Demi Bitcoin, Video Elon Musk pun Dicatut

Sama seperti dolar AS ataupun rupiah, ibarat dua sisi mata pisau, Bitcoin juga mengundang aksi kejahatan. Beberapa bulan terakhir banyak pelaku yang tak dikenal mendulang banyak Bitcoin dengan cara mencatut video Elon Musk. Modusnya adalah giveaway Bitcoin bodong di Youtube.

Modus itu terhitung amat sederhana dan sepertinya menyasar pengguna Bitcoin baru alias newbie. Betapa tidak, Anda diming-imingi bisa mendapatkan 2 Bitcoin jika Anda mengirimkan 1 Bitcoin ke address tertentu. Semakin banyak Bitcoin yang Anda kirimkan, sebanyak berganda pula Bitcoin yang Anda peroleh. Sepintas sangat menggiurkan.

Kejadian teranyar terjadi pada 11 Juni 2020 lalu, di mana 3 channel Youtube ( Juice TVRight Human dan MaximSakulevich) sekaligus menayangkan video Elon Musk sedang berbicara di panggung. Di sisi kanan layar disematkan transaksi Bitcoin yang seolah-olah realtime yang diperoleh si pelaku.

Kemudian di layar bagian bawah, tertera petunjuk mendapatkan Bitcoin dan address tujuan. Misalnya: Jika Anda mengirimkan 0,5 BTC ke address itu, maka Anda berhak mendapatkan dua kali lipat, yakni 1 BTC.

Setelah dihitung-hitung, total Bitcoin yang terkumpul senilai US$150 ribu (Rp2,1 miliar) dalam dua hari saja.

Dengan pikiran akal sehat saja sangat tidak masuk akal, ada seorang pengusaha (memang dia suka dengan Bitcoin), Elon Musk mau memberikan Bitcoin secara cuma-cuma.

Jikalau iya, metodenya tidak seperti itu, besarannya tidak seperti itu dan Elon pasti mengumumkannya secara resmi.

Anda, kaum newbie disarankan lebih bijaksana, jika mendapatkan tayangan menyesatkan seperti itu di Youtube. Kejadiannya sudah marak dan siap memangsa.

Sebenarnya tak hanya nama Elon Musk yang dicatut. Ada banyak selebritas dan pengusaha papan atas yang jadi “korban”. Sayangnya, sampai saat ini belum ada korban yang melapor dan belum ada pula pelaku yang diringkus. [*]

Comments are closed for this post.