Mengapa Lionel Messi Mau Dibayar dengan Token Kripto?

Lionel Messi

Kemarin menyeruaklah kabar, bahwa Lionel Messi bersedia dibayar dengan token kripto bernama PSG, setelah si GOAT (Greatest of All Time) itu pindah dari FC Barcelona ke klub Paris-Saint Germain di Paris, Perancis. Kabar Messi dan kripto tentu saja membuat heboh warga dunia. Pasalnya itulah kali pertama di dunia, pemain sepak bola terkenal bersedia menerima bayaran berupa token kripto. Bagaimana cerita lengkapnya?

Menurut keterangan resmi pihak klub Paris-Saint Germain, PSG yang diterima Messi adalah “welcome package” sebagai simbol bergabungnya Messi di klub sepak bola terkaya di dunia itu.

“Untuk kali pertama di dunia, Lionel Messi sebagai pemain sepak bola ternama yang menerima bayaran menggunakan kripto. Dalam hal ini adalah token PSG,” ungkap pengumuman resmi klub, Kamis (12/8/2021).

Token PSG adalah token digital yang diterbitkan oleh Paris Saint-Germain sejak tahun 2019 lewat kerjasama dengan perusahaan blockchain, Socios.

“Token PSG telah membuktikan manfaat besar bagi penciptaan aliran dana baru secara signifikan bagi klub.. [token] PSG juga berperan menciptakan audiens baru secara global,” ujar Marc Armstrong, Chief Partnerships Officer dari klub PSG, masih dari keterangan resmi itu.

Alexandre Dreyfus, CEO Chiliz dan Socios.com, menambahkan bahwa Paris Saint-Germain sudah menuai hasil dari pendekatan mereka yang berani untuk menerbitkan token PSG.

Paris Saint-Germain mengatakan, pemberian token kepada Messi adalah bentuk dari inovasi dari klub. Mereka mengakui token itu sangat bermanfaat untuk mendiversifikasi aliran pendapatan klub.

Sebagai token fans, tentu saja PSG akan berperan sebagai “penghubung” antara Messi dan penggemarnya di seluruh dunia. Ini akan memberikan beragam manfaat, seperti panggilan video ekslusif dengan Messi, hingga bisa berjumpa sang bintang di ruang ganti pemain.

Sekadar informasi, token PSG diterbitkan di blockchain Chilliz (CHZ) dan diperdagangkan di beragam bursa kripto, salah satunya adalah Binance.

Tren Token Penggemar

Tren kripto olahraga, khususnya token penggemar, sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2018. Ini ditujukan untuk menciptakan hubungan yang lebih erat dan intens antara penggemar, dengan bintang dan klub olahraga favorit mereka. Terlebih lagi pertandingan memang tak seramai dulu, akibat pandemi.

Sudah cukup banyak klub sepak bola yang menggandeng Socios untuk menghadirkan token fans mereka sendiri, di antaranya adalah adalah Barcelona (BAR), Juventus (JUV), AC Milan, AS Roma dan banyak lagi. [triv]

Comments are closed for this post.