Investasi Bodong hingga Kondisi BAPPEBTI saat ini

Investasi Bodong Scam

Belakangan ini ramai sekali pemberitaan seputar investasi bodong atau investasi ilegal yang menjerat sejumlah artis. Sebelum kita melanjutkan pembahasan lebih mendalam seputar investasi, Trivers harus tau nih sebenarnya apa sih Investasi itu?

Investasi

Investasi sering diartikan sebagai kegiatan menabung ya Trivers. Nah lebih detailnya lagi, investasi adalah kegiatan untuk mendapatkan modal kembali. Modal yang dimaksud baik yang berupa uang maupun aset berharga lainnya. Modal akan masuk kedalam suatu benda, lembaga atau pihak yang bersangkutan dengan harapan investor atau pemberi modal nantinya. Dari situlah, investor akan mendapatkan keuntungan setelah jangka waktu tertentu.

Investasi memiliki banyak sekali macamnya, apa saja itu?

  • Properti,
  • Emas,
  • Reksadana,
  • Valuta Asing (VALAS),
  • Saham,
  • Obligasi,
  • Deposit,
  • Syariah,
  • Cryptocurrency,
  • masih banyak lagi.

Investasi memiliki banyak tujuan, namun tujuan inti dari berinvestasi hanya satu yaitu untuk mengembangkan kemampuan financial sang investornya. Masyarakat Indonesia sendiri saat ini sedang hangat membicarakan beberapa macam investasi. Kira-kira, investasi apa saja ya? Yuk kita bahas satu persatu!

Investasi Valuta Asing

Valuta Asing (Valas) sendiri memiliki arti mata uang asing yang digunakan didalam dunia perdagangan internasional. Valas seringkali digunakan dalam transaksi internasional, namun bukan untuk transaksi yang sah didalam negeri. Tidak semua mata uang asing yang dapat dipergunakan untuk transaksi perdagangan Internasional. Mata uang yang sering digunakan untuk perdagangan internasional antara lain Euro, US Dollar, serta Yen. Kira-kira apa yang salah dari Investasi Valuta Asing? Tentunya tidak ada yang salah ya dengan Investasi Valuta Asing. Hanya saja tempat berinvestasinya yang kurang aman, bahkan tidak aman. Sebagian masyarakat Indonesia lebih tergiur dengan keuntungan yang besar dengan usaha yang minim. Dari sinilah banyak oknum yang memanfaatkan hal tersebut dengan menawarkan investasi menggunakan robot trading.

Robot Trading

Robot Trading adalah sebuah sistem perdagangan otomatis. Trader dimungkinkan untuk melakukan otomatisasi dalam aktivitas jual-beli perdagangan internasional. Singkatnya, para oknum trader membuat robot trading sebagai sarana trading yang mudah karena sistemnya yang otomatis.

Dalam dunia investasi, selain istilah robot trading ada istilah robo advisor. Robo Advisor biasanya disebut sebagai robot penasihat. Robo advisor ini berperan sebagai konsultan finansial yang memberikan saran perihal investasi digital. Selain itu, dia bisa mengelola portofolio investasi milik investornya. Tentunya dengan algoritma khusus ya. Hal ini berbeda dengan robot trading. Robot trading didesain untuk melakukan aktivitas trading secara otomatis. Sedangkan robo advisor adalah robot penasihat untuk kelancaran investasi kamu. Sampai disini apakah sudah jelasuntuk perbedaannya? Sekarang kita lanjut ke investasi yang lainnya ya.

Investasi Reksadana

Investasi Reksadana bisa digunakan sebagai salah satu alternatif bagi investor pemula. Cocok untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu serta masih minim pengetahuan seputar investasi. Reksadana dibuat sebagai wadah penghimpun dana masyarakat yang ingin berinvestasi. Setelah dana terhimpun, nantinya akan menjadi satu portofolio Efek oleh Manager Investasi. Reksadana yang paling diminati saat ini adalah Pasar Uang. Reksadana pasar uang adalah bentuk investasi yang paling digemari oleh para pemula. Kenapa? Karena resiko tidak terlalu tinggi. Konsep secara garis besar sama dengan menabung di bank, namun uangnya bertambah. Meskipun bertambahnya tidak begitu banyak, namun setidaknya tidak ada biaya admin bulanan. Uang bukannya nominal tetap, namun tetap bertambah meskipun didiamkan. 

Menabung di Reksadana harus tetap berhati-hati. Pilihlah wadah/Manager Investasi yang tepat. Jangan sampai mudah tertipu lagi karena setiap investasi pasti ada resikonya.

Investasi Cryptocurrency

Investasi crypto merupakan salah satu wadah berinvestasi yang sedang viral. Cryptocurrency memiliki arti yaitu aset digital yang ada serta bisa digunakan di dunia maya. Saat ini, Crypto bisa digunakan sebagai alat pembayaran atau transaksi pembelian online bahkan penukaran. Crypto memiliki keuntungan lain, apa saja itu?

  1. High return,
  2. Universal,
  3. cepat, mudah dalam penggunaannya,
  4. Transparant,
  5. aman – legal.

Di dunia crypto ada istilah Exchange. Istilah ini seringkali digunakan para investor maupun penggemar koin crypto. Exchange sendiri memiliki arti pertukaran/menukarkan. Crypto Exchange adalah tempat yang digunakan untuk bertransaksi jual-beli aset crypto. Singkatnya, exchange disini berbentuk platform online. Ada beberapa jenis exchange, salah satunya adalah Broker Cryptocurrency. Apa itu Broker Cryptocurrency? Broker cryptocurrency adalah pertukaran aset berbasis situs web. Salah satu Broker Cryptocurrency yang aman di Indonesia adalah Triv. Triv menjadi broker cryptocurrency sejak tahun 2015.

Triv adalah salah satu broker cyptocurrency yang aman di Indonesia karena sudah terdaftar BAPPEBTI. Terdaftar di BAPPEBTI merupakan jaminan bahwa platform tersebut sudah pasti aman karena diawasi pemerintah.

BAPPEBTI

BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi adalah sebuah unsur pendukung didalam Kementrian Perdagangan RI. Dikutip dari laman resmi BAPPEBTI, ada 8 kewenangan yang dimiliki BAPPEBTI. Apa saja itu?

8 Kewenangan BAPPEBTI

  1. Menerbitkan izin usaha bagi Bursa Berjangka; izin bagi perorangan. Menerbitkan sertifikat pendaftaran bagi Pedagang Berjangka. Persetujuan bagi Pialang Berjangka untuk menyalurkan amanat Nasabah Berjangka ke luar negeri & bagi Bank untuk penitipan dana.
  2. Mengesahkan Peraturan & Tata Tertib Bursa Berjangka & Lembaga Kliring Berjangka serta Kotrak Berjangka yang akan diperdagangkan di Bursa Berjangka.
  3. Memastikan agar Bursa Berjangka & Lembaga Kliring Berjangka melaksanakan semua ketentuan & peraturan. Melakukan pengawasan yang intensif & pengenaan sanksi tegas terhadap pelanggarannya.
  4. Menetapkan jumlah maksimum posisi terbuka yang dapat dimiliki atau dikuasai oleh setiap Pihak & batas jumlah posisi terbuka yang wajib dilaporkan.
  5. Menetapkan Daftar Bursa Berjangka Kontrak Berjangka luar negeri yang dapat menjadi tujuan penyaluran amanat Nasabah dalam negeri.
  6. Melakukan pemeriksaan terhadap setiap Pihak yang memiliki izin. Memerintahkan pemeriksaan serta penyidikan terhadap Pihak yang diduga melakukan pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan di bidang perdagangan berjangka.
  7. Mewajibkan kepada setiap Pihak untuk menghentikan atau memperbaiki iklan atau promosi tentang perdagangan berjangka yang dapat menyesatkan.
  8. Membentuk sarana penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan berjangka.

Kondisi BAPPEBTI

Baru-baru ini Nusron Wahid (Anggota Komisi VI DPR RI) sempat mengkritisi kinerja BAPPEBTI. Kenapa? Maraknya kasus investasi bodong berkedok Robot Trading salah satu pemicunya. BAPPEBTI mengklaim bahwa kesulitan untuk melacak robot trading ilegal sebelumnya. Pertumbuhan yang semakin cepat membuat lembaga itu kewalahan. Wishnu dari BAPPEBTI menambahkan bahwa sebenarnya robot trading itu tidak ada tradingnya. Robot trading hanyalah sebuah skema ponzi. Banyak artis yang terjerat kasus ini yang diharuskan mengembalikan dana hingga ratusan juta rupiah. Ada yang diduga ikut menyembunyikan dana yang berakhir di jeruji besi. Semua itu masih berlangsung hangat hingga saat ini. Menyebabkan orang awam yang ingin memulai investasi, semakin takut. Takut karena kurangnya pengetahuan, mengira bahwa semua investasi itu sama, padahal BERBEDA.

Bagaimana ya cara memilih investasi yang tepat? Apa ada platform digital yang pasti aman? Karena keamanan menjadi suatu hal yang sangat kita butuhkan. Bukankah begitu? Yuk, kita bahas bersama investasi aman bersama Triv. Wajib simak baik-baik yaa.

Investasi Aman bersama TRIV

Logo aplikasi Triv

Keamanan adalah sebuah kebutuhan bagi seluruh manusia. Apalagi keamanan menabung, berinvestasi, & lainnya. Bekerja untuk mencari uang, inginnya menabung sedikit agar bisa menjadi bukit. Nyatanya, tak seindah itu karena salah pilih tempat investasi. Akhirnya dibawa kabur deh cuannya, ngerikan?

Tenang aja, jangan berkecil hati karena masih ada kok platform yang aman buat investasi & menabung. Platform itu adalah TRIV. TRIV sudah bersahabat dengan investor sejak 2015. Memiliki banyak sekali fitur-fitur yang belum tentu kamu temukan di platform lain. Salah satunya adalah staking. Fitur ini sebenarnya hampir sama dengan menabung ya, nggak perlu nunggu bisa trading buat investasi pakai Triv. Yang paling penting adalah TRIV sudah dibawah pengawasan BAPPEBTI. Tentunya sudah aman ya.

Investasi bisa dimana saja, di TRIV adalah pilihan yang terbaik. Sudah dipastikan aman, diawasi pemerintah, serta banyak fitur yang didapat. Mulailah investasi sekarang, jangan terlalu lama menunggu & berfikir. Orang cerdas tidak akan membuang waktunya hanya untuk rasa takut & pesimis. Bergabunglah bersama kami, karena #sayapaketriv.

Semoga informasi ini dapat membantu Trivers yang sedang galau & takut untuk investasi ya.

[monica-triv]

Comments are closed for this post.