Dulang Cuan, Ini Ragam Pilihan DeFi (Decentralized Finance)

Nilai kumulatif DeFi (Decentralized Finance) kian menanjak. Selama 90 hari terakhir saja Total Value Locked (TVL)-nya naik dari US$752 juta menjadi US$2 miliar, berdasarkan data terakhir dari DefiPulse. Apa saja pilihan DeFi terbaik yang bisa Anda dulang cuan-nya?

Di website DefiPulse hanya terdapat 31 DeFi yang dianggap terbaik dari sekian banyak DeFi yang ada. Semua DeFi itu tersebar di 5 kategori, yakni Lending, Dexes, Derivatives, Payments dan Assets. Semua DeFi itu saling berlomba mendapatkan banyak pengguna yang berkenan “membenamkan” aset kripto-nya.

Dari 31 DeFi, 3 di peringkat teratas adalah dianggap terbaik. Ketika artikel ini ditulis (7 Juli 2020), Compound (Lending) menduduki peringkat pertama, menyalip Maker (Lending) selama beberapa hari terakhir. Maker berada di peringkat ke-2, lalu disusul oleh Synthetics (Derivatives).

Compound dan Maker, TVL-nya masing-masing naik 2,11 persen (US$655,4 juta) dan 4,54 persen (US$592,9 juta) dalam 24 jam terakhir. Kendati DeFi yang lain, perubahan hariannya lebih besar daripada ketiga teratas itu, namun capaian TVL-nya masih terhitung kecil, yakni mulai dari US$155 juta (Balancer) hingga US$12.600 (Connext).

Khusus untuk Compound, total Ether (ETH) yang ter-lock mencapai 2,8 juta ETH, disusul Bitcoin 70,9 ribu BTC.

Esensi DeFi
Pada prinsipnya DeFi mirip dengan produk keuangan di bank, yakni deposito. Dengan menyetorkan sejumlah aset kripto (ETH) kepada pengelola DeFi, Anda berhak mendapatkan, misalnya stablecoin DAI bernilai dolar AS.

Bahkan di Compound menjanjikan interest income 3,27 persen (US$27,43) per bulan.

Sedangkan di Maker, Anda bisa mendapatkan DAI secara otomatis, berdasarkan agunan/jaminan dari Anda berupa ETH. DAI ini bisa langsung digunakan untuk membeli ETH dan kemudian dilanjutkan kembali meminjam DAI, dan seterusnya.

Risiko
Secara teknologi, DeFi adalah dApp (Decentralized App), di mana aplikasi itu berjalan sepenuhnya atau sebagian besar di blockchain. Dan lagi cara Anda berinteraksi dengan dApp adalah menggunakan wallet pribadi Anda dengan smart contract yang digunakan oleh DeFi.

Dengan cara itulah campur tangan langsung manusia ataupun pengelola DeFi dapat dihindarkan.

Hanya saja, kekeliruan dalam coding yang digunakan oleh DeFi bisa berdampak pada terjadinya peretasan, sebagaimana yang pernah terjadi pada DeFi Lendf.me yang dikelola oleh dForce.

Jadi pola pikir yang kita gunakan sebelum mencoba DeFi adalah, bahwa sektor ini masih berupa ujicoba, sebagai upaya pengayaan blockchain-aset kripto-smart contract di sektor keuangan.

Walaupun sejumlah DeFi didukung penuh oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama, keamanan yang tangguh belum tentu jadi jaminan. [*]

Comments are closed for this post.