Cara Membeli Saham Amerika (AS) di Triv

Bagaimana cara beli saham di Triv? Pembahasan mengenai investasi saham semakin ramai dibahas, baik oleh influencer di media sosial maupun oleh user dari Triv. Semenjak pandemi nilai investasi digital di Indonesia terus naik, dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Salah satu instrumen investasi yang semakin diminati di Indonesia adalah saham. Dengan munculnya berbagai aplikasi untuk investasi saham yang menawarkan segala kemudahan, merangsang masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi pada instrumen saham tersebut.

Investasi Saham di Triv

Triv adalah aplikasi crypto dan aset digital yang berdiri sejak tahun 2015. Triv telah menambahkan fitur baru, untuk anda lebih mudah dalam berinvestasi saham. Fitur saham ini resmi diluncurkan pada 17 September 2022. Saham yang listing di Triv adalah saham Amerika Serikat (AS). Saham tersebut tidak berupa saham konvensional pada umumnya, namun berupa token saham (tokenized stock). Token saham adalah token digital yang nilainya 1 banding 1 dengan harga saham asli yang diperjual-belikan di bursa efek. Sama seperti USDT (Tether) token yang berbanding 1 banding 1 dengan dolar. Terdiri dari 21 lebih token saham AS yang dapat anda beli di Triv seperti saham Tesla, Google, Apple, Airbnb, Amazon dan lain sebagainya. Triv menawarkan segala kemudahan dalam bertransaksi saham. Banyak pilihan metode pembayaran yang dapat anda pilih mulai dari e-wallet hingga transfer dari berbagai bank telah tersedia.

Keunggulan Token Saham

Token saham memiliki beberapa kemudahan untuk para investor. Dalam token saham ini, investor dapat bertransaksi selama tujuh hari penuh (24/7) tanpa ada hari libur. Berbeda dengan saham konvensional yang ada jam buka dan jam tutup marketnya. Bertransaksi dan berinvestasi token saham juga lebih fleksibel karena investor dapat membeli token saham secara instant tanpa perlu menunggu jangka waktu yang terlalu lama. Jumlah dana yang dapat diinvestasikan juga lebih terjangkau. Dengan budget minimal masih tetap dapat investasi saham AS di Triv. 

Cara Beli Saham Amerika di Triv

Membeli saham AS sangatlah mudah dilakukan di Triv. Berikut adalah cara membeli dan berinvestasi saham AS di Triv:

Membuat Akun Triv Terlebih Dahulu

Yang pertama harus anda lakukan adalah dengan membuat dan mendaftar akun Triv. Anda dapat menggunakan website yang dapat diakses di www.triv.co.id atau menggukan aplikasi yang dapat didownload di app store atau di play store. Kali ini tata cara yang akan dijelaskan menggunakan website. Penggunaan aplikasi tidak jauh berbeda, anda cukup mengikuti step by step yang diminta dalam aplikasi Triv.

Tampilan awal website Triv untuk membeli saham
Tampilan awal website Triv

Login ke Akun Triv Anda

Setelah tampilan awal Triv terbuka. Anda dapat mendaftar dengan klik meni “Sign Up” yang ada di pojok kanan atas. Jika anda telah memiliki akun, anda dapat “Login”. Anda juga dapat mengatur bahasa sesuai keinginan anda. Tersedia bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris yang dapat anda pilih.

Sebelum membeli saham AS gunakan menu login untuk masuk, sign up untuk daftar dan bahasa untuk merubah bahasa
Menu Sign Up untuk mendaftar Triv

Jika anda belum memiliki akun Triv, pilih menu “Sign Up” dan akan muncul tampilan seperti berikut ini. Isi data diri yang diminta dengan informasi yang valid untuk memudahkan dalam memvalidasi akun anda. Setelah semua data terisi, anda dapat klik “daftar” selanjutnya anda dapat login ke dasboard Triv.

Untuk membeli saham gunakan menu Sign Up untuk membuat akun Triv
Menu Sign Up untuk membuat akun Triv

Setelah anda mendaftar dan memiliki akun. Anda dapat melakukan login dengan klik menu “Login”. Masukkan email dan kata sandi yang diminta. Klik “I’m not robot” dan pilih gambar captcha yang diminta. Setelah semua terisi, klik menu “masuk” untuk melanjutkan. Jika anda lupa password, klik menu “lupa kata sandi” di bagian bawah.

Sebelum membeli sahan, berikut tampilan untuk login ke akun Triv anda
Tampilan untuk login

Verifikasi Email Akun Triv Anda

Sebelum masuk, anda akan dikirimkan 6 digit kode ke email anda untuk verifikasi. Masukkan kode yang telah terkirim ke email, kemudian klik menu verifikasi.

Verifikasi email sebelum login untuk membeli saham di Triv
Verifikasi email sebelum login

Masuk ke Dasbor Triv

Setelah anda login, anda akan akan masuk ke dasbor seperti tampilan berikut. Di sebelah kiri terdapat side bar yang terdiri dari berbagai menu yang dapat anda pilih. Dibagian tengah, anda dapat melihat saldo dan aset digital yang anda punya.

Tampilan dasbor akun Triv untuk membeli saham AS
Tampilan dasbor akun Triv

Pilih Menu Beli / Jual

Untuk jual-beli atau berinvestasi saham yang anda inginkan. Klik menu “Beli/Jual” pada side bar di sebelah kiri. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Tampilan menu jual beli saham as
Tampilan menu jual beli

Pilih Tab Stock Untuk Beli Saham Amerika

Anda dapat memilih menu jual atau menu beli di bagian atas. Untuk memilih saham anda dapat pilih menu stock. Kemudian pilih 21 lebih saham Amerika (AS) yang anda inginkan. Sebagai contoh kali ini adalah saham Tesla. Klik pada menu saham Tesla untuk melakukan pembelian.

Tampilan listing saham AS yang bisa dibeli
Tampilan listing saham AS

Pilih Metode Pembayaran yang Diinginkan

Setelah anda memilih saham yang anda inginkan. Selanjutnya lakukan pembayaran. Anda dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan anda. Triv telah tersedia berbagai macam metode pembawayan seperti e-wallet (Gopay, Shopee Pay, Ovo, Dana dll), transfer bank (BCA, Mandiri, BRI, dll) dan masih banyak metode pembayaran yang dapat anda pilih.

Tampilan pilihan metode pembayaran untuk membeli saham AS
Tampilan pilihan metode pembayaran

Sebagai contoh, metode pembayaran yang digunakan adalah Gopay seperti gambar berikut. Anda dapat membeli saham AS langsung dengan rupiah. Isikan jumlah saham atau rupiah yang ingin anda bayarkan lalu klik lanjut.

Tampilan pengisian nominal pembayaran untuk membeli saham AS
Tampilan pengisian nominal pembayaran

Konfirmasi Pembayaran Anda

Selanjutnya, akan muncul menu konfirmasi transaksi seperti pada gambar di bawah. Terdapat rincian dana yang harus anda bayarkan. Kemudian klik menu konfirmasi jika rincian transaksi sudah sesuai.

Tampilan konfirmasi transaksi untuk pembelian saham AS
Tampilan konfirmasi transaksi

Setelah konfirmasi, klik “Pay Now” jika rincian pembayaran telah sesuai untuk melanjutkan pembayaran.

Tampilan konfirmasi transaksi dan pembayaran untuk pembelian saham AS
Tampilan konfirmasi transaksi

Selanjutkan akan muncul QR code. Buka aplikasi Gopay untuk melakukan scan dan konfirmasi pembayarannya. Anda juga dapat menggunakan QRIS yang terdapat pada M-Banking seperti BRImo, BCA Mobile atau M-Banking dari bank yang lainnya.

Tampilan QR Code Gopay untuk membeli saham AS
Tampilan QR Code Gopay

Mudah sekali bukan? Hanya secara online sudah bisa berinvestasi saham AS dari berbagai perusahaan global di Triv. Yuk beli saham Amerika di Triv sekarang!

Comments are closed for this post.