ETF Spot Ethereum Capai $1,08 Miliar di Hari Pertama

Ringkasan

  • ETF spot Ethereum baru mencapai volume perdagangan $1,08 miliar pada hari pertama.
  • Analis Bloomberg memperkirakan sebagian besar dari $625 juta volume awal akan menjadi aliran dana masuk.
  • Beberapa penerbit ETF menawarkan produk tanpa biaya untuk periode awal..

Pada hari pertama perdagangannya, ETF spot Ethereum yang terdaftar di Amerika Serikat mencatat volume perdagangan kumulatif sekitar $1,08 miliar. Angka ini mencakup sekitar 23% dari apa yang dicapai ETF Bitcoin spot pada hari pembukaan mereka.

Volume Perdagangan yang Mengesankan

Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, mencatat bahwa volume perdagangan $625 juta, tanpa memasukkan Grayscale’s ETHE, merupakan angka yang “sehat” dan mengharapkan sebagian besar dari jumlah tersebut akan berubah menjadi aliran masuk. Grayscale Ethereum Trust (ETHE) yang telah dikonversi dan BlackRock’s iShares Ethereum Trust (ETHA) mencatat volume tertinggi pada 23 Juli, masing-masing sebesar $458 juta dan $248,7 juta.

Performa ETF Spot Ether

Berikut adalah rincian volume perdagangan untuk beberapa ETF spot Ether pada hari pertama:

  • Grayscale Ethereum Trust (ETHE): $458 juta
  • BlackRock’s iShares Ethereum Trust (ETHA): $248,7 juta
  • Fidelity Ethereum Fund (FETH): $137,2 juta
  • Bitwise Ethereum ETF (ETHW): $94,3 juta
  • 21Shares-issued spot Ether ETF: Kurang dari $10 juta

Balchunas memperkirakan volume $625 juta dari delapan produk baru — tidak termasuk ETHE Grayscale — sebagai “sehat” dan berharap sebagian besar dari jumlah tersebut akan berubah menjadi aliran masuk.

Prediksi Aliran Masuk

Analis ETF Bloomberg lainnya, James Seyffart, memperkirakan aliran masuk akan berkisar antara $125 juta hingga $325 juta, Tergantung pada berapa banyak investor yang telah dipersiapkan oleh perusahaan-perusahaan ini. Pada Januari lalu, ETF Bitcoin spot mencatat aliran masuk sebesar $655,2 juta pada hari pertama perdagangannya. Termasuk, aliran yang keluar $95 juta dari produk Bitcoin yang telah dikonversi oleh Grayscale.

Kebijakan Biaya ETF

ETF dari Fidelity, 21Shares, Bitwise, Franklin, dan VanEck telah membebaskan biaya untuk periode tertentu atau hingga produk mencapai jumlah tertentu dalam aset bersih. Setelah itu, semua ETF spot Ether kecuali ETHE akan menawarkan biaya dasar antara 0,15% dan 0,25%. Biaya ETHE tetap 2,5%.

BlackRock menawarkan biaya diskon 0,12% selama 12 bulan pertama atau hingga dana mencapai $2,5 miliar dalam aset bersih, mana yang lebih dulu. Setelah itu, biaya akan meningkat menjadi 0,25%.

Grayscale Ethereum Mini Trust akan mulai dengan biaya 0,12% dan naik menjadi 0,25% setelah 12 bulan atau mencapai $2 miliar dalam aset bersih. Sedangkan ETF spot Ether, yang dikeluarkan oleh Invesco Galaxy ditetapkan pada 0,25%.

Harga Ethereum Terkini

Pada hari pertama perdagangannya, harga Ether diperdagangkan di sekitar $3,440, berfluktuasi antara $3,400 dan $3,500.

Sumber: TradingView

Kesimpulan

Peluncuran ETF spot Ether telah menunjukkan permulaan yang kuat dengan volume perdagangan lebih dari $1 miliar pada hari pertama. Dengan berbagai perusahaan besar yang bersaing di pasar dan strategi biaya yang kompetitif, ETF spot Ether diharapkan dapat menarik banyak investor dan aliran masuk yang signifikan dalam kedepanya. Ini merupakan langkah penting dalam evolusi pasar Ethereum dan akan terus diawasi oleh para pelaku pasar dan investor.

Mulai investasi koin-koin favoritmu di TRIV yang menyediakan lebih dari 700+ koin dan 30 staking koin. Jangan lupa untuk menggunakan fitur Auto Invest untuk menjadwalkan investasi Anda dengan lebih baik. Manfaatkan fitur seperti stop order, limit order, cek order book, dan chart lengkap di TRIV Market untuk memudahkan investasi dan trading Anda.

*Disclaimer

Konten di TRIV bertujuan untuk informasi dan edukasi, bukan saran investasi. Nilai aset digital dapat berfluktuasi naik dan turun, sehingga pengguna diharapkan memahami resiko tersebut.

Comments are closed for this post.