SEC Beri Lampu Hijau untuk ETF Ethereum Spot

Ringkasan 

  • SEC setujui ETF Ethereum Spot dari perusahaan besar, diperdagangkan mulai 23 Juli. 
  • Bitcoin naik 5,82% dan Ethereum naik 6,95% setelah kabar persetujuan ini
  • ETF Ethereum Spot diprediksi menarik $15 miliar dalam 18 bulan.

Pasar kripto kembali bersemangat setelah mendengar kabar dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Mereka memberikan persetujuan awal untuk peluncuran Exchange-Traded Funds (ETF) Ethereum Spot. Beberapa manajer aset besar seperti BlackRock, Franklin Templeton, dan VanEck sudah mendapat persetujuan awal ini. ETF ini diperkirakan akan mulai diperdagangkan pada Selasa, 23 Juli.

Detail Persetujuan SEC

Menurut laporan Reuters pada 15 Juli, SEC hanya menunggu para pelamar menyerahkan dokumen penawaran akhir mereka sebelum akhir minggu ini. Selain ketiga perusahaan di atas, ada juga Fidelity, ARK 21Shares, Grayscale, Bitwise, dan Invesco Galaxy yang sedang bersiap meluncurkan ETF mereka minggu depan. Semua ETF Ethereum Spot ini diharapkan diluncurkan bersamaan, mirip dengan peluncuran ETF Bitcoin sebelumnya.

Proses Persetujuan

SEC telah memberikan instruksi akhir kepada para penerbit untuk mengajukan dokumen S-1 yang sudah direvisi paling lambat 16 Juli. Semua pelamar harus mencantumkan biaya yang akan dikenakan pada ETF Ethereum Spot mereka. Diharapkan SEC akan memberikan persetujuan resmi pada dokumen-dokumen tersebut pada Senin setelah jam perdagangan berakhir, memungkinkan ETF Ethereum Spot mulai diperdagangkan pada Selasa, 23 Juli.

Reaksi Pasar Kripto

Sumber: coinmarketcap

Kabar ini membawa sentimen positif di pasar kripto. Pada 16 Juli, harga Bitcoin naik 5,82% menjadi $64.716,83, dan Ethereum naik 6,95% menjadi $3.484 dalam 24 jam terakhir. Altcoin lain seperti Solana dan XRP juga mengalami kenaikan. Indeks CoinDesk Market Index (CMI) naik 6,02%, menunjukkan penguatan pasar aset digital secara keseluruhan.

Perkiraan Dampak ETF Ethereum Spot

Menurut prediksi Bitwise, ETF Ethereum Spot bisa menarik hingga $15 miliar dalam 18 bulan pertama perdagangan, serupa dengan aliran dana yang diterima oleh ETF BitcoiSpot dalam enam bulan terakhir. ETF ini diharapkan akan diperdagangkan di bursa ternama seperti Nasdaq, New York Stock Exchange, dan Chicago Board Options Exchange.

Kesimpulan

Persetujuan awal dari SEC untuk ETF Ethereum Spot membawa angin segar bagi pasar kripto, mendorong penguatan harga aset digital. Jika proses persetujuan berjalan lancar, peluncuran ETF ini akan semakin mengukuhkan posisi Ethereum sebagai salah satu aset digital utama di pasar global. Investor dan pelaku pasar kripto saat ini tengah bersiap untuk menyambut era baru perdagangan aset digital melalui ETF Ethereum Spot.

Mulai investasi koin-koin favoritmu di TRIV yang menyediakan lebih dari 700+ koin dan 30 staking koin. Jangan lupa untuk menggunakan fitur Auto Invest untuk menjadwalkan investasi Anda dengan lebih baik. Manfaatkan juga fitur-fitur seperti stop order, limit order, cek order book, dan chart lengkap di TRIV Market untuk memudahkan investasi dan trading Anda.

*Disclaimer 

Konten di TRIV bertujuan untuk informasi dan edukasi, bukan saran investasi. Nilai aset digital dapat berfluktuasi naik dan turun, sehingga pengguna diharapkan memahami resiko tersebut.

Comments are closed for this post.