Ingat Emas, Ingat PAXGold

Harga emas secara global melonjak di atas US$1800 per oz (28,3495 gram). Ini adalah rekor tertinggi selama 9 tahun terakhir. Sudahkah Anda mengoleksi PAXGold di Triv yang nilainya dipatok harga emas itu?

Kenaikan harga emas itu sudah diprediksi setahun sebelumnya, jauh sebelum pandemi COVID-19. Pasalnya struktur ekonomi dunia kala itu memang diprediksi masuk ke ambang resesi, hingga COVID-19 melengkapi itu dan meluluhlantakkan ekonomi dunia.

Jadi, sangatlah masuk akal harga emas meroket tiada terbendung. Bahkan harga emas terus mendaki hingga US$2000-3000 per oz pada tahun ini dan pada tahun depan.

Ini bermakna sentimen negatif terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi akan berlangsung panjang, termasuk dampak struktural akibat kebijakan moneter berbagai bank sentral yang meggelontorkan banyak uang baru ke dalam pasar..

Nah, saat ini banyak beragam akses ke emas, mulai dari membeli emas batangan secara fisik, misalnya di ANTAM ataupun membelinya di sejumlah merchant yang menyebutnya sebagai emas digital.

Di Indonesia, sejumlah perusahaan menawarkan itu, berdasarkan harga patokan Antam dalam satuan gram. Anda cukup menyetorkan rupiah ke akun Anda, misalnya Rp50 ribu, maka Anda dijamin memiliki emas setara dengan harga itu.

Kelak, jikalau deposit rupiah Anda itu setara 1 gram, langsung bisa di-redeem menjadi emas batangan fisik yang asli. Ini serupa dengan sistem menabung emas di Pegadaian. Sangat membantu dan praktis sekali.

Nah, di ranah teknologi blockchain-aset kripto, emas sudah cukup lama diperkaya cara aksesnya. Caranya adalah dengan dibuatkan token digitalnya. Dalam hal ini yang tersedia di Triv adalah PAXGold. Harganya dipatok dengan harga emas berbobot 1 oz (28,3495 gram).

Kelebihannya adalah, karena ia menggunakan teknologi blockchain Ethereum, setiap transaksi yang berlangsung sangat transparan. Anda bisa langsung melihatnya di blockchain explorer. Teknik ini tentu tidak ditemukan di sistem “emas digital” konvensional yang berkembang akhir-akhir ini.

Lihat contoh transaksi PAXGold di tautan ini. Di blockchain Ethereum explorer itu kita bisa melihat rincian transaksi PAXGold, mulai dari tanggal, jam hingga jumlah PAXGold yang ditransaksikan.

Pun lagi, Anda tentu saja tidak harus membeli emas PAXGold itu sebanyak 1 unit yang senilai US$1800. Anda bisa membelinya mulai dari setara Rp100.000. [*]

Comments are closed for this post.