Seandainya PayPal Akan Layani Jual-Beli Bitcoin Secara Langsung

Raksasa layanan keuangan PayPal dirumorkan akan membuka layanan jual-beli Bitcoin dan aset kripto lainnya secara langsung. Ini tak seperti fitur PayPal di sejumlah bursa aset kripto sebagai metode penyetoran, tetapi PayPal berdiri sendiri melayani banyak orang membeli dan menjual aset kripto.

Rumor itu merebak setelah dikabarkan oleh Coindesk, berdasarkan sumber anonim yang mengklaim tahu benar soal langkah PayPal itu.

Kendati belum ada konfirmasi langsung dari pihak PayPal, faktanya adanya PayPal sudah sejak lama menaruh hati terhadap sektor aset kripto. Setidaknya yang utama adalah membuka diri dengan mengizinkan PayPal dijadikan sebagai metode pembayaran di bursa aset kripto Coinbase.

Hal lainnya adalah PayPal sempat bergabung di Libra Association sebagai anggota pendiri, kendati beberapa bulan kemudian mundur dari proyek yang dikomandoi oleh Facebook itu.

Asosiasi itu fokus pada proyek teknologi blockchain baru dan mengembangkan aset kripto bernama Libra (LBR) yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Facebook sendiri merancang Libra bisa digunakan di WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger untuk mengirim dan menerima dolar AS.

Faktor lainnya adalah PayPal termasuk perintis soal layanan keuangan digital global. Oleh sebab itu, sangat tidak masuk akal jikalau PayPal menolak masuk lebih dalam ke sektor blockchain-aset kripto, karena teknologi itu sangat mendobrak, menjadikan biaya kirim uang lintas global menjadi sangat murah dan cepat.

Jaringan pembayaran PayPal saja perlu waktu 1-24 jam untuk mengirimkan dolar dan perlu beban biaya hingga 4 persen. Dengan kata lain, jika PayPal kelak benar melayani jual-beli aset kripto termasuk Bitcoin secara langsung, maka itu berdampak pada beberapa hal.

Pertama, berpotensi mendorong harga Bitcoin secara global, karena perusahaan besar seperti PayPal saja percaya diri mengadopsi keunggulan Raja Aset Kripto itu.

Kedua, berpotensi mendorong PayPal membuat jaringan blockchain sendiri, sehingga praktis membuat transfer uang dolar lintas negara menjadi instan dan murah. Namun potensi kedua ini masih terhalang oleh sejumlah regulasi, bahwa sejauh mana negara tertentu bisa memantau secara langsung blockchain yang mereka gunakan. Tetapi, itu sangat mudah dijawab, yakni PayPal bekerjasama dengan bursa aset kripto lokal.

Ketiga, PayPal bergerak langsung di ranah aset kripto adalah jawaban perusahaan itu terhadap persaingan dengan Square yang sejak lama mendukung Bitcoin di Platform-nya. Square didirikan oleh Jack Dorsey, yang juga dikenal sebagai pendukung berat Bitcoin. Perusahaan itu juga donatur pengembangan kode Bitcoin, bersanding bersama Bitmex dan Blockstream (didanai oleh East Ventures).

Ke depan, akan sangat menarik jikalau PayPal benar-benar melayani jual-beli Bitcoin secara langsung. Kalau pun tidak alternatifnya adalah mendukung pengembangan Bitcoin secara langsung, sebagai donatur. Kita nantikan. [*]

Comments are closed for this post.