Mengantisipasi Koreksi Pasar Aset Kripto

Koreksi pasar aset kripto dalam 24 jam terakhir sangat luar biasa. Bayangkan saja, kapitalisasi pasar turun dari US$2 triliun menjadi US$1,8 triliun. Apa dan bagaimana kita mengantisipasinya?

100 aset kripto teratas versi Coinmarketcap luruh. Semua mandi darah. Saking merosotnya pasar aset kripto, dominasi Bitcoin hanya 50,7 persen per hari ini, Jumat, 24 April 2021, pukul 18:12 WIB. Sedangkan dominasi Ether (ETH) turun menjadi 14,4 persen.

100 aset kripto teratas itu pun terkoreksi rata-rata 8-11 persen dalam 24 jam terakhir. Bitcoin saat ini diperdagangkan di kisaran US$49.500 per BTC dengan penurunan lebih dari 8,7 persen.

ETH yang mencetak rekor tertinggi baru kemarin, tak luput. Ia terkoreksi 7,89 persen di rentang waktu serupa di kisaran US$2.200.

Di tujuh besar, XRP yang mengalami koreksi terparah, jatuh hingga 12,9 persen di kisaran US$1,13 per XRP. Dogecoin (DOGE) yang sempat menempati peringkat ke-6 harus kalah terhadap Cardano (ADA). DOGE turun tahta di peringkat ke-7, luruh lebih dari 11 persen di US$0,2.

Koreksi ini, khususnya untuk Bitcoin, masih terbilang wajar, jika kita melihat koreksi-koreksi sejak awal tahun 2021. Rata-rata koreksi setelah mencetak rekor baru adalah 20-30 persen. Itu akan menjadi support besar masuk ke ATH baru berikutnya.

Jauh sebelum koreksi nyata ini, Mike McGlone dari Bloomberg Intelligence sudah meramalkannya. Bahkan katanya, koreksi Bitcoin bisa mencapai US$40 ribu per BTC. Namun, ia menjelaskan, bahwa level itu menjadi support besar bagi aset kripto wahid itu menuju US$80 ribu.

Dapat disimpulkan, bahwa koreksi ini masih biasa-biasa saja, seperti di masa-masa lampau. Maka, untuk mengantisipasinya, aksi jual bisa dipindahkan ke stablecoin seperti USDT agar nilainya tidak terlalu tergerus dibandingkan menukarnya menjadi aset kripto lain.

Pun bagi Anda yang saat ini dalam posisi rugi, sebaiknya menanti harga rebound kembali. Secara teknikal, masuk ke support US$40 ribuan berpotensi hingga akhir Mei 2021 nanti.

Digitalik.net, pada grafik Cycle Repeat misalnya memproyeksikan penurunan harga BTC hingga US$40.070 dengan harga saat ini adalah US$49.300.

Menggunakan indikator Squeeze Momentum di Tradingview.com, peluruhan pasar Bitcoin teramat nyata, karena bar merah terang dan merah tua bergantian bermunculan, setelah berakhirnya bar hijau tua sejak 16 April 2021 lalu di time frame 4 jam.

Koreksi Bitcoin pada time frame 4 jam.
Koreksi Bitcoin dalam time frame mingguan, menunjukkan tekanan hebat hingga dua pekan terakhir. Ini ditunjukkan oleh indikator Squeeze Momentum, di mana 2 bar hijau tua sudah muncul.

Secara umum, sebenarnya ini adalah peluang, karena secara fundamental pasar aset kripto masih sangat kuat. Pasalnya sejumlah perusahaan besar dari ranah tradisional, termasuk start up di bidang blockchain dan aset kripto masih mendukungnya. [/]

Comments are closed for this post.