Cetak Sejarah Baru, Bitcoin Capai Satu Miliar Transaksi!

Bitcoin baru-baru ini cetak sejarah dengan memproses satu miliar transaksi, momen penting dalam perjalanan 15 tahun kripto pertama di dunia ini. Menurut data dari dasboard Clark Moody, transaksi yang ke satu miliar terjadi pada blok 842,241 pada pukul 04.34 WIB pada tanggal 6 Mei 2024.

Angka tersebut belum termasuk transaksi yang dilakukan melalui Lightning Network, lapisan kedua jaringan Bitcoin yang terutama digunakan untuk pembayaran mikro. Tetapi, data dari bursa khusus Bitcoin, River, menemukan bahwa Lightning Network telah memproses lebih dari 6,6 juta transaksi pada bulan Agustus 2023, menunjukkan pertumbuhannya.

Selama beberapa bulan terakhir, jumlah transaksi harian koin ini melonjak, terutama setelah acara halving jaringan pada tanggal 20 April. Rekor tertinggi dicatat pada 23 April dengan 926.000 transaksi dalam sehari. Peningkatan ini sebagian besar didorong oleh peluncuran protokol Runes, standart token Bitcoin baru.

Meskipun begitu, pada tanggal 4 Mei, jumlah transaksi harian Bitcoin mengalami penurunan menjadi 660.260. Ini menunjukkan bahwa Bitcoin merupakan jaringan kripto tertua, pesaingnya seperti Ethereum telah mengalami volume transaksi yang lebih besar. Ethereum telah memproses hampir 2,4 miliar transaksi sejak diluncurkan pada Juli 2015.

Sementara itu, harga Bitcoin telah mengalami pulih dari level terendah dua bulan sebelumnya, naik lebih dari 12% menjadi US$63.929. Meskipun demikian, harga masih turun 13,6% dari level tertinggi sepanjang masa pada bulan Maret. Dengan mencapai tonggak satu miliar transaksi, jaringan kripto ini terus menunjukkan potensi dalam ekonomi digital global. Meskipun harus bersaing dengan pesaing yang semakin berkembang.

Kesimpulan


Pencapaian penting dalam sejarah Bitcoin dengan mencatat satu miliar transaksi, menyoroti peran jaringan tersebut dalam ekonomi digital global. Meskipun terus menunjukkan pertumbuhan, tantangan yang dihadapi oleh jaringan ini dalam menghadapi pesaing yang semakin berkembang, seperti Ethereum. Dengan pemulihan harga dan terus meningkatnya aktivitas transaksi, menegaskan bahwa Bitcoin tetap menjadi kekuatan yang layak dalam ekosistem kripto. Anda dapat investasi koin ini melalui TRIV, dan juga dapat memanfaatkan fitur Auto Invest (Nabung Rutin) agar investasi Anda dengan lebih teratur.

Baca Juga: Auto Invest: Nabung Rutin Crypto Jadi Otomatis

Comments are closed for this post.