Thailand Negara Pertama Asia Tenggara Setujui ETF Bitcoin!

Thailand telah mencatatkan tonggak sejarah dengan menyetujui Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin Spot pertama di Asia Tenggara. Langkah mencerminkan kemajuan dalam regulasi dan penerimaan aset digital di Thailand dan juga memberikan dampak pada lanskap investasi kripto di kawasan ini.

Pionir di Kawasan Asia Tenggara 

Menurut laporan Bangkok Post pada Selasa (4/6), Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand (SEC) telah memberikan persetujuan kepada One Asset Management (ONEAM) untuk meluncurkan ETF Bitcoin Spot. Dengan ini, Thailand menjadi negara kedua di Asia yang menyetujui ETF Bitcoin setelah Hong Kong.

Peluncuran ETF Bitcoin Spot

ETF ini, bernama ONE-BTCETFOF-UI, akan tersedia untuk didistribusikan antara 31 Mei dan 6 Juni. ETF ini dirancang untuk investor institusional dan individu berpenghasilan tinggi. 

CEO ONEAM, Pote Harinasuta, menyatakan bahwa aset digital seperti Bitcoin menawarkan peluang diversifikasi yang signifikan karena korelasinya yang rendah dengan aset keuangan lainnya. “Aset digital cocok untuk membantu investor mendiversifikasi risiko investasi,” katanya.

Keamanan dan Likuiditas

Salah satu fitur penting dari ETF Bitcoin ini adalah keamanan penyimpanan koin. Investasi melalui ETF memungkinkan koin pemegang unit disimpan melalui kustodian, yang menawarkan standart keamanan yang sama dengan investor institusional.

Rekomendasi Alokasi Investasi

ONEAM merekomendasikan investor untuk mengalokasikan hanya 5% dari portofolio mereka ke Bitcoin untuk mencapai pengembalian tahunan sekitar 8,90%. Dengan rasio Sharpe sebesar 0,71, ETF ini menawarkan profil risiko yang lebih baik dibandingkan portofolio tanpa Bitcoin, yang hanya memberikan pengembalian 5,80% per tahun dengan rasio Sharpe 0,48.

Tren Global

Persetujuan ETF Bitcoin Spot di Thailand mencerminkan tren global menuju penerimaan instrumen investasi kripto yang diatur. Di bulan April, Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong juga mengizinkan ETF yang berinvestasi pada Bitcoin dan Ethereum. Australia mengikuti dengan membuka perdagangan ETF Bitcoin Spot pada awal Juni 2024.

Kesimpulan

Persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh Thailand menandai langkah maju signifikan dalam adopsi aset digital di negara tersebut. Langkah ini memberikan investor cara yang aman dan teregulasi untuk mendapatkan eksposur ke pergerakan harga Bitcoin, dan diharapkan akan membuka jalan bagi adopsi yang lebih luas di kalangan investor di Thailand dan mungkin juga di negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

Mulai Investasi koin-koin favoritmu di TRIV menggunakan fitur Auto Invest untuk menjadwalkan investasi Anda dengan lebih baik. Manfaatkan juga fitur- fitur seperti stop order, limit order, cek order book, dan chart lengkap di TRIV Market untuk memudahkan investasi dan trading Anda. 
Baca juga: SAH! SEC AS Resmi Menyetujui ETF Ethereum Spot!

Comments are closed for this post.