Hard Fork Bitcoin Kali Ini Sangat Berbeda Dengan Hard Fork Ethereum

Timbul banyak kepanikan dikalangan para pengguna Bitcoin mengenai nasib mereka karena terjadi pepecahan dalam komunitas Bitcoin. Para pemilik layanan dompet web online tampaknya merasa sangat khawatir akan hal ini, selain kurang memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai fungsi dari protokol Bitcoin mereka menganggap bahwa mereka mungkin akan terjebak di dalam rantai vendor mereka karena terputus saat terjadi hard fork.

Baca juga: Setelah ETF Ditolak, Apa Yang Selanjutnya Akan Dilakukan Bitcoin?

Seorang ahli mata uang digital Aleksandar Matanovic mengakui bahwa itu tidak akan menjadi tugas yang mudah bagi penyedia layanan dompet online dan bursa pertukaran untuk melakukan penyesuaian saat dan sesudah terjadinya hard fork.

Jason Cassidy, seorang Presiden di Crypto Consultant yang beranggapan bahwa ada beberapa ‘rencana’ untuk mengelola perubahan protokol Bitcoin di beberapa layanan dan bursa pertukaran untuk mengamankan Bitcoin yang dimiliki masyarakat komunitas saat terjadi hard fork.

Cassidy menjelaskan bahwa hard fork akan menciptakan dua salinan dari Blockchain, dua jaringan dan dua versi dari perangkat lunak. Hal ini membuat para penambang dan pengguna sendiri untuk menentukan versi Blockchain apa yang akan mereka dukung atau gunakan. Dia mencatat bahwa baru-baru ini, sebuah kelompok yang terdiri dari hampir 20 bursa pertukaran mengeluarkan sebuah pernyataan bersama, yang menjanjikan dukungannya untuk Bitcoin Core.

Bursa tersebut akan memperlakukan Bitcoin Unlimited sebagai altcoin dari Blockchain Bitcoin saat ini.

Ya… Layanan Penarikan Dana Di Berbagai Bursa Pertukaran Akan Di Bekukan

Cassidy juga menambahkan bahwa jika hard fork terjadi, bursa pertukaran akan membekukan penarikan dana dalam jangka waktu menjelang dan sebelum hard fork terjadi. Bursa pertukaran ini juga akan melakukan kredit kepada para penggunanya yang memegang Bitcoin dengan koin Bitcoin Unlimited (BTU), sama persis seperti kasus hard fork ETH. Siapa yang memegang dana dalam bentuk ETH secara otomatis akan mendapatkan ETC secara gratis.

“Jika Anda mempunyai 10 Bitcoin di bursa pertukaran sebelum hard fork terjadi, Anda juga akan memiliki 10 Bitcoin di jaringan Bitcoin Core serta 10 Bitcoin di jaringan Bitcoin Unlimited. Semua orang, pada dasarnya, akan mendapatkan Bitcoin double di balance mereka.”

Cassidy menjelaskan bahwa hal ini akan terjadi pada kondisi jika pengembang Bitcoin unlimited melakukan perbaikan terhadap ‘serangan replay’, sebuah situasi di mana transaksi pengguna dapat disiarkan di kedua jaringan tanpa sengaja. Hal ini terjadi pada tahun lalu yang selama ini sering kita kenal sebagai hard fork Ethereum.

“Bitcoin akan tetap ada dan akan bertahan pada masa transisi ini,” katanya.

Hard Fork Bitcoin Kali Ini Sangat Berbeda Dengan Hard Fork Ethereum

Be the first to write a comment.

Your feedback