10 Prediksi Blockchain Ini Wajib Kamu Tahu (Bagian Kedua-Habis)

Pada tulisan kemarin, kita sudah memahami 5 prediksi pertama. Suka tak suka, karena pernah dapat cuan gede dari kripto atau pernah kena tipu ICO, teknologi blockchain yang merupakan “akar” dari kripto dan digital aset akan selalu di sini bersama kita dan sepanjang masa. Pernyataan itu bukan bermaksud melebih-lebihkan, jikalau Anda memahami potensi besar di balik blockchain bagi masa depan dunia. Berikut 5 dari 10 prediksi blockchain yang wajib kamu ketahui, berdasarkan pandangan para pakar dari hasil dialog Forbes Technology Council.

6. Antonio Altamirano, Tangelo Technologies
Struktur Blockchain dibangun dengan mekanisme buku besar (ledger) terdistribusi yang memastikan privasi dan kontrol menyeluruh terhadap semua data dan semua pengguna. Setiap perubahan pada blockchian selalu sepenuhnya transparan dan bisa diakses oleh publik. Penggunaan ledger digital yang terpublikasi membuatnya mudah untuk mendeteksi upaya peretasan, sekaligus menekan kekacauan yang biasanya terkait dengan sistem yang terkadung banyak ledger.

7. Bruno Guicardi, CI&T
Teknologi blockchain terus berkembang aktif. Selepas adanya entitas konsensus dan pertukaran nilai, kita telah melihat langkah awal menuju aspek pengamanan data terdistibusi dengan standar yang umum. Hal tersebut memungkinkan dibuatnya distributed autonomous applications dalam beberapa tahun ke depan. Ini sekaligus membuka peluang bagi autonomous negotiation and trade yang membuat pasar semakin efisien.

8. Chalmers Brown, Due
Saya melihat ada tren penguatan penerapan blockchain pada bidang keuangan dan non-keuangan. Besaran investasi juga meningkat, setidaknya yang saya soroti bidang verifikasi identitas, pengukuran keamanan, kontrak, pembayaran dan lain sebagainya.

9. Vikram Joshi, pulsd
Soal inflasi dan deflasi kripto selama ini bukan berarti industri di kelas ini tidak bernilai. Banyak orang tertarik, karena melihat potensi atas produk dan layanan yang ada. Dalam siklus tersebut, kita jangan terlampau terperanjat jika kita menjadi saksi “kematian-kematian” proyek sebelumnya. Kripto dan blockchain jelas punya potensi ampuh dan besar di tahun-tahun mendatang. Ini hanya perkara waktu, sebagaimana banyak hal baik di hidup ini.

10. Allison Clift-Jennings, Filament
Tatkala kita mengetahui blockchain tak hanya menyokong kripto sebagai sebuah aset yang bernilai, saya melihat pertumbuhan sangat dewasa di lapangan. Dampak jelas dari DLT (distributed ledger technology) bisa jadi lebih hebat daripada apa yang kita bayangkan sekarang. Ia mampu mengubah wajah ekonomi, bisnis dan masyarakat dunia. Saat ini kita masih di awal menapaki permukaannya. [vins]

Be the first to write a comment.

Your feedback