PaxGold Bernilai Emas Asli di Triv Dijamin oleh Amerika Serikat

Banyak pertanyaan datang kepada kami: Apakah benar PaxGold yang disediakan oleh Triv dijamin oleh emas asli berwujud fisik? Singkat jawaban kami, bahwa setiap unit PaxGold itu adalah representasi digital dari emas asli berbobot 1 troy oz (31,1035 gram) dan dijamin oleh Departemen Jasa Keuangan Negara Bagian New York, Amerika Serikat.

Harga PaxGold saat ini US$1.875,84 (Rp28.037.784 per PAXG di Triv.co.id). Anda tidak harus membeli sebanyak 1 unit PAXG, tetapi cukup mulai setara Rp100.000.

Itu sama halnya dengan produk “emas digital” yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan di Indonesia. Emas fisiknya tidak ada pegang, melainkan dipresentasikan dengan nilai rupiah di akun Anda.

Pegadaian dengan program menabung emas-nya juga begitu. Menyetorkan uang senilai Rp800 ribu ke akun Anda, Anda dijamin memiliki emas sebobot 1 gram. Di lain hari, tentu saja Anda bisa menukarnya menjadi emas batangan.

Paparan rincinya adalah sebagai berikut. PaxGold yang berwujud digital itu dibuat dan diterbitkan menggunakan smart contract yang berjalan di blockchain Ethereum.

Nilainya dibuat menjadi setara dengan harga emas berbobot 1 oz ( 31,1035 gram), karena emas batangan asli disimpan oleh pihak perusahaan Paxos yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Nah, berdasarkan peraturan di negara bagian itu, perusahaan Paxos masuk dalam kategori perusahaan penyedia jasa keuangan. Maka segala produk milik perusahaan, termasuk PaxGold itu dijamin oleh departemen khusus, yakni Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York.

Dengan kata lain, ada entitas hukum dan legal bagaimana Paxos itu bergerak dan berbisnis. Ini juga bermakna perusahaan diawasi secara ketat oleh departemen itu.

Sekadar informasi saja, bahwa New York adalah negara bagian pertama di Amerika Serikat yang memiliki peraturan khusus soal izin perusahaan di sektor aset kripto, yakni disebut dengan BitLicense.

Karena Perusahaan Paxos bermarkas di New York, bukan berarti ia tidak diatur di negara bagian lain di negara itu. Sama halnya produk perusahaan bukan berarti tidak bisa diperdagangkan, karena disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Memiliki PaxGold juga berarti itu adalah jaminan bahwa Anda memiliki emas asli yang disimpan oleh Paxos. Jika Anda memiliki 1 PaxGold Anda berhak menukarnya menjadi emas asli seberat 1 oz (31,1 gram) di New York.

Inilah yang menjelaskan, bahwa PaxGold bisa diterima di bursa aset kripto mana saja dan ditukarkan menjadi uang rupiah dalam praktik perdagangan.

Informasi terperinci soal jaminan ketersediaan emas itu, bisa dilihat di laman perusahan Paxos ini.

Untuk memastikan lagi, Anda bisa memerika laman berikut ini, laporan lengkap bulanan perusahaan.

Kesimpulannya adalah, emas fisik yang direpresentasikan dalam bentuk digital adalah masalah kepercayaan. Untuk emas digital versi Pegadaian atau perusahaan lain di Indonesia adalah kepercayaan Anda terhadap perusahaan penyedia layanan itu.

Sama halnya dengan PaxGold, Anda menempatkan rasa percaya Anda kepada perusahaan Paxos dan perusahaan Triv yang memperdagangkannya. Dan perdagangan aset kripto di Triv dijamin oleh negara, melalui Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Tentu saja rasa percaya itu dipresentasikan dengan mudahnya mentransfer PaxGold kapan dan kemana saja. [*]

Comments are closed for this post.