Fakta-fakta menarik seputar XRP alias Ripple

Fakta-fakta menarik seputar XRP alias Ripple
Fakta-fakta menarik seputar XRP alias Ripple

Setiap koin tentunya memiliki keunikan & fakta menariknya tersendiri. Kali ini, kita akan membahas salah satu koin yang cukup fenomenal. Koin ini telah mencetak sejarah baru dalam dunia cryptocurrency saat ini. Pasalnya dibeberapa pekan terakhir ini, koin tersebut mampu menghijau dikala tetua-tetua nya berdarah-darah. Simak ulasannya dibawah ini yah Trivers!

Sejarah XRP

XRP sebenarnya memiliki nama asli yaitu Ripple. Ripple merupakan sistem pembayaran mata uang kripto yang diluncurkan oleh Ripple Labs Inc. XRP bisa diartikan sebagai aset digital yang dibangun untuk pembayaran global. Ripple berencana untuk menyaingi sistem transfer uang yang biasanya dilakukan oleh sistem perbankan. Ripple dibuat Jed McCaleb serta dibangun oleh Arthur Britto & rekannya David Schwartz yang kemudian debut ditahun 2005 bersama Ryan Fugger. Ryan Fugger merupakan pencipta XRP Ledger pada tahun 2012. Fugger mengembangkan sistem yang disebut OpenCoin & nantinya OpenCoin inilah yang berkembang menjelma menjadi Ripple. Ryan Fugger sendiri merupakan seorang developer web yang bekerja di Vancouver, Kanada. 

Sistem mata uang digital XRP ini diluncurkan bulan Mei 2011. Pengembangan Ripple ini dilakukan langsung ditahun yang sama oleh Jed McCaleb. Jumlah koin Ripple yang beredar saat ini sekitar 45 miliar koin. Pada dasarnya, beberapa orang masih sulit membedakan antara Ripple maupun XRP. Namun, singkatnya Ripple merupakan platform cryptonya sedangkan XRP adalah aset cryptocurrency.

XRP Ledger

Berbicara mengenai XRP Ledger, XRP Ledger merupakan buku besar kriptografi sumber terbuka yang didukung oleh jaringan peer-to-peer node. Lebih jelasnya, XRP Ledger merupakan blockchain sumber terbuka Ripple dengan koin aslinya adalah XRP. Berjalan secara independen tidak membuat blockchain XRP Ledger ini menjadi populer. Namun, XRP Ledger dapat dijadikan salah satu opsi yang digunakan untuk lapisan penyelesaian. XRP Ledger dengan Ethereum memiliki perbedaan yang sangat jelas. Mekanisme konsensus Proof-of-Work yang digunakan oleh Ethereum, tidak digunakan oleh XRP Ledger. Mekanisme konsensus Proof-of-stake yang digunakan oleh Blockchain kompetitor, juga tidak digunakan oleh XRP Ledger. Sebagai gantinya, XRP Ledger menggunakan Protokol Konsensus XRP Ledger yang dapat menjadi solusi terpusat & efektif mengurangi waktu transaksi & biaya transaksi.

Pembelian & Penyimpanan XRP

Jika Trivers tertarik pada koin XRP ini, trivers bisa membeli XRP di Triv. TRIV memiliki beberapa layanan atau fitur selain market, wallet, ada juga stake. Staking di Triv sudah pasti dijamin aman karena diawasi oleh Bappebti. Jadi, jangan khawatir atas e-wallet atau platform cryptocurrency yang akan dipilih ya Trivers. TRIV terpercaya sejak tahun 2015 dapat menjadi solusi atas kepanikkan finansial para Trivers.

Cara Kerja XRP

Ripple memiliki cara kerja yang unik tersendiri untuk memproses transaksi Internasionalnya agar bersifat lebih murah & efisien. Alternatif baru yang digunakan Rpple adalah SWIFT atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications. Sistem ini seharusnya terjadi melalui Internet of Value yang menjadi istilah umum yang sering digunakan untuk menyebut beberapa produk Ripple. Beberapa produk Ripple tersebut, antara lain : RippleNet, XRP Ledger, koin XRP, & RippleX.

RippleNet merupakan sebuah jaringan yang global & dapat digunakan lembaga keuangan untuk mentransfer uang lebih cepat serta dengan biaya rendah. Selain itu, RippleNet juga menawarkan fitur Likuiditas Sesuai Permintaan (ODL). ODL mampu menghilangkan kebutuhan untuk pra-pendanaan dalam transaksi lintas batas.

XRP Ledger merupakan blockchain dengan sumber terbukanya yakni Ripple dengan koin XRP sebagai aset. Berjalan secara independen, jelasnya perusahaan Ripple juga memiliki berbagai tujuan. Memang XRP Ledger belum bisa menandingi kepopuleran blockchain-blockchain lainnya, namun XRP Ledger dapa dijadikan opsi untuk digunaka sebagai lapisan penyelesaian.

RippleX merupakan platform yang memberikan pelayanan solusi blockchain untuk proyek-proyek yang ingin menyediakan layanan pembayaran. Sampai dengan saat ini, telah ada dua protokol yang berhasil diluncurkan RippleX. Yang pertama ada Interledger yakni perusahaan pembayaran yang menyediakan kompatibilitas antara sistem pembayaran yang berbeda. Serta yang kedua ada PayString yakni solusi yang menyederhanakan alamat pembayaran.

Fakta-fakta Menarik XRP

1. Dirancang untuk mempercepat transaksi perbankan

Berbicara tujuan atau use case dari crypto, XRP merupakan salah satu koin yang memiliki tujuan/proyek yang jelas serta berprospek baik. Mempunyai kelebihan dari segi sistem transfer aset yang dapat secara langsung atau real-time, membuktikan bahwa alternatif ini jauh lebih murah, transparan, & aman. XRP mampu menangani 1.500 transaksi per detiknya & dilakukan real-time 24/7. Selain itu, XRP terdesentralisasi dengan lebih dari 140 validator sehingga dijamin aman & stabil. Hal ini telah dimanfaatkan manusia sejak tahun 1970an.

2. Aset digital yang ramah lingkungan

Dibandingkan dengan BTC, XRP diklaim jauh lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan XRP bukanlah aset kripto untuk ditambang seperti BTC. Alhasil, produksi koinnya pun tidak membutuhkan daya komputasi & energi listrik yang besar.

3. Diakui WEF (World Economic Forum)

WEF ata World Economic Forum menganggap bahwa XRP merupakan sebuah aset kripto yang relevan dalam memfasilitasi CBDC. Utamanya dalam transaksi intra (antar layanan pembayaran) dalam wholesale. Bank Sentral di negara manapun dapat menggunakan XRP untuk memfasilitasi & mendukung penggunaan CBDC.

4. Aset digital yang terukur

Dalam rekam jejak XRP dikurun waktu 5 tahun ke belakangan ini, teknologi serta tata kelola koin XRP sangatlah dapat diandalkan. Hal ini memicu kesiapan untuk penggunaan institusional maupun perusahaan. Koin XRP juga telah resmi terdaftar di Bappebti.

5. Dirancang sebagai jembatan mata uang fiat

Mata uang digital memiliki tujuan untuk menggeser mata uang fiat guna alat pembayaran yang sah. Tapi tidak dengan tujuan XRP, hingga saat ini bisa dipastikan bahwa XRP lah jembatan antara mata uang digital dengan mata uang fiat. Terbukti dengan pelayanan transfer digital ke seluruh dunia untuk mengirimkan mata uang fiat secara efisien & tanpa batas.

Analisa XRP

[ TRIV RESEARCH ]

By Randy

XRP/IDR

DYOR( DO YOUR OWN Research)

Disclaimer warning 

Indikator :Moving average 12 (trend indicator)

Moving average 9

MACD (momentum indicator)

MACD menunjukkan adanya indikasi ke depan untuk Bullish Crossover 2 minggu ke depan namun belum confirm( melihat histogram level yang akan berkurang ke titik 0 )

Running price : IDR 5030 ( 23/06/2022 9:50)

Buy limit 1 : IDR 4459 (averaging)

Support 1 : IDR 4551 Close price 13 Juni 2022

Resistance 1 : IDR 7462 MA 12 Resistance 2 : IDR 9281 Low 6 Desember 2021

Buy Stop1 :  Break dan open candle di atas IDR 12.638

Target Shorting : Breakout bearish dari  IDR 4551 

Trend :Bearish

Timeframe :Weekly

Analisa dapat kalian lakukan di link berikut:

 Triv – Jual Beli eMoney dan Aset Digital Terbesar di Indonesia

Cara membaca indikator dan trend di market ini boleh ditanyakan langsung ya

DYOR ya Trivers !

Berbagi Ilmu setiap hari, silahkan request analisa chart @ Randyrandy666

Kalian lebih suka trading long atau day trading nih Trivers? Komen yak

Trivers sudah tidak penasarankan terkait alasan kenapa disaat market berdarah, XRP masih tetap aman? Ternyata karena banyak faktor ya Trivers. Jangan lupa ya Trivers untuk investasikan, trading, & staking pendapatan kamu untuk passive income dikemudian hari. 

[monica-triv]

Comments are closed for this post.