Mengenal Aset Kripto DASH yang Tersedia di Triv.co.id

Aset kripto DASH yang kini tersedia di Triv.co.id punya kisah menarik. Tak hanya karena ia berkapitalisasi pasar besar dan kerap memiliki volume perdagangan tinggi, tetapi karena keunggulan desentralistik jaringan blockchain-nya.

Dash Core CEO Ryan Taylor, dalam sebuah wawancara di podcast terbaru Charlie Shreem menyebutkan, jaringan blockchain DASH yang desentralistik, tidak memungkinkan pihak manapun, termasuk pemerintah untuk meretasnya. Sebab, tidak ada entitas sentral terpusat di dalamnya.

Privasi
Selain transaksi yang cepat dan murah, fitur privasi di blockchain DASH juga cukup bersaing dengan Monero (XMR).

Setiap transaksi, oleh sistem DASH, dibuat menjadi acak. Misalnya, Anda mengirimkan 1 DASH (input) kepada seorang teman.

Masing-masing Public Address memang terlihat di blockchain explorer-nya, tapi ada banyak public address lain yang dibuat sebagai output-nya.

Sehingga tak satupun bisa menentukan output manakah yang sebenarnya digunakan untuk mengelola input.

Skor Tinggi
Berdasarkan kajian FlipsideCrypto per 14 Februari 2010, aset kripto DASH memiliki skor 825 di peringkat ke-17.

Soal Market Maturity dan Change, DASH berturut-turut tumbuh baik selama 1 bulan-1 tahun terakhir. Selama setahun penuh misalnya, tingkat Maturity dan Change DASH tumbuh hingga 28,2 persen. Sedangkan selama 6 bulan, tumbuh sebesar 19,03 persen. Hal itu dapat dimaknai sebagai kinerja baik bagi DASH, yang merupakan hard fork dari Bitcoin itu.

Popular di Venezuela
DASH yang lahir pada tahun 2014 itu, juga cukup menonjol di Venezuela. Kabar teranyar adalah penggunaan DASH sebagai cara bayar di sejumlah gerai Burger King di negara pimpinan Nicolas Maduro itu.

Pada 3 Januari 2020 lalu, Burger King Venezuela memastikan menerima aset kripto DASH sebagai metode pembayaran, selain mata uang resmi negara itu, bolivar. Satu gerai di pusat perbelanjaan Sambil Caracas sudah mengujicobanya dan akan diperluas ke gerai lainnya pada tahun ini juga.

Pasar terbilang agak lambat merespons itu, sebab diumumkan pada 3 Januari 2020 tetapi kenaikan DASH sangat signifikan, baru terjadi 10 Januari 2020. Pada tanggal itu DASH diperdagangkan di Rp688 ribu, lalu menembus Rp1.858.000 pada 16 Januari 2020.

Simon Peters, Analyst eToro kala itu menyebutkan DASH tumbuh sekitar 35 persen pada 15 Januari 2020, sebagian karena didorong penggunaan DASH di Burger King di Venezuela.

“Pada awal tahun ini Burger King mengumumkan menerima DASH sebagai alat pembayaran dan akan diperluas hingga 40 gerai lainnya di Venezuela. Menurut kami, Venezuela yang sedang mengalami hiperinflasi yang sangat parah, mendorong banyak orang beralih ke DASH sebagai alternatif mata uang lokal, Bolivar,” kata Peters.

Comments are closed for this post.