Mengenal Stablecoin TerraUSD (UST) yang Tersedia di TRIV untuk Staking

stablecoin TerraUSD (UST)

Stablecoin TerraUSD (UST) memang tergolong pendatang baru di kategori fiat money token, tapi penerapan algoritma unik terhadapnya dan dibantu oleh penggunaan luas blockchain Terra, UST sejatinya punya keunggulan tersendiri, dibandingkan ‘pemain lama di kelasnya’, seperti Tether (USDT) dan USDC. Blockchain Terra yang menganut Proof-of-Stake, memungkinkan Anda mendapatkan imbalan lewat fitur staking di Triv.

Stablecoin TerraUSD (UST), Apa Keunggulannya?

TerraUSD (UST) adalah stablecoin bernilai dolar AS seperti USDT. Jadi nilai 1 UST selalu sama dengan 1 USD. Dengan mekanisme khusus, nilainya distabilkan berdasarkan interaksinya dengan native coin Terra, yakni LUNA. UST berjenis token yang diterbitkan di blockchain Terra (LUNA).

UST pada prinsipnya adalah token berdasarkan smart contract (kode program khusus) yang tersimpan di blockchain Terra.

Agar nilai UST tetap 1 banding 1 dengan nilai dolar AS (stabil), diterapkanlah smart contract yang memungkinkan interaksi antara kripto Terra (LUNA) dalam proses burn and minting

Secara teknis ini disebut dengan algorithm stablecoin, karena berasaskan kode program yang baku dan tetap. Dan UST bukanlah yang pertama yang menerapkan cara ini.

Dengan kata lain, proses penerbitan (minting) UST bergantung pada penggunaan kripto LUNA itu sendiri.

Contohnya begini. Ketika beberapa orang ingin menggunakan UST, itu disebut dengan permintaan (demand). Oleh smart contract di sistem akan mem-burn sejumlah besar kripto LUNA.

Setelah UST digunakan, maka kripto LUNA diterbitkan kembali masuk ke pasar, demikian seterusnya di mana sistem akan mengaturnya secara otomatis agar nilai UST itu tetap stabil.

UST dibuat sebagai alternatif stablecoin bernilai fiat money yang lebih efisien dari segi waktu, biaya dan volume serta berteknologi terkini. Sebagaimana lazimnya stablecoin seperti Tether (USDT), UST digunakan untuk mempermudah transaksi barang dan jasa di Internet. Jika dibandingkan dengan teknologi uang elektronik biasa, UST jauh lebih efisien, karena bisa ditransaksikan kapan saja, tanpa melalui layanan perbankan.Karena efisiensi ini pula UST kerap digunakan di berbagai aplikasi keuangan desentralistik (DeFi), mulai dari berjenis layanan simpan pinjam, staking dan lain sebagainya.

Persaingan dengan Stablecoin Lain

Berdasarkan data Coinmarketcap, per 10 Februari 2022, TerraUSD (UST) berada di peringkat ke-4 untuk kategori stablecoin. UST berada di bawah BUSD, dengan peringkat pertama dan kedua, masing-masing diisi oleh USDT dan USDC.

Jika nilai pasar USDT adalah US$78 miliar dalam 24 jam terakhir, maka UST baru sekitar US$11,2 miliar. Jika dibandingkan dengan BUSD, hanya terpaut tipis, yakni nilai pasar BUSD mencapai US$17,3 miliar.

UST sendiri menang cukup apik dibandingkan DAI, TUSD dan USDP. Ketiga stablecoin ini termasuk pemain pelopor.

Siapa Perancang UST?

UST dirancang dan dikembangkan oleh tim pengembang blockchain Terra, pimpinan Do Kwon dan Daniel Shin. 

Mereka mendirikan Terra (LUNA) pada April 2019. Pada September 2020, mereka meluncurkan TerraUSD di bursa kripto Bittrex Global. 

Walaupun tergolong pendatang baru untuk kategori stablecoin, TerraUSD mampu bersaing dengan stablecoin lain, seperti GUSD (Gemini) dan PAX (Paxos). 

Terra sendiri adalah teknologi blockchain bersistem Proof-of-Stake, tempat kripto TerraUSD (UST) ditransaksikan. Blokchain Terra dirancang oleh Terraform Labs (anak perusahaan dari Terra Alliance).

Do Kwon adalah CEO Terraform Labs. Dia adalah mantan insinyur perangkat lunak di Microsoft dan Apple. 

Dia juga menjabat sebagai CEO Anyfi, sebuah startup yang menyediakan solusi terdesentralisasi untuk jaringan mesh nirkabel. 

Kwon termasuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 pengusaha paling sukses di dunia.

Sedangkan Daniel Shin dikenal sebagai ekonom dan pengusaha berbakat. Sebelum bergabung di Terra Alliance, ia ikut mendirikan Fast Track Asia, sebuah inkubator startup, dan berhasil mendirikan dan memimpin TMON (Ticket Monster), sebuah e-commerce platform di Korea Selatan.

Staking UST di Triv

Karena UST diterbitkan di blockchain Terra yang mengusung sistem Proof-of-Work, maka pada UST berlaku sistem staking. Fitur ini tersedia dan digunakan sangat mudah di Triv (klik tautan ini). Cara staking-nya seperti staking kripto lain di Triv. Tutorial umumnya bisa dibaca di sini.

Perihal imbalan bunga, staking UST di Triv menawarkan hingga 10,11 persen per tahun (APY). Angka ini bisa menjadi tinggi jika jumlah partisipan (staker) di staking ini semakin sedikit dan sebaliknya akan menjadi rendah, jika jumlah partisipan di staking ini banyak.

Staking adalah pilihan sederhana, mudah dan aman untuk menambah pundi-pundi kripto Anda. Ini sangat cocok bagi Anda yang tidak punya waktu untuk trading dan punya wawasan jangka panjang dalam berinvestasi. Staking juga adalah penanda keterlibatan Anda dalam mengamankan jaringan blockchain. [triv]

Comments are closed for this post.