Wow! Kapitalisasi Pasar Stablecoin Mencapai Rp294 Triliun, USDT Masih Nomor Wahid

Stablecoin kini semakin wow. Pasalnya, kapitalisasi pasarnya kini sudah mencapai lebih dari US$20,7 miliar (Rp294 triliun). Inilah cerminan mata uang fiat bersatupadu dengan pasar aset kripto-blockchain.

Capaian terbaru itu berdasarkan kajian Coingecko yang diumumkan belum lama ini di situs webnya. Menurut mereka, stablecoin Tether (USDT) masih memimpin di peringkat pertama.

“Selain itu, total volume perdagangan harian mencapai US$26.874.910.806. Stablecoin bernilai lebih dari 6 persen dari total kapitalisasi pasar aset kripto di seluruh dunia, yakni US$328 miliar,” sebut Coingecko.

Pasokan stablecoin pun meningkat dua kali lipat dalam tiga bulan terakhir. Ini sebagian besar dapat dikaitkan dengan meningkatnya minat terhadap stablecoin bernilai uang fiat itu, di tengah peningkatan volatilitas di sebagian besar aset kripto lainnya, seperti Bitcoin.

Selain itu, adopsi aset kripto secara global secara keseluruhan telah meningkat selama pandemi, karena orang-orang beralih dari ketergantungan mata uang fiat biasa ke transaksi berbasis digital.

Masih berdasarkan data dari Coingecko, Tether (USDT) memimpin daftar stablecoin dengan kapitalisasi pasar mencapai US$15.605.510.007.

USDT sendiri telah terdaftar di 311 bursa aset kripto. Dalam 30 hari terakhir, kapitalisasi pasar USDT telah meningkat sebesar 12,1 persen, di mana volume perdagangan hariannya mencapai US$25.977.049.711.

USDT tidak hanya bekerja dengan baik di industri stablecoin, tetapi juga di pasar aset kripto secara keseluruhan, di mana USDT telah menempati peringkat ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar menurut angka yang disediakan oleh Coinmarketcap.

Menyusul di posisi kedua adalah USDC. Ia memiliki kapitalisasi pasar US$2.642.400.820, dan telah terdaftar oleh sekitar 153 bursa. Kapitalisasi pasarnya meningkat sekitar 59,9 persen dalam 30 hari terakhir. Volume perdagangan hariannya mencapai US$357.161.699 menurut CoinGecko.

Sedangkan di posisi ketiga adalah Dai (DAI) dengan kapitalisasi pasar sekitar US$870.584.557, dan volume perdagangan harian US$70.759.626.

Secara keseluruhan, DAI menempati peringkat 27 dalam hal kapitalisasi pasar. Proyek stablecoin terkenal lainnya termasuk BUSD oleh Binance, di mana ia juga mengembangkan BGBP yang dipatok ke pound Inggris.

Keberhasilan industri stablecoin merupakan indikasi pasar aset kripto yang berkembang dalam kaitannya dengan mata uang fiat.

Diharapkan sebagian besar pemerintah akan memperkenalkan mata uang digital yang dikendalikan oleh bank sentral masing-masing, sehingga menjadikan seluruh industri digital.

Akibatnya, stablecoin akan menerima dorongan, karena tidak terlalu mudah berubah dibandingkan dengan aset kripto lainnya. [***]

Comments are closed for this post.