Halving Day 2020 Bikin Naik Harga Bitcoin?

Ada beragam persepsi dan prediksi di luar sana tentang kenaikan harga Bitcoin di masa depan. Kemarin, (14/03), Tom Lee dari Fundstrat Global Advisors mengatakan sentimen positif terhadap Bitcoin akan dimulai pada tahun ini. Ini adalah titik balik ke arah kenaikan Bitcoin di bulan-bulan berikutnya. Pilihan lain, konsep Halving Day Bitcoin dipandang sebagai peta jalan kenaikan Bitcoin yang “gila-gilaan”. Di dua hal inilah banyak manusia tiba-tiba jadi cenayang, tetapi memang enak dicicipi.

Tahun Adopsi
Kesimpulan Lee berdasarkan sejumlah analisis teknikal, makro dan fundamental. Omongan Lee di media massa mainstream di Amerika Serikat seperti ini bukanlah sekali ini saja. Prediksi sebelumnya justru beberapa kali keliru.

Secara makro, kata Lee kepada CNBC, performa dolar AS cukup sangat baik ada tahun 2018. Adopsi Bitcoin oleh kalangan institusi juga ia lihat mempunyai dampak terhadap ekosistem aset kripto, yakni keputusan Fidelity Investment yang meluncurkan layanan simpan dan dagang Bitcoin melalui anak perusahaannya, Fidelity Digital Assets.

Hal serupa dilakukan yang akan dilakukan oleh Intercontinental Exchange, perusahaan pengelola New York Stock Exchange, melalui platform Bakkt. Ketiga aspek itu dilihat sebagai pendorong adopsi yang besar, termasuk super inflasi yang terjadi di Venezuela. Situasi keuangan yang pelik mendorong negara-negara yang sedang melarat, mengadopsi aset kripto.

Pesta Halving Day
Istilah Halving Day sebenarnya tidaklah baru dan tidak hanya pada Bitcoin, tetapi diterapkan pada sejumlah aset kripto yang memangku algoritma konsensus Proof-of-Work (PoW). Mengikut pola riwayat kenaikan Bitcoin masa lalu, memang setelah atau menjelang Halving Day, harga Bitcoin naik tinggi. Halving Day ketiga diperkirakan akan jatuh pada Mei 2020 nanti.

Saat ini, harga Bitcoin diperdagangkan di kisaran US$3.900. Level tertinggi akan dicapai Bitcoin jika kita mengikuti siklus yang dikenal sebagai Halving Day, yaitu imbalan (reward) per blok akan berkurang sebanyak setengah setiap 4 tahun sekali atau setiap 210.000 blok. Pengurangan ini akan berdampak pada ketersediaan Bitcoin secara keseluruhan, sehingga Bitcoin berpotensi akan menjadi lebih mahal, karena memungkinkan demand melebihi supply yang ada di market.

Berkurangnya imbalan per blok ini adalah ketentuan baku di sistem blockchain untuk menekan laju inflasi harga. Sistem yang dikembangkan Satoshi Nakamoto ini memang mensimulasikan proses produksi emas dan menegaskan karakter alami kita, yaitu: permintaan dan penawaran. Ketika suatu benda langka, karena supply-nya terbatas dan amat sangat dibutuhkan, maka harganya akan naik. Jumlah Bitcoin dibatasi maksimal hanya 21 juta unit. Per 15 Maret 2019, yang beredar sekitar 17.589.650 unit.

50 Bitcoin pertama hadir ke dunia pada 3 Januari 2019. Ini terbentuk pada blok perdana atau yang dikenal dengan Genesis Block. Sejak tanggal itu hingga 28 November 2012, setiap 10 menit (periode munculnya blok baru), ada 50 Bitcoin baru. Selama rentang itu, total Bitcoin yang beredar mencapai 10.500.000 unit.

Nah, Halving Day pertama jatuh pada 28 November 2012. Ketika itu harga Bitcoin di kisaran US$12,22. Di sini jumlah Bitcoin setiap 10 menit sudah berkurang dari 50 menjadi  25 Bitcoin saja. Kemudian Halving Day kedua terjadi pada 9 Juli 2016 dengan harga satuannya US$657,61. Di sini jumlah Bitcoin baru menjadi 12,5 per 10 menit.

Di rentang dua waktu itu, harga Bitcoin melesat hingga 5281 persen. Menarik garis lurus harga dari 9 Juli 2016, sampai hari ini, 15 Maret 2019, capital gain terhadap Bitcoin mencapai 496 persen. Menarik mundur ke harga ketika Halving Day pertama, maka mencapai 31.991 persen! Pakai harga tertinggi US$20.000? Yes, 166.566 persen, sob!

Nah, apakah Halving Day ketiga, yang diperkirakan jatuh pada Mei 2020, akan mengulangi sejarah kenaikan pada dua Halving Day sebelumnya? Ya, kami tahu, di sinilah letak kegalauan dan kegundahgulanaan kita. Antara percaya dan tidak percaya. Sesaat lagi akan kita bahas itu dengan sejumlah skenario ringkas. Tetapi yang pasti, pada Halving Day berikutnya, jumlah Bitcoin baru setiap 10 menit berkurang dari 12,5 BTC menjadi 6,25 saja. Ingat, Bitcoin semakin langka, jumlah yang beredar tidak sebanyak hari ini. []

Be the first to write a comment.

Your feedback