Sambutlah Pemilik Twitter yang baru, Elon Musk

Elon Musk, Pemilik Twitter yang baru

Senin, 25 April 2022 Elon Musk resmi menyandang status sebagai pemilik sah platform media sosial, Twitter. Penandatanganan kesepakatan tersebut membuat nilai koin-koin berlogo anjing dan saham Twitter menuju bulan. Twitter dibeli Musk seharga $44 Miliar atau setara Rp. 588,6 triliun. Apa yang membuat Musk tertarik? Bagaimana perjalanan Twitter sebelumnya? Bagaimana nasib koin-koin anjing dan saham Twitter selanjutnya? Simak pembahasan dibawah ini yuk Trivers.

Perjalanan Twitter

Dikutip dari laman resmi Twitter, Twitter adalah sebuah layanan bagi teman, keluarga dan rekan kerja untuk berkomunikasi. Twitter menginginkan penggunanya untuk tetap terhubung melalui pertukaran pesan yang cepat dan sering. Twitter didirikan Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, & Evan Williams tanggal 21 Maret 2006. Peresmiannya pada 15 Juli 2016, di markasnya yang berada di San Fransisco, California, US. Twitter pertama kali muncul ke publik pada saat Jack Dorsey menghadiri sebua acara diskusi. Acara tersebut digelar oleh Odeo yang merupakan sebuah perusahaan podcast. Jack Dorsey adalah seorang sarjana Universitas New York. Dorsey kala itu merupakan karyawan dari Odeo, sedangkan Evan dan Biz adalah karyawan Google. Mulanya Twitter digunakan sebagai layanan internal untuk krayawan ODEO. Versi lengkap Twitter kala itu dirilis 15 Juni 2006 ke publik. 

Diakhir 2006, Evan, Biz, dan Jack mengambil alih Odeo beserta aset dari para investor sebelumnya. Mereka bertiga menjelma menjadi Obvious Corp. Seiring berjalannya waktu, dibulan April tepatnya tahun 2007 terjadi perpecahan. Twitter akhirnya menjadi perusahaan independent resmi menjadi Twitter,Inc. Nama asli dari Twitter adalah Twttr. Evan adalah pemberi gagasan yang terinspirasi pada Flickr & SMS yang namanya terdiri dari tidak lebih dari lima huruf.

Twitter berasal dari ide-ide gila Jack Dorsey. Ia memikirkan pesan instan yang sangat populer kala itu. Pada awalnya, Twitter hanyalah sebuah platform yang berfungsi untuk mengirimkan pesan yang dapat dibaca semua orang. Kemudian, hal itu berubah menjadi platform media sosial yang kita gunakan saat ini dengan berbagai fitur menarik didalamnya. Kenali profil para pendiri Twitter yuk, Trivers!

Jack Dorsey

Jack Dorsey atau Jack Patrick Dorsey, lahi di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat. Pria kelahiran 19 November 1976 itu adalah seorang pengembang web dan pengusaha. Jack dikenal sebagai pencipta Twitter & pendiri serta CEO Square. Dibesarkan sebagai penganut agama Katholik, paman Jack merupakan seorang pendeta. Jack awalnya berkuliah di Universitas Sains dan Teknologi Missouri yang kemudian pindah ke Universitas New York. Ide tentang penciptaan Twitter itu muncul pada saat dia masih mengemban ilmu di Universitas New York. Proyek Twitter ini dimulai pada 21 Maret 2006, dengan tweet pertamanya “just setting up my twttr”. Tweet tersebut diunggah pada pukul 9:50 PM PST. Jack mendirikan Twitter bersama kedua rekannya yaitu Biz Stone dan Evan Williams.

Mini Jack sudah menyukai bidang pengembangan perangkat lunak pada usia 14 tahun. Menciptakan perangkat lunak open source, aplikasi yang berhubungan dengan rute taksi & kurir juga adalah salah satu dari minatnya. Awal 2006, Jack bersama Evan Williams yang mantan seorang eksekutif Google & Biz Stone sudah siap meluncurkan Twitter. Namun ketiganya belum benar-benar memiliki strategi peluncuran yang tepat. Twitter saat itu dijuluki microblogging. Mengapa microblogging? Karena Twitter memiliki batasan karakter per post. Batasan karakter Twitter pada saat itu sejumlah 140 karakter. Jack dinobatkan sebagai salah satu Inovator paling Bersinar yang berusia dibawah 35 tahun pada 2008 oleh MIT. Kemudian ditahun 2012, Jack kembali dianugerahi “Innovator Of The Year” Award oleh The Wall Street Journal.

Evan Williams

Evan Williams merupakan salah satu pendiri Twitter yang diberasal & dibesasrkan di peternakan Clarks, Nebraska. Lahir pada 31 Maret 1972, ia merupakan salah satu mahasiswa Universitas Nebraska yang tidak melanjutkan kuliahnya ditengah jalan dengan alasan untuk mengejar mimpinya. Dia adalah penndiri Blogger yang pada akhirnya dibeli Google.

Sebelum menjelma sebagai sosok besar, dulunya ia memutuskan berhenti dari bangku perkuliahannya & memulai karir sebagai karyawan. Bekerja di berbagai sektor teknologi, start-up, hingga mengurus peternakan keluarga di Nebraska pun pernah dijalani. Evan juga berkesempatan untuk bekerja di Google dimasa hidupnya sebelum memutuskan resign pada akhirnya.

Evan resign dari Google dibulan Oktober 2004 & memilih bergabung dengan perusahaan Podcast, Odeo. Tak lama setelah itu, tahun 2006 Odeo menjelma menjadi Obvious Corp karena Evan bersama rekan-rekannya berhasil mengakuisisinya dari tangan investor. Proyek Obvious Corp pada saat itu adalah Twitter. Oktober 2008, Evan resmi menjadi CEO Twitter menggantikan rekannya Jack yang saat itu menjadi Ketua Dewan. Twitter berkembang sangat pesat, hingga ditahun 2009 menjadi media sosial yang paling banyak digunakan versi Compete.com.

Biz Stone

Isaac Biz Stone atau yang kita kenal sebagai Biz Stone adalah pendiri pendamping di Twitter. Ia adalah seorang Direktur Kreatif di Twitter.Inc. Seperti rekannya Evan, Stone juga berasal dari Google. Sebenarnya, ide pembuatan Twitter berasal dari Stone yang kala itu membenci email dan blog. Stone mengungkapkan bahwa dia ingin membagikan sesuatu secara ringkas & singkat. Disitulah awal mula Twitter, yang menjadi solusi bagi internal Obvious Corp. Twitter diciptakan hanya dapat mengirim pesan dengan tidak lebih dari 140 karakter. Stone kala itu sangat mencintai Twitter hingga pada akhirnya rasa kecintaannya di ungkapkan kepada sahabatnya, Evan. Ia berkata bahwa Twitter adalah “The Next Big Thing”.

Stone lahir di Boston pada 10 Maret 1974. Sepanjang perjalanan karirnya, ia sempat menjadi CEO Jelly. Ia mendirikan Jelly bersama Ben Finkel pada tahun 2014. Hal itu terjadi lantaran Stone hengkang dari Twitter pada tahun 2011. Tak lama berselang, Stone kembali ke Twitter pada 16 Mei 2017. Stone dikenal sebagai desainer berbakat sejak dibangku perkuliahan. Dia pernah mendirikan perusahaan web bersama teman-temannya. Perusahaan itu memiliki platform yang diberi nama Xanga. Xanga sangat populer dikalangan anak muda pada jamannya. Pertumbuhan Xanga yang terlalu cepat mengakibatkan hubungan antar Co-Founder akhirnya tidak berjalan dengan baik. Pada akhirnya, Stone memutuskan untuk keluar dari proyek Xanga. Hal yang Stone katakan saat itu adalah ” Saya belajar bahwa budaya perusahaan diawal sangat penting. Anda harus bergantung padanya, seperti Anda bergantung pada produk Anda.”. 

Setelah drama Xanga berakhir, Stone menganggur dan tak lama kemudian ia mendapatkan telepon dari Evan untuk bergabung bersamanya di Google. Disinilah awal mula perjalanan Stone yang sebenarnya.

Elon Musk dan Twitter

Elon Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan tepatnya 28 Juni 1971. Musk dalam kesehariannya digambarkan sebagai pria workaholik. Musk dikenal sebagai pengusaha sukses dikarenakan berhasil membangun PayPal, SpaceX, Tesla, Solarcity. Selain itu, baru-baru ini Musk juga berhasil mengakuisisi salah satu platform media sosial terbesar yaitu Twitter.

Pendahuluan

Sejak kecil, Musk sudah tertarik dengan dunia pemograman komputer. Sempat menjual software yang dia ciptakan sendiri yang diberi nama Blaster. Musk sempat berpindah tempat kuliah. Universitas pertamanya yaitu Queen University di Ontario, Kanada. Selang 2tahun, kemudian Musk memutuskan untuk pindah ke Universitas Pennsylvania & menekuni Ilmu Bisnis & Fisika. Musk memperoleh dua gelar sekaligus, yang pertama Bachelor of Economy & yang kedua Bachelor of Science. Tingkat doktoral tidak diselesaikan Musk di Stanford University.

Perjalanan

Dalam perjalanan karirnya, pria kelahiran 1971 itu meraih penghargaan Legendary Leader Award. Hal itu dikarenakan sumbangsihnya kepada Bumi untuk memerangi pemanasan global. Musk juga dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh selama abad modern ini. Di sisi lain, ia juga memiliki yayasan yang bergerak dibidang IPTEK, kesehatan anak & Energi Bersih. Yayasan tersebut diberi nama Musk Foundation.

Puncak

Tak puas menguasai bumi & antariksa, kali ini Musk hadir dengan berita bahwa tertarik dengan salah satu media sosial. Musk ingin menguasai dunia maya dengan mengakuisisi Twitter. Twitter sendiri adalah platform media sosial dengan pengguna terbanyak ke-3 setelah Facebook & Instagram. Twitter didirikan tahun 2006 oleh Jack Dorsey yang kala itu bekerja di ODEO. ODEO adalah sebuah perusahaan podcast. Bernama asli Twttr & hanya digunakan untuk keperluan internal, kini Twitter menjelma menjadi media sosial paling diminati di dunia. 

Ide Gila

Berawal dari ide rancangan besar untuk Twitter. Kini Musk resmi menjadi pemilik Twitter. Tepatnya pada 25 April 2022, dia menandatangani kontrak senilai $44 Billion atau senila Rp. 634 Triliun. Pembayarannya pun secara tunai. 

Dia sangat terobsesi dengan Twitter lantaran ia ingin menjadikan Twitter sebagai platform yang independent. Elon Musk ingin menjadikan Twitter sebagai jembatan untuk menampung aspirasi global secara masif. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk melakukan pembaruan di Twitter.

Twitter juga menjadi saksi bisu yang masih ada terkait keaktifan Musk dalam mempengaruhi perspektif masyarakat terhadap koin-koin berlogo anjing. Maraknya koin-koin berlogo anjing yang bermunculan akhir-akhir ini tidak mengecoh masyarakat. Selalu DogeCoin & Shiba Inu Coin yang menjadi sasaran. Kira-kira setelah ini bagaimana nasib dari koin anjing & saham Twitter? Yuk simak analisanya dibawah ini.

Nasib Koin Anjing dan Saham Twitter

Koin-koin anjing saat ini sangat disoroti. Pasalnya Elon Musk adalah investor yang juga penggemar dari salah satu koin berlogo anjing, DogeCoin. Namun di pembahasan kali ini bukan DogeCoin yang akan dibahas lagi melainkan Shiba Inu.

Shiba Inu

[ TRIV RESEARCH ]

By Randy

DYOR( DO YOUR OWN Research)

Disclaimer warning 

Indikator :Fibonacci retracement( level koreksi harga)

Stochastic (indikator momentum)

Running price : IDR 0.34000 ( 27/04/2022)

Buy limit area : IDR 0.25000 -IDR 0.28000 (Area Support 1)

Buy Stop1 :  Break dan open candle di atas IDR 0.37000

Target Price R1 : IDR 0.37000 ( Fibo level 50 adalah garis penentu Bullish/bearish) Target Price R2 : IDR 0.40000 Target Shorting : IDR 0.31000

Trend :Bearish

Timeframe :Daily

Analisa dapat kalian lakukan di link berikut:

Triv – Jual Beli eMoney dan Aset Digital Terbesar di Indonesia

Saham Twitter

Saham Twitter mengalami peningkatan dilebih dari 3% setelah ada laporan mendekati penandatanganan kesepakatan bersama Elon Musk. Diketahui Musk sempat mengajukan rencana akuisisi sebelumnya, namun ditolak oleh Twitter. Penawaran yang telah disepakati melebihi penawaran awal Musk.

Musk secara mutlak akan menjadi pemilik tunggal dari Twitter karena tidak ada lagi investor yang tersisa. Hal itu terjadi lantaran Musk berhasil mengakuisisi seluruh saham Twitter dari tangan para investornya. Tentunya dengan penawaran-penawaran yang sangat menarik. Musk dalam upayanya mengakuisisi Twitter mendapatkan dukungan dari bank-bank raksasa Amerika Serikat.

Bagaimana nih Trivers, sudah siapkah kamu untuk menikmati pembaharuan-pembaharuan baru dari Twitter di masa depan?

[monica-triv]

Comments are closed for this post.