Harga Bitcoin Berjalan Sangat Tenang Pada Minggu Ini Meskipun Dalam Konroversi Craig Wright

Bitcoin telah mengalami minggu yang tenang, mengalami volume perdagangan rendah dan perubahan harga yang sangat sederhana para pengamat pasar melihat pernyataan Craig Wright warga Australia yang menjadi Satoshi Nakamoto, pencipta pseudonim dari bitcoin.

Di sisi lain, eter – token asli dari jaringan Ethereum – berfluktuasi jauh lebih signifikan dari segi harga selama tujuh hari sampai 6 Mei kemarin.

Baca juga: Craig Wright Tidak Akan Memberikan Bukti Lain Mengapa Dia Membuat Bitcoin

Para pelaku pasar memperdagangkan hanya 7.7m BTC selama beberapa periode tersebut, data yang Bitcoinity ungkapkan – jauh lebih sedikit daripada beberapa pekan terakhir ini. Eter memperlihatkan volume transaksi yang wajar, mata uang digital tersebut mencapai volume 24 jam dari $ 11.6m pada pukul 23.59 UTC di tanggal 28 April dan $ 18.3m 0:00-04:23 UTC pada 6 Mei kemarin.

Bitcoin hanya berfluktuasi di sebagian besar harga diantara $ 450 dan $ 455. Namun harga bitcoin kini sudah mulai naik lagi, mencapai puncak harga tertinggi $ 461,54.

Pernyataan Craig Wright

Mata uang digital ini Bitcoin kemudian jatuh di bawah level kunci antara $ 450 dan $ 445 pada pukul 6:00-08:59 UTC 2 Mei lalu, di ambil dari data BPI – pada hari dimana Wright menyatakan dirinya sebagai pencipta bitcoin.

Gavin Andresen, seorang pengembang kondang dan maintainer Bitcoin Core, dan Jon Matonis seorang direktur pendiri Bitcoin Foundation, keduanya menulis sebuah posting blog yang mendukung pernyataan dari Wright.

Namun pernyataannya tersebut malah menghasilkan banyak keraguan didunia Bitcoin.

Dia kemudian menyatakan bahwa ia akan memberikan informasi tambahan untuk membuktikan dirinya sebagai pencipta Bitcoin, akan tetapi ia malah mengingkari janji dan menghapus posting blog terkait.

Pasar Yang Stabil

Pernyataan Wright nampaknya hanya memberikan dampak kecil, harga mingguan bitcoin masih rendah, dari pukul 9:00-11:59 UTC pada 2 Mei, hanya bertengger pada kisaran $ 439,89.

Identitas Satoshi “mungkin tidak lah penting, kecuali untuk 10% dari bitcoin yang ia pegang,” Tim Enneking, ketua Crypto Currency Fund, katakan.

Setelah mencapai titik rendah, mata uang digital bitcoin ini dengan cepat mengalami pemulihan harga, mencapai $ 445 lebih pada pukul 18:00-20:59 UTC dan menghabiskan sisa pada minggu ini berfluktuasi pada kisaran harga antara $ 445 dan $ 450.

Sifat relatif yang tenang pada minggu ini didukung oleh data panjang pendek dari layanan lengkap bitcoin platform trading Whaleclub, direktur operasi Petar Zivkovski menunjukkan perubahan yang sedikit selama periode tersebut.

“Salah satu pola yang kami lihat telah terdeteksi, bahwa beberapa pedagang sudah mulai menutup posisi mereka yang panjang dan mengambil beberapa keuntungan,” katanya kepada media Coindesk. “Hal ini kemungkinan didasari oleh pencapaian harga yang telah gagal naik dengan cepat seperti yang mereka harapkan dan mereka mungkin melihat kesempatan untuk membeli di harga yang lebih rendah dalam waktu dekat ini.”

“Arus rasio panjang-pendek adalah 4,8: 1 dalam mendukung aksi beli,” katanya. “Ini merupakan sebuah sinyal bahwa pasar sangat mengharapkan gejala pembalikan di hari-hari dan minggu-minggu ke depan.”

Sebuah analisis teknis pasar juga menunjukkan bahwa bitcoin bisa segera menikmati keuntungan harga. Mata uang digital bitcoin baru-baru ini naik sekitar 10%, dan telah bertengger di level support selama dua minggu terakhir, jelas Enneking.

Membangun Pondasi

Sementara ini Craig Wright telah mencuri sebagian besar berita utama terkait bitcoin pada minggu ini, ada dua buah berita yang bisa mengurangi volatilitas harga bitcoin dari waktu ke waktu, Chris Burniske, pemimpin analis dan produk blockchain di perusahaan manajemen investasi ARK Invest.

“Satu, AWS secara resmi menyatakan dukungan untuk ruang melalui kemitraan dengan [Digital Currency Grup] adalah validasi besar, mengingat kapasitas cloud AWS adalah urutan besarnya lebih besar dari 14 pesaing terdekatnya (yang mencakup Microsoft),” katanya. “Karena semakin banyak orang yang membangun bisnis di atas bitcoin dan likuiditas transaksional yang dibangun, dapat dikatakan bahwa volatilitas harus turun.”

Di luar itu, Burniske berbicara mengenai perkembangan terpisah yang dapat membantu meningkatkan ketersediaan derivatif, sekuritas yang bisa membuktikan integral dalam membantu pelaku pasar mengelola risiko dan volatilitas yang terkait dengan mata uang digital.

“CME Group Inc (CME) bermaksud untuk mempublikasikan data harga secara umum yang merupakan langkah signifikan ke arah derivatif bitcoin,” Burniske mengatakan:

“Jika bursa utama berlomba untuk membangun indeks bitcoin superior, hal ini akan menjadi dasar bagi derivatif bitcoin, yang selanjutnya akan membuka pasar untuk investor institusi.”

Harga Bitcoin Berjalan Sangat Tenang Pada Minggu Ini Meskipun Dalam Konroversi Craig Wright

Be the first to write a comment.

Your feedback