Efek Bitcoin Elon Musk

Hanya gara-gara satu tagar #Bitcoin di profil Twitter Elon Musk, warganet pun jadi heboh. Penyematan tagar itu disebut-sebut sebagai pendorong kenaikan harga Bitcoin, walaupun hanya sesaat. Motif Elon Musk, si Bos Besar Space X-Tesla pun jadi samar, seperti biasanya.

Pada Jumat, 29 Januari 2021, sekitar pukul 15:30 WIB, warga jagad Twitter tiba-tiba terperanjat, karena tanpa hujan tanpa petir, Elon Musk mengubah bagian profil akun Twitternya menjadi: “#bitcoin”.

Sejarah mencatat ini kali pertama Elon Musk menempatkan tagar aset kripto wahid itu. Kalaupun di cuitannya dia membincangkan secara samar soal Bitcoin atau aset kripto lain, tagar itu hampir jarang disematkan.

Tak pelak “keputusan tagar Bitcoin” oleh salah seorang milyarder dunia itu bikin heboh dan geger dunia persilatan aset kripto.

Maklumlah, tingkah polah Elon Musk kerap dijadikan patokan dan spekulasi, walaupun maksud Elon kerap samar-samar. Pengikutnya saja sudah lebih dari 44 juta!

Tagar itu pun disebut-sebut sebagai penyebab naiknya harga Bitcoin sebesar 14 persen, berdasarkan catatan kantor berita Reuters.

Catatan lain menyebutkan, harga Bitcoin jadi terdongrak lebih dari 19 persen, dari US$US$31.993 menjadi US$38.165. Rasionya setara dengan Rp86 juta rupiah dalam tempo 45 menit saja.

Bitcoin memang melonjak sekitar 300 persen pada tahun 2020, akibat permintaan yang sangat hebat dari perusahaan-perusahaan besar. Bitcoin pun menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa pada 8 Januari 2021 lalu di level US$42 ribu, lalu sempat anjlok ke US$28 ribu.

Pada Desember 2020, Elon sebenarnya pernah bertanya tentang kemungkinan mengubah sebagian dari neraca keuangan Tesla menjadi Bitcoin, selain dolar AS.

Mungkinkah Musk ingin mengekor perusahaan sebelumnya lewat cuitan dia kemarin ini untuk membeli Bitcoin: “In retrospect, it was inevitable”.

Pastinya hanya Elon Musk dan Tuhan yang tahu. Kita hanya bisa menunggu, melihat roket SpaceX membawa Bitcoin ke bulan dan ke Mars [/]

Comments are closed for this post.