Investasi Untuk Dana Pensiun Dengan Kripto?

Investasi untuk dana pensiun dengan kripto
Investasi untuk dana pensiun dengan kripto

Untuk kamu yang masih aktif dalam meningkatkan kestabilan finansial, mungkin persiapan investasi untuk dana pensiun masih belum sepenuhnya menempel di dalam benak kalian. Namun, perlu kamu ketahui, untuk menjaga keseimbangan finansial di masa depan, merencanakan dana pensiun adalah salah satu hal yang baik dilakukan sejak dini.  Sesuai namanya, dana pensiun adalah sumber dana yang kamu miliki ketika kamu tidak lagi produktif atau tidak lagi aktif bekerja demi memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa depan nanti.

Dalam menyiapkan dana pensiun menjadi salah satu sumber dana untuk keperluan di masa depan, banyak hal yg bisa kamu lakukan. Rajin menabung adalah salah satu langkah yang umum untuk dilakukan sebagai langkah mempersiapkan dana pensiun. Langkah lainnya yang saat ini cukup marak dilakukan dalam mempersiapkan dana pensiun adalah menggunakan cara berinvestasi. Secara skema, mungkin kamu mampu berinvestasi menggunakan metode yang mirip seperti menabung. kamu mampu mengalokasikan dana setiap bulannya untuk disalurkan ke instrumen investasi yang telah kamu sisihkan. Selain berguna untuk menaikkan jumlah  dana pensiun, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yg lebih baik dari persentase kenaikan aset investasi yang kamu jalankan.

Sebelum memulai investasi untuk memperkuat kondisi finansial dana pensiun kamu, akan lebih baik untuk kamu mengertil apa itu investasi. Secara fundamental, investasi artinya sebuah kegiatan yg berfungsi dalam mengupayakan penanaman modal. Penanaman modal tersebut dilakukan investor menggunakan tujuan menghasilkan keuntungan pada masa yang akan datang. Dalam merencanakan dana pensiun, kamu perlu mempunyai instrumen finansial yg berkembang serta stabil dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Karena itu, berinvestasi dengan menanamkan modal artinya salah satu langkah yg mampu kamu lakukan dalam menaikkan kekuatan dan  kestabilan dana pensiun kamu pada masa depan nanti.

Secara umum , modal yang ditanamkan dalam investasi tersedia dalam bentuk uang. Nantinya, uang yang kamu investasikan akan dikonversi menjadi modal ke dalam aset finansial, mirip crypto, saham, obligasi, dan  reksa dana. Keempat aset finansial tersebut memiliki potensi untuk menyampaikan keuntungan dari modal diawal yg kamu keluarkan untuk memulai berinvestasi.

Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun

Berinvestasi di negara Indonesia sendiri mempunyai beragam instrumen investasi yang mampu kamu coba sebagai langkah dalam mempersiapkan dana pensiun. Berikut beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pahami terlebih dahulu:

Dana Pensiun Dari Saham

Saham adalah salah satu  instrumen investasi yang dapat kamu gunakan menjadi salah satu saluran dana pensiun kamu. Saham adalah instrumen investasi yang memberikan keuntungan yang cukup besar dari instrumen investasi lainnya. Tapi, kesempatan menerima keuntungan besar tadi juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Untuk kamu yang ragu memulai investasi saham untuk persiapan dana pensiun, kamu tidak perlu lagi khawatir. Karena, saat ini kamu sudah bisa membeli saham dengan dana yang relatif rendah.

Selain itu, regulasi kepemilikan saham juga sudah berubah yang semula 500 lembar menjadi 100 lembar saja. Walaupun begitu, kamu membutuhkan pertimbangan yang matang sebelum membeli saham pertama kamu untuk keperluan dana pensiun. kamu bisa menggunakan jasa pialang atau broker saham untuk membantu mengelola saham yg kamu miliki, sembari kamu mencari pengetahuan yang lebih mendalam terkait mengelola investasi saham untuk dana pensiun.

Dana Pensiun Dari Obligasi

Selain saham, obligasi juga dapat digunakan sebagai instrumen investasi alternatif untuk mempersiapkan dana purna tugas kamu mulai saat ini. Obligasi cenderung memberikan keuntungan investasi yg tetap sesuai dengan bunga yang telah disetujui di awal pembeliannya. Jadi asal dana yang kamu salurkan pada awal investasi, per tahunnya kamu akan memiliki potensi keuntungan yang relatif bisa diprediksi. Investasi obligasi pula mempunyai jangka waktu yang majemuk, yaitu jangka panjang serta jangka pendek. Jika kamu memilih obligasi sebagai instrumen investasi untuk mempersiapkan dana pensiun, alangkah lebih baik Jika kamu menggunakan strategi  investasi jangka panjang.

salah  satu produk obligasi yg cukup menjanjikan menjadi investasi dana pensiun adalah ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. Diketahui ORI dapat memberikan kamu keuntunganl atau laba hingga 8 % setiap tahunnya. Jika nilai aset dari ORI mengalami kenaikan, kamu pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar  dari 8 % yang telah ditetapkan sebelumnya. Modal yang kamu keluarkan dalam bertransaksi ORI akan dikunci mulai dari 2 sampai 5 tahun kedepan. Jadi, kamu tidak perlu pusing untuk terus mengelola investasi kamu dalam jangka waktu  yg relatif lama   tadi. Selain menerima keuntungan demi menaikkan kekuatan dana pensiun kamu, menggunakan instrumen ORI, kamu secara tidak langsung juga turut andil dalam donasi pada pembangunan negara.

Dana Pensiun Dari Deposito

Dalam mempersiapkan dana pensiun, investasi deposito adalah salah satu instrumen investasi yang sering menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Hal ini didasari karena deposito memberikan keuntungan yang cukup stabil dibandingkan menggunakan instrumen investasi lainnya. Meskipun begitu, hasil keuntungan yang akan didapat memang tak akan sebesar instrumen investasi lainnya. Mengingat dana pensiun artinya salah  satu proyeksi rencana pada jangka waktu yang cukup panjang, mempersiapkan perencanaan finansial memakai deposito diklaim menjadi langkah yang relatif aman dari segi profil risikonya. Deposito juga bersifat mirip tabungan, jadi kamu mampu mengalokasikan modal dana pensiun setiap bulannya dalam jumlah yang tidak terlalu besar, sebagai akibatnya kamu tidak perlu khawatir, investasi yang kamu lakukan dalam mempersiapkan dana pensiun akan merusak kebutuhan sehari-hari kamu kedepannya.

Dana Pensiun Dari Reksadana

Instrumen investasi lain yang bisa kamu coba dalam merencanakan dana pensiun adalah reksa dana. Reksa dana merupakan salah  satu instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan yang lumayan baik untuk investasi dana pensiun. Selain itu, kamu pula bisa menentukan jenis portofolio investasi apa saja yg ingin kamu miliki di reksa dana sebagai sarana merealisasikan planning dana pensiun.

kamu tidak perlu repot-repot mengelola investasi reksa dana kamu. Pengelolaan investasi kamu akan dijalankan oleh manajer investasi. Manajer investasi adalah sebuah manajemen atau lembaga profesional yang mempunyai tugas sebagai pengelola kegiatan investasi kamu. Untuk hal ini adalah investasi reksa dana. Adanya peran manajer investasi ini adalah salah  satu kekuatan yg bisa menarik perhatian investor muda untuk memiliki investasi sebagai sarana perencanaan dana pensiun.

Investasi Untuk Dana Pensiun Dari Kripto / Crypto

Instrumen investasi kali ini tergolong instrumen investasi yang paling baru. Memasuki era finance 2.0 perkembangan dunia finansial dan investasi berkembang pesat seiring kemajuan suatu teknologi. Teknologi yang digunakan adalah teknologi Block Chain. Cryptocurrency dalah aset digital yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Instrumen Crypto dapat kamu pertimbangkan untuk merencanakan dana pensiun kamu untuk jangka panjang. Aset Kripto atau Crypto memiliki return yang sangat tinggi sebagai instrumen investasi. Walaupun demikian, keuntungan yang sangat tinggi tentu memiliki resiko yang sangat tinggi juga. Namun untuk menjadi dana pensiun, kamu bisa mensiasati dengan melakukan Staking. Crypto Staking adalah bagian sentral dari sistem blockchain aset kripto, khususnya yang menganut sistem konsensus Proof-of-Stake. Melakukan staking artinya terlibat aktif dalam memverifikasi dan mengesahkan setiap transaksi kripto di blockchain. Cara ini juga berarti kamu berperan dalam mengamankan jaringan transaksi. Caranya adalah dengan menyimpan ataupun me-lock sejumlah kripto pada kurun waktu tertentu dan kamu mendapatkan tambahan kripto sebagai imbalan atas jasa kamu mengamankan jaringan transaksi kripto tersebut. dengan Crypto Staking membuat resiko investasi dana pensiun anda menjadi lebih rendah.

Untuk kamu yang tertarik memulai berinvestasi Kripto sebagai langkah awal dalam mempersiapkan dana pensiun, kamu bisa melakukan investasi Kripto di aplikasi Triv. Investasi Kripto di Triv sangat mudah dan aman, karena Triv terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dan KOMINFO. Tersertifikasi CISA dan ISO. Banyak pilihan koin Kripto yang membuat kamu lebih mudah dalam berinvestasi Kripto. Fitur Staking di Triv adalah fitur penunjang yang bisa membantu kamu dalam merencanakan dana pensiun dalam jangka panjang. Koin Crypto yang bisa kamu pilih sangat beragam baik jenis maupun APY atau bunga yang didapatkannya. Bunga yang didapatkan hingga mencapai 73%. Jika kamu tertarik untuk investasi Kripto dapat register Triv disini ya Trivers. Dan kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun untuk masa depan bisa juga mulai staking disini ya. Diversifikasi asetmu untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih maksimal. [Alf-Triv]

Comments are closed for this post.