Kenali Lebih Dekat Zilliqa (ZIL)

Kripto Zilliqa (ZIL) sudah tersedia di Triv. Anda siap mencicipinya. Tapi, tak salahnya Anda belajar dulu soal kripto aduhai ini.

Apa Itu Zilliqa?

Zilliqa adalah blockchain publik tanpa izin yang dirancang untuk menawarkan hasil produksi tinggi dengan kemampuan untuk menyelesaikan ribuan transaksi per detik. Kripto ZIL sendiri sudah tersedia di Triv.

Zilliqa pertama kali dicetuskan oleh Prateek Saxena, seorang Asisten Profesor di National University of Singapore School of Computing.

Saxena dan beberapa siswa di School of Computing ini menerbitkan sebuah makalah pada tahun 2016 yang menguraikan bagaimana blockchain yang berfokus pada sharding akan dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan jaringan.

Bersama dengan dua koleganya, Max Kantelia dan Juzar Motiwalla, mereka mendirikan Zilliqa Research pada Juni 2017 untuk mengembangkan jaringan Zilliqa.

Platform ini berusaha untuk memecahkan masalah skalabilitas dan kecepatan blockchain dengan menggunakan sharding sebagai solusi peningkatan skala lapis dua.

Selain itu, Zilliqa juga meluncurkan Scilla, bahasa pemrograman asli yang berfokus pada keamanan dan dApps.

Untuk mencapai semua fitur ini, kripto asli jaringa , ZIL, digunakan untuk menjalankan program, mengirim transaksi dan memberi insentif kepada aktor yang mendukung jaringan.

Cara Kerjanya

Jaringan Zilliqa menawarkan banyak fitur umum untuk jaringan kripto lainnya seperti kontrak pintar, penyelesaian transaksi dan penerbitan token.

Pengembang dapat menggunakan bahasa Scilla untuk menjalankan logika kontrak pintar dan merancang program baru (aplikasi terdesentralisasi) untuk menawarkan berbagai produk dan layanan.

Zilliqa mengklaim sebagai blockchain publik pertama di dunia yang sepenuhnya bergantung pada suatu jaringan sharding. Inilah yang membedakan Zilliqa dengan blockchain sejenisnya.

Ini memungkinkan jaringan untuk mencapai hasil produksi tinggi dan tingkat transaksi tinggi per detik (TPS), yang dikatakan mampu memecahkan masalah skalabilitas.

Karena setiap shard memproses transaksi secara individual, seiring dengan pertumbuhan jaringan dan jumlah shard yang meningkat, jumlah TPS pun meningkat.

Selain itu, catatan-catatan segera ditambahkan ke blockchain Zilliqa setelah diproses, artinya tidak diperlukan waktu tambahan lagi untuk sekadar mengonfirmasi.

Zilliqa berusaha menjadi blockchain pilihan untuk penggunaan perusahaan skala besar, seperti industri periklanan, game, hiburan dan layanan keuangan serta pembayaran.

Dalam makalah posisi tahun 2018, tim Zilliqa menyatakan bahwa platform memiliki tujuan untuk menyaingi metode pembayaran terpusat (sentralisasi) tradisional seperti VISA dan MasterCard.

Dan sejak Oktober 2020, platform ini juga memungkinkan untuk melakukan staking dan yield farming.

Tentu saja, kripto ZIL yang berperan sentral dalam jaringan akan memiliki potensi apresiasi nilai yang tak terelakkan.

Terlebih lagi, staking dan yield farming akan menjadi daya tarik tersendiri agar investor lebih berorientasi memegang token dalam jangka panjang (HODLing) sambil mengamati pertumbuhan jaringan Zilliqa yang kian menarik. [triv]

Comments are closed for this post.