Jejak Bitcoin John McAfee, GHOST yang Terkini

Jejak Bitcoin John McAfee (lahir 18 September 1945) kali pertama bergema pada tahun 2016. Sejak saat itu hingga sekarang dia kerap bersuara, memprediksi harga Bitcoin. Bahkan saat ini dia sedang “ngebut” dengan proyek aset kripto terbarunya, GHOST. McAfee memang sosok yang sarat kontroversi, termasuk keterlibatannya “membunuh” tetangganya sendiri di Amerika Serikat.

Sejarah mencatat, John bukanlah manusia sembarangan, setidaknya di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Dialah pendiri perusahaan software antivirus McAfee pada tahun 1987 di AS. Antivirus itu tergolong pertama di dunia untuk kategori komersial, selain GData buatan Jerman.

Kemampuan programming-nya juga mumpuni, karena dia sendirilah yang merancang antivirus McAffe itu. Sebelum mendirikannya, dia sempat berlabuh di NASA sebagai programer, termasuk di XEROX dan Lockheed (produsen mesin pesawat terbang) pada tahun 1980-an.

Namun, pada 1994 dia meninggalkan perusahaan itu dan dibeli oleh Intel, produsen prosesor ternama di dunia pada tahun 2010. Pada tahun 2017 mayoritas sahamnya dimiliki oleh TPG Capital asal AS.

Meninggalkan warisan yang amat penting bagi dunia itu, dia mendirikan perusahaan lain, Tribal Voice. Perusahaan itu terkenal sebagai penerbit peranti lunak perpesanan instan, PowWow, yang tak terlalu popular.

Selain itu dia juga mendirikan perusahaan, masih terkait teknologi, yakni QuorumEx, Future Tense Central, Everykey, MGT Capital Investments dan Luxcore.

Pada Agustus 2009 The New York Times mengabarkan, bahwa John bangkrut akibat krisis ekonomi parah tahun 2008. Sejumlah investasinya merugi. Ini yang mengakibatkan kekayaannya ambrol dari US$100 juta menjadi US$4 juta.

Pada tahun 2016 dia memimpin perusahaan baru, MGT Capital Investments. Awalnya fokus di sector social gaming, tetapi hijrah ke masalah keamanan siber. Di situlah ia menekankan, bahwa keamanan siber perlu diperkuat dengan teknologi blockchain. Tak heran perusahaannya pun berinvestasi di bisnis pertambangan Bitcoin, sebagai bukti dukungan kuatnya terhadap teknologi baru itu.

Sejak tahun itulah dia kerap diwawancarai oleh banyak media berpengaruh, membincangkan keunggulan Bitcoin, krisis ekonomi, demokrasi dan wacana-wacana kritik lainnya.

Akun Twitter-nya juga dipenuhi cuitan-cuitan bernada kritis dan satir serta pedas terkait beragam hal, khususnya yang ditujukan kepada pemerintah Amerika Serikat.

Namun, tak lama di berlabuh di situ. Hingga tahun 2018 dia memutuskan meninggalkan MGT Capital Investments dan memilih fokus di perusahaan lain, sembari memainkan sejumlah proyek terkait aset kripto.

Ia pun tak segan-segan membuat prediksi soal kenaikan harga Bitcoin, memaksa publik memakan umpan omongannya itu.

Makan Alat Kelamin Sendiri
Sampai pada suatu peristiwa pada tahun 2019, ia yakin siapa identitas sesungguhnya Satoshi Nakamoto, sosok misterius pencipta Bitcoin. Namun, publik tak percaya begitu saya, karena ia tidak menyodorkan sejumlah bukti solid.

Di sejumlah omongannya seputar Bitcoin, sumpahnya yang paling terkenal adalah pada tahun 2017 : “Saya akan memakan alat kelamin saya, jika harga Bitcoin tidak seharga US$500.000 per BTC dalam 3 tahun.”

Malah di tahun yang sama di “merevisi” sumpah itu: “Saya akan memakan alat kelamin saya, jika harga Bitcoin tidak seharga US$1.000.000 per BTC pada tahun 2020.”

Di satu sisi, omongan John sangat sulit dipercaya. Tetapi di satu sisi, dia memang berhasil mempromosikan citra Bitcoin kepada publik. Orang-orang jadi banyak yang mencari tahu dan kian penasaran.

Proyek GHOST
Tampaknya John konsisten di sektor aset kripto. Kabar terakhir dan saat ini sedang hype adalah, keterlibatannya dalam proyek aset kripto GHOST. Ia mengklaim aset kripto itu berjenis “privacy asset“, yang mampu menyamarkan transaksi, selayaknya privacy coin seperti Monero dan Zcash.

Saat ini GHOST dibuat blockchain Ethereum, berjenis token ERC-20. Direncanakan diluncurkan resmi menggunakan blockchain khusus (main net) pada 22 Juni 2020 mendatang.

Kontroversi apalagi yang kautawarkan dari pintu GHOST itu, Kakek John McAfee? [*]

Comments are closed for this post.