Ethereum tawarkan Masa Depan Cerah, Begini Prediksinya

Ethereum tawarkan masa depan cerah, begini prediksinya

Mengenal Ethereum

Ethereum (Eth) adalah salah satu aset kripto yang paling banyak diburu setelah Bitcoin oleh para paus. Ethereum lahir dari sebuah usulan implementasi blockchain baru. Diciptakan setelah memiliki banyak peminat & mendapatkan banyak dukungan dari semua kalangan. Ethereum Foundation adalah organisasi nirlaba sekaligus pengembang Ethereum yang berbasis di Swiss. Lebih jelasnya, simak tulisan dibawah ini ya Trivers!

Ethereum

Vitalik Buterin pada 2015 memperkenal sebuah blockchain yang dinamakan Ethereum. Ethereum memiliki cryptocurrency sendiri, sama seperti blockchain pada umumnya. Cryptocurrency dari Ethereum dinamakan Ether (ETH). ETH memiliki banyak fitur yang sama seperti Bitcoin. Salah satu tujuan diciptakannya ETH adalah sebagai mata uang digital dalam perdagangan di cryptocurrency & digunakan untuk menjalankan aplikasi serta memonetasi suatu pekerjaan.

Pada awalnya, Vitalik Buterin adalah seorang programmer berdarah Rusia-Kanada yang mengusulkan Ethereum untuk pertama kali. Buterin di tahun 2013, mengusulkan Ethereum dalam dokumen dengan judul “Ethereum : The Ultimate Smart Contract and Decentralized Application Platform”. Dokumen itu berisi penjabaran ide Buterin untuk menciptakan blockchain yang Turing Complete. Turing Complete yang dimaksud adalah platform komputer terdesentralisasi yang dapat menjalankan aplikasi apapun.

Cara Kerja Ethereum

Ethereum mempunyai konsep transaksi terdesentralisasi. Mengutip wawancara dengan Buterin, salah satu pendiri Ethereum, Ethereum bertindak sebagai platform di mana siapa pun dapat mengunggah kode yang dikenal sebagai smart contract. Cara Kerja Ethereum dengan smart contracts sama seperti program komputer yang dijalankan otomatis sesuai dengan perintah kontrak tersebut. Smart Contract sendiri adalah sebuah penerapan dari platform Blockchain yang bertujuan untuk menentukan kesepakatan antara beberapa pihak.

Smart Contract diprakarsai oleh Nick Szabo yang seorang kriptografer ditahun 1994. Kontrak pintar ini dicetuskan untuk merekam kontrak dalam bentuk kode komputer. Tujuan lainnya untuk menghilangkan kebutuhan pihak ketiga seperti bank, pengacar, & pihak ketiga lainnya. Pembuatan kontrak pintar ini dituliskan dalam sebuah buku yang berjudul “Smart Contracts : Building Blocks for Digital Free Markets” 

Terkait cara kerja Ethereum yang lebih mendalam di Blockchain, tentunya ada beberapa komponen yang berpengaruh dibaliknya. Komponen tersebut antara lain Ethereum Virtual Machine (EVM), miner, blok, mining, Ether, & gas.

Komponen

Dikutip dari buku Mastering Ethereum, ada beberapa komponen Ethereum antara lain:

  • P2P Network

Ethereum yang berjalan di jaringan utama Ethereum

  • Consensus rules

Aturan konsensus Ethereum yang didefinisikan dalam spesifikasi referensi.

  • Transactions

Pesan jaringan yang pastinya menyertakan pengirim, penerima, nilai, & muatan data.

  • State Machine

Diproses oleh Ethereum Virtual Machine (EVM), mesin virtual berbasis stack yang mengeksekusi bytecode. Program EVM memiliki julukan smart contracts. Smart Contracts ditulis dalam bahasa tingkat tinggi serta dikompilasi ke bytecode untuk dieksekusi didalam EVM.

  • Data structures

Disimpan secara lokal didalam node-node untuk dijadikan database yang berisi transaksi & sistem didalam struktur data. Hal tersebut nantinya disebut Merkle Patricia Tree.

  • Consensus algorithm

Nakamoto Consensus digunakan oleh ethereum & blok signature tunggal yang berurutan juga termasuk didalamnya.

  • Economy security

Algoritma yang digunakan oleh Ethereum adalah algoritma PoW yang disebut Ethash.

  • Clients

Ethereum memiliki beberapa implementasi perangkat lunak milik klien yang dapat dioperasikan.

Ethereum di Masa Depan

Seperti yang tertulis di website resmi Ethereum  “Dasar untuk Masa Depan Digital Kita” . Ethereum menekankan bahwa ETH terbuka untuk siapa saja asal memiliki dompet. Dijelaskan dalam website bahwa Ethereum adalah sebuah akses terbuka untuk uang digital & layanan ramah data untuk semua orang.

Diperkirakan bahwa nilai Ethereum nantinya akan meningkat. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Penerbitan Obligasi berbasis Ethereum
  2. Hard fork Berlin yang datang & berjalan dengan sangat baik
  3. Nilai Gas Fees Ethereum yang sudah turun
  4. Kenaikan pangsa pasar
  5. Secara Grafik, Ethereum masih memimpin

Untuk analisanya akan diperjelas dibagian terakhir artikel ini ya, Trivers!

ETH 2.0

Sebelum kita memasuki pembahasan yang lebih jauh terkait ETH 2.0, kira-kira Trivers sudah tau belum ETH 2.0 ini apa sih? Nah kalau belum, simak pembahasan ini baik-baik ya. 

Ethereum 2.0 atau yang biasa disebut dengan ETH2 maupun Serenity merupakan peningkatan blockchain yang dibuat oleh Ethereum. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan kecepatan, efisiensi, & skalabilitas jaringan Ethereum. Ethereum 2.0 ini tentunya berbeda dengan Ethereum 1.0. Perbedaannya ada dipenggunaan mekanisme konsensusnya. Jika Ethereum 1.0 menggunakan konsensus Proof of Work (PoW) seperti cryptocurrency yang lain. Ethereum 2.0 menggunakan Proof of Stake (PoS) sebagai mekanisme konsensusnya.

Proof of Work (PoW) adalah algoritma konsensus yang memungkinkan penambangan dengan menggunakan komputasi berdaya tinggi. Hal itu guna tercapainya pemecahan teka-teki matematika kompleks agar transaksi dapat terverifikasi. Namun, PoW dinilai boros energi & tidak ramah lingkungan lalu biaya transaksi dinilai tinggi. Pengembang Ethereum berupaya beralih ke algoritma konsensus Proof of Stake (PoS). PoS memungkinkan Ethereum untuk meningkatkan kecepatan jaringan, skalabilitas, & efisiensi jaringan Ethereum agar dapat memproses lebih banyak transaksi serta mengurangi kemacetan pada layanan.

Analisa Ether

[ TRIV RESEARCH ]

By Randy

ETH/IDR

DYOR( DO YOUR OWN Research)

Disclaimer warning 

Indikator :Fibonacci Retracement

Stochastic ( momentum Indicator)

Running price : IDR 39.664.000 (09/05/2022, 13:49)

Buy limit 1 : IDR 36.900.000 Buy limit 2 : IDR 31.677.000 Buy Limit 3 : IDR 26.996.000 Buy Stop1 :  Break dan open candle di atas IDR 41.888.000

Target Price R1 : IDR 69.000.000

Target Shorting : IDR 31.677.000

Trend :Bearish

Timeframe :Weekly

Analisa dapat kalian lakukan di link berikut:

 Triv – Jual Beli eMoney dan Aset Digital Terbesar di Indonesia

Cara membaca indikator dan trend di market ini boleh ditanyakan langsung ya

DYOR ya Trivers !

Berbagi Ilmu setiap hari, silahkan request analisa chart @ Randyrandy666

Nah gimana nih Trivers? Masih mau berpaling dari Ethereum atau masih mau stay nih?

[monica-triv]

Comments are closed for this post.