Hash Rate Bitcoin Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Harga Bitcoin yang terus-terus mencetak rekor terbaru diikuti oleh tercetaknya hash rate Bitcoin tertinggi sepanjang masa. Harga Bitcoin hari ini sempat sentuh US$29.989 per BTC dan hash rate-nya 161,15 Exahash per detik per hari pada 30 Desember 2020. Energi listrik yang dikonsumsi juga meningkat drastis!

Untuk kali pertama sepanjang sejarah Bitcoin, per 30 Desember 2020, hash rate-nya mencetak skor tertinggi sepanjang masa menjadi 161,15 Exahash per detik per hari.

Rekor tertinggi sebelumnya adalah 157,65 Exahash per detik per hari pada pada 17 Oktober 2020.

Hash rate Bitcoin menembus tingkat tertinggi sepanjang masa untuk kali pertama sejak Bitcoin tercipta. Sumber: Bitinfocharts.

Hash rate adalah salah satu unsur dari fundamental sistem Bitcoin sebagai sistem pembayaran elektronik.

Hash rate adalah ukuran tingkat komputasi jaringan blockchain Bitcoin, yang ditentukan oleh seberapa banyak para penambang yang ikut serta dalam memvalidasi transaksi ataupun berapa kekuatan total penambangan Bitcoin secara keseluruhan.

Semakin besar hash rate, maka itu mencerminkan kepercayaan diri para penambang terhadap masa depan Bitcoin, sekaligus memastikan keamanan jaringan blockchain Bitcoin. Alih-alih mereka menjual imbalan Bitcoin mereka saat ini, mereka justru hold sebagian besar juga.

Peran miner adalah peran yang amat sentral di ekosistem Bitcoin. Mereka amat bergantung pada naik turunnya harga Bitcoin di pasar agar mampu menyesuaikan modal menambangnya. Jikalau harga Bitcoin terlalu rendah, mereka terpaksa memadamkan alatnya dan menjual simpanan Bitcoin-nya.

Tanpa miner, maka tak ada yang berperan memvalidasi dan memverifikasi transaksi Bitcoin Anda. Mereka juga berperan terhadap tingkat keamanan jaringan blockchain Bitcoin itu sendiri.

Untung Juga Naik
Untungnya, peningkatan hash rate itu diiringi meningkatnya mining profitability oleh penambang selama 1 tahun terakhir.

Bitcoin mining profitability selama 1 tahun terakhir. Sumber: Bitinfocharts.

Per 31 Desember 2020, mining profitability mencapai US$0,222 per hari per 1 Terahash per detik. Bandingkan dengan 2 Januari 2020, hanya berkisar hanya US$0,111 er hari per 1 Terahash per detik. Terendah selama setahun adalah US$0,0637 pada 18 Oktober 2020.

Konsumsi Listrik Meningkat Tajam
Meningkatkan hash rate dan keuntungan para penambang, juga diiringi melejitnya konsumsi listrik.

Data terbaru dari Cambridge Bitcoin Electricity Consumption Index, Per 1 Januari 2021. Konsumsi total listrik penambang Bitcoin secara global mencapai 223 Tera Watt per jam rata-rata secara tahunan. Inilah puncak tertinggi sepanjang masa!

Angka itu meningkat sangat cepat sejak 31 Oktober 2020 di kisaran 83 Tera Watt per jam. [***]

Comments are closed for this post.