Trump Positif COVID-19, Ini Gerakan Bitcoin, Dolar dan Emas.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald J Trump hari ini memastikan dirinya terpapar COVID-19, termasuk istrinya. Bitcoin terpantau terus melemah, termasuk dolar AS. Sementara emas terpantau menguat tipis hingga siang hari ini, Jumat (2 Oktober 2020).

Data yang dihimpun dari MarketWatch siang ini, Bitcoin melemah hingga di kisaran US$10.436, turun drastis dari US$10.600 sejak pukul 12:24 AM EDT, sekitar pukul 11 malam WIB. Penurunan itu berlanjut hingga siang ini. Dalam waktu kurang dari 24 jam, setidaknya Bitcoin anjlok hingga 4,55 persen.

Sementara itu, emas yang melemah selama beberapa pekan terakhir bereaksi cukup kuat terhadap terpaparnya Trump itu. Emas terpantau menguat tipis di kisaran US$1.911 per oz.

Namun dolar AS tampak melemah sedikit, berdasarkan nilai indeks dolar (DXY) di kisaran 93,82.

Pengumuman terpaparnya Trump beberapa jam setelah ia berdebat dengan Joe Biden dalam rangka perhelatan pilpres. Dapat dipastikan Trump absen dalam putaran debat berikutnya, lantaran Trump dan istri harus mengisolasi dirinya, setidaknya dalam 14 hari.

Berdasarkan jajak pendapat terakhir sebelum debat, Trump cukup popular di mata calon pemilih.

Sementara itu, publik dan sebagian pengamat mengkhawatirkan jikalau Biden terpilih, dolar bakalan melemah, karena kebijakan luar negeri yang cukup berseberangan dengan Trump. [*]

Comments are closed for this post.