

LocalBitcoins.com memang bukanlah bursa aset kripto pada umumnya. Website itu hanya menampilkan harga jual-beli Bitcoin oleh para anggota dan proses terjadi secara langsung. Pengelola LocalBitcoins.com tidak menyediakan platform-nya. [*]

Comments are closed for this post.