Apakah Brexit Menjadi Penyebab Jatuhnya Harga Bitcoin Sebanyak $ 100?

Salah satu alasan di balik jatuhnya harga Bitcoin disebabkan oleh referendum keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Setelah reli harga yang mengesankan itu terjadi, Bitcoin mulai kehilangan sinyal bullishnya, harga yang semula sudah menyentuh $ 750 kini turun hingga $ 600 dalam beberapa hari. Pada saat yang sama, ada teori berbeda yang terjadi, menjelaskan tentang penyebab dari penurunan harga yang drastis.

Baca juga: R3 Konsorsium Menggandeng Toyota Financial Services Sebagai Mitra Baru

Salah satu alasan kuat di balik jatuhnya harga Bitcoin itu disebut-sebut karena referendum keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa – yang dikenal sebagai Brexit. Kekhawatiran tentang voting Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa sangat berdampak pada pasar, emas dan komoditas lain juga mengalami penurunan nilai juga. Namun, sampai sejauh mana efek negatif akan mempengaruhi nilai mata uang digital itu tidak dapat kita ketahui.

Tidak semua orang mendukung Brexit karena akan mengakibatkan kehilangan bisnis dengan akses terbuka ke pasar Eropa secara keseluruhan. Pada saat yang sama, juga akan menyakiti prospek London yang terus menjadi salah satu ibukota keuangan dunia. Sementara faktor-faktor ini dapat mempengaruhi investasi konvensional, Bitcoin memiliki hak istimewa untuk menjadi instrumen keuangan alternatif. Artinya, sentimen negatif yang mempengaruhi investasi konvensional harus berubah menjadi positif untuk bitcoin karena dapat mendorong permintaan untuk bitcoin.

Keterlibatan Inggris di Uni Eropa adalah faktor stabilisasi sementara pada situasi ekonomi saat ini. Namun pada jangka panjang, keterlibatan Inggris di Uni Eropa dapat berubah menjadi merugikan keamanan ekonomi serta geopolitik daerah. United Kingdom dikenal mencoba untuk memaksa seluruh Uni Eropa bekerja untuk kepentingannya sendiri tanpa harus menanggung biaya kinerja Euro yang mengecewakan di banyak negara Uni Eropa, yang mengakibatkan kesulitan ekonomi.

Hal ini merupakan sebuah fakta bahwa Brexit dalam waktu dekat negara ini akan kehilangan akses ke pasar Eropa namun juga akan membuka pintu bagi Skotlandia untuk membuat referendum untuk keluar dari Inggris. Pengaruh dari hal ini juga tiba-tiba memberikan efek negatif bagi harga bitcoin. Faktor lain dari penurunan harga ini mungkin juga dikarenakan oleh ketidakstabilan jaringan yang dihadapi oleh salah satu bursa pertukaran mata uang digital besar, BitFinex. BitFinex menghentikan operasi perdagangannya pada hari Selasa, yang secara langsung akan mempengaruhi aktivitas perdagangan.

Bitcoin saat ini telah jatuh kembali ke kisaran harga sebelumnya yang stabil di antara $ 450 – $ 500 dan saya harap akan bertahan dan bangkit kembali setelah mengalami penurunan ini. Pengaruh Brexit atau bukan, bitcoin akan terus berkembang namun akan ada beberapa kejadian pasang surut yang dikarenakan oleh kondisi pasar yang berbeda-beda, seperti yang kita alami sekarang ini.

Ref: The Business Times

Informasi yang terkandung dalam artikel ini tidak dijamin, tidak dimaksudkan untuk menjadi komprehensif dan ditujukan untuk informasi saja. Kami tidak menyarankan sebagai nasihat investasi/trading. Semua informasi ini berasal dari sumber yang terpercaya. Triv tidak menjamin keakuratan, kebenaran, atau kelengkapan informasi dalam analisis dan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi.

Apakah Brexit Menjadi Penyebab Jatuhnya Harga Bitcoin Sebanyak $ 100?

Be the first to write a comment.

Your feedback