Cardano ADA : Koin Cuan Masa Depan.

CARDANO (ADA) : Koin Cuan Masa Depan
CARDANO (ADA) : Koin Cuan Masa Depan

Di era yang serba digital ini, manusia diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan digital termasuk terkait investasi. Instrumen investasi yang dahulunya hanya seputar emas, tanah, surat hutang, sekarang berkembang menjadi saham hingga ke mata uang digital. Mata uang digital atau yang kita kenal sebagai cryptocurrency, kini menjadi alternatif bagi para investor maupun trader. Tepatnya sejak 2013, cryptocurrency mulai dikenal & menjadi perhatian masyarakat luas. Cryptocurrency menawarkan semua yang terkait dengannya serba digital. Karena mata uang digital maka disimpannya pun dalam dompet digital yang saat ini tersedia dalam smarthphone atau perangkat lainnya. Cryptocurrency yang akan kita bahas kali ini adalah Cardano dengan tokennya yaitu ADA.

Sejarah Cardano (ADA)

Cardano adalah sebuah blockchain yang bersifat peer-reviewed pertama didunia. Pertama kali diciptakan ditahun 2017 & memiliki token yang kita kenal dengan ADA. ADA dirancang guna memastikan si pemilik berpartisipasi dalam pengoperasian jaringan tersebut. Blockchain ini digunakan oleh perusahaan pertanian untuk melacak produk-produk segar dari pusat ke cabang. 

Sampai dengan saat ini ada 3 organisasi yang bekerja untuk mengembangkan Cardano. Ketiga organisasi tersebut yaitu The Cardano Foundation, Input Output Hong Kong (IOHK), serta Emurgo. Sebagai sebuah platform yang berfokus layanan smart contract, Cardano bersaing dengan para pemain yang lain, diantaranya EOS, Lisk, NEO, & NEM. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Cardano merupakan sebuah blockchain yang memiliki aset cryptonya sendiri yang kita kenal sebagai ADA. Token ADA digunakan sebagai alat pembayaran serta validator yang membantu menjaga keamanan & stabilitas jaringan. Prediksi di masa depan, ADA juga akan digunakan sebagai token tata kelola yang memungkinkan pemegang untuk memilih perubahan & peningkatan ke Cardano.

Cardano (ADA) diciptakan oleh Charles Hoskinson. Charles juga dikenal sebagai salah satu penggagas Ethereum.

Charles Hoskinson

Hoskinson adalah seorang ahli matematika yang juga mantan CEO Ethereum selain itu ia juga pendiri perusahaan blockchain IOG. Hoskinson juga pendiri perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai IOHK atau Input-Output HongKong. Charles Hoskinson lahir pada 5 November 1987 di Hawaii & tinggal di Colorado, Amerika Serikat. Hoskinson merupakan lulusan dari Metropolitan State University of Denver & University of Colorado. Sejak saat dibangku perkuliahan, Charles Hoskinson mempelajari bidang teori bilangan analitik sebelum berpindah mempelajari bidang cryptocurrency.

Berawal dari tahun 2013 di Invictus Innovations, Charles Hoskinson menjajal dunia kripto. Invictus Innovations adalah perusahaan yang meluncurkan jaringan Bit Shares, pendirinya tak lain Honskinson beserta rekannya Dan Larimer. Dan Larimer merupakan rekan sekaligus pengembang di Invictus Innovations. Di tahun yang sama Charles memulai projek yang diberi nama Bitcoin Education Project. BEP (Bitcoin Education Project) adalah sebuah program sekolah daring yang pada akhirnya mempertemukannya dengan pendiri Ethereum yakni Vitalik Buterin. Faktanya, Charles juga merupakan salah satu pendiri Ethereum bersama Vitalik Buterin.

Beranjak dari 2017, Charles lebih banyak menghabiskan waktunya untuk keliling dunia, mengunjungi perusahaan, universitas, hingga pejabat negara. Hal itu dilakukannya guna mengamankan mitra yang akan dibawanya ke platform blockchain berikutnya yaitu Cardano. September 2019, Charles mengumumkan bahwa Cradano akan resmi bermitra dengan New Balance dari Amerika Serikat. Hal tersebut dilakukan oleh New Balance agar dapat mengunci sasaran dari segala aspek.

Cardano (ADA)

Cardano memiliki sisi uniknya tersendiri yaitu menggunakan mekanisme konsensus Proof of Stake dengan meanfaatkan algoritma yang kita kenal, Ouroboros. Cara kerja mekanisme ini antara lain yakni memiliki slot leader yang berguna untuk memverifikasi transaksi serta membuat balok. Siapapun nanti yang memiliki Cardano berhak menjadi Slot Leader. Perlu diketahui bahwa menjadi slot leader tidak diharuskan banyak memiliki Cardano. Jika ingin menjadi slot leader, algoritma “Follow the Satoshi” akan memilih yang dimilikinya.Jaringan ini menggunakan proses otomatis sehingga tidak perlu bekerja ekstra.

Cardano juga memiliki bahsa pemogramannya sendiri. Bahasa pemograman yang digunakan di Cardano ialah Haskell & Plutus. Haskell merupakan bahasa pemograman fungsional yang sudah digunakan sejak tahun 1990an. Versi terbaru yang lebih stabil dari ini dirilis pada tahun 2010. Hal serupa juga dialami oleh Plutus yang dibuat oleh tim Cardano sendiri. Cradano merupakan blockchain generasi ketiga. Adik dari Bitcoin & Ethereum yang menggunakan teknologi PoS atau Proof of Stake. Platform Cardano sendiri mirip dengan Ethereum, memiliki fitur smart contract yang telah rilis semenjak September 2021. Jika dilihat dari grafik yang dapat diakses melalui market Triv, Trend penurunan yang drastis pada ADA terjadi sejak September 2021. Namun, para investor dunia tetap memiliki keyakinan serta kepercayaan tinggi terhadap proyek-proyek Cardano.

Cardano memiliki aset cryptonya sendiri yang dikenal dengan sebutan ADA. Token tersebut dapat berguna untuk membayar biaya transaksi serta dipertaruhkan olehvalidator & delegator. Membantu menjaga keamanan serta stabilitas jaringan dengan imbalan mendapatkan hadiah. ADA masih menempati peringak di 10 besar Triv Market dengan kapitalis pasar US$32.093.857.867. Total pasokan token yang telah beredar saat ini total pasokan token yang telah beredar saat ini US$32.093,857,867. Maksimal pasokan token ADA sebesar 45.000.000.000 token. Token ADA ini bisa digunakan untuk staking agar Trivers bisa mendapatkan passive income. Selain itu, koin atau token ADA dapat digunakan sebagai alat transaksi pembelian NFT yang bekerjasama dengan Cardano tentunya.

Analisa ADA

[ TRIV RESEARCH ]

By Randy

ADA/IDR

DYOR( DO YOUR OWN Research)

Disclaimer warning 

Indikator :Envelope ( trend indicator)

Stochastic ( momentum indicator)

Running price : IDR 8590 ( 08/06/2022 09:04)

Buy limit 1 : IDR 7015

Resistance 1 : IDR 11.340 Trendline Resistance 2 : IDR 13.367 Envelope Resistance 3 : IDR 29.992 Break harga high 12 Juli 2021, dan mengejar stochastic di atas level 52.00

Buy Stop1 :  Break dan open candle di atas IDR 13.367 ( Parabolic SAR berbalik ke bawah)

Target Shorting : IDR 6474

Trend :Bearish

Timeframe :Weekly

Analisa dapat kalian lakukan di link berikut:

 Triv – Jual Beli eMoney dan Aset Digital Terbesar di Indonesia

Cara membaca indikator dan trend di market ini boleh ditanyakan langsung ya

DYOR ya Trivers !

Berbagi Ilmu setiap hari, silahkan request analisa chart @ Randyrandy666

Kalian lebih suka trading long atau day trading nih Trivers? Komen yak

Singkatnya, Cardano merupakan platform Smart Contract layaknya Ethereum maupun NEO. Seperti yang kita ketahui bersama, hal tersebut dapat memudahkan pembuatan token baru serta merupakan DApps. Cardano dibuat serta diatur oleh IOHK serta Charles sebagai penemunya. Token Cardano yang sekarang adalah ADA, nantinya akan sangat dibutuhkan untuk aplikasi kedepannya. Nilai token ada memiliki ciri-ciri yang sama dengan Ethereum. Pemilik token ADA dapat mendapatkan token lebih banyak dengan cara memvalidasi transaksi blok. Sistem blockchain sangat fleksibel membuat para pemegang Cardano bisa ikut andil dalam penyampaian aspirasi.

[monica-triv]

Comments are closed for this post.